Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GALIAN DAN TIMBUNAN Pengertian : “Pemindahan sejumlah volume tanah akibat adanya perbedaaan ketinggian (ketinggian muka tanah asli dengan ketinggian rencana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GALIAN DAN TIMBUNAN Pengertian : “Pemindahan sejumlah volume tanah akibat adanya perbedaaan ketinggian (ketinggian muka tanah asli dengan ketinggian rencana."— Transcript presentasi:

1 GALIAN DAN TIMBUNAN Pengertian : “Pemindahan sejumlah volume tanah akibat adanya perbedaaan ketinggian (ketinggian muka tanah asli dengan ketinggian rencana trase) di suatu tempat“

2 PERHITUNGAN GALIAN DAN TIMBUNAN Digunakan anggapan potongan 2 stasiun jalan yang ditinjau dari luas galian dan timbunan gambar potongan melintang. Potongan melintang yang dilihat adalah pada STA awal dan STA akhir.

3

4 ILUSTRASI POTONGAN BAGIAN TANAH Luas potongan pada STA awal Luas potongan pada STA akhir

5 ILUSTRASI POTONGAN GALIAN & TIMBUNAN

6 Membagi sepanjang desain jalan rencana menjadi beberapa segmen. Panjang tiap segmen rata-rata 50 meter, semakin pendek jaraknya akan semakin teliti. Perhitungan volume adalah luas daerah potongan dikali dengan jarak tiap segmen. CARA PERHITUNGAN GALIAN DAN TIMBUNAN

7

8

9

10

11

12 Contoh Soal 1.Gambar berikut ini merupakan suatu penampang galian. Penampang dibagi dalam dua bidang A1 dan A2, masing-masing mempunyai koordinat seperti tergambar. Hitunglah seluruh luas penampang galian !

13

14 2.Gambar berikut ini merupakan suatu penampang timbunan. Penampang dibagi dalam dua bidang A1 dan A2, masing- masing mempunyai koordinat seperti tergambar. Hitunglah seluruh luas penampang timbunan !

15

16 3.Berdasarkan gambar berikut ini hitunglah luas galian dan timbunan

17

18 Penggambaran Galian dan Timbunan


Download ppt "GALIAN DAN TIMBUNAN Pengertian : “Pemindahan sejumlah volume tanah akibat adanya perbedaaan ketinggian (ketinggian muka tanah asli dengan ketinggian rencana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google