Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 POSTER lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Poster 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 POSTER lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Poster "— Transcript presentasi:

1 1

2 2 POSTER lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Poster  plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan) dengan dan tulisan gambar yang mencolok.

3 3 Pemasangan poster : Biasanya di tempat umum, seperti : terminal, stasiun, pasar, rumah sakit, dan sebagainya. ditempelkan di dinding atau tembok. Dipasang di pinggir-pinggir jalan.

4 4 Tujuan : agar sesuatu yang ada dalam poster itu dapat diketahui umum. Menjadikan masyarakat umum tertarik untuk membeli, memakai, atau mengikuti isi poster tersebut.

5 5 Bahasa poster : 1.Singkat 2.Jelas 3.Efektif 4.Mudah dimengerti 5.Menarik perhatian pembaca.

6 6 Prinsip penyusunan poster : 1.Kalimat dan gambar yang dipilih sesuai dengan tujuan penulisan poster. 2.Kalimat dalam poster bersifat mempengaruhi sehingga harus menggunakan kata yang menarik. 3.Kata-kata yang digunakan singkat dan padat agar orang lebih mudah mengingat dan mudah memahaminya dalam waktu yang singkat.

7 7 4. Dilengkapi dengan gambar agar dapat diketahui khalayak dengan cepat dan menarik. Gambar akan mendukung kalimat poster sehingga tidak perlu kalimat yang banyak gambar sudah mewakili poster.

8 8 Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi : 1.Poster niaga 2.Poster kegiatan 3.Poster penerangan atau pendidikan 4.Poster hiburan

9 9 1.Poster niaga bersifat menarik pembaca untuk membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa. Contoh : CINTAILAH PRODUKSI INDONESIA

10 10 2. Poster kegiatan Bertujuan memberitahukan adanya suatu kegiatan dan mengajak pembaca mengikuti atau berpartisipasi dalam megaton tersebut. Contoh : HADIRILAH PENGAJIAN AKBAR BERSAMA AA GYM MINGGU, 2 APRIL 2006 PUKUL S.D DI MASJID AT-TARBIYAH DEPOK

11 11 3.Poster penerangan atau pendidikan bersifat mempengaruhi pembaca untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perilaku tertentu. Contoh : BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA!

12 12 4. Poster hiburan Berisi pemberitahuan adanya sesuatu hal yang bersifat hiburan. Contoh : IKUTILAH PENTAS SENI SMP N 11 DEPOK SENIN,1 MEI 2006

13 13 SLOGAN Perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Bersifat untuk membangkitkan semangat suatu prinsip hidup.

14 14 Kalimat slogan : singkat penuh makna Contoh : 1.Pemuda sehat, negara kuat. 2.Sekali merdeka, tetap merdeka. 3.Jagalah sehatmu sebelum sakitmu. 4.Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. 5.Kelas bersih, hati jernih.

15 15 IKLAN bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik. Tujuannya untuk mempengaruhi khalayak. Sasarannya masyarakat luas yang jumlahnya tak dapat ditentukan dan tinggalnya berpencar-pencar. Digunakan untuk menyampaikan gagasan, produk, atau jasa.

16 16 Ditinjau dari isinya, suatu iklan harus : 1. Objektif dan jujur 2. Menarik 3. Singkat dan jelas 4. Tidak bertentangan dengan SARA. Dari segi bahasa, iklan harus : 1. Mudah dipahami 2. Mudah diingat 3. Persuasif 4. Menimbulkan kepenasaran masyarakat luas.

17 17 Ciri-ciri iklan : 1.Informatif 2.Komunikatif 3.Bahasa singkat dan padat 4.Menarik Macam-macam iklan : 1. penawaran 2. pengumuman 3. reklame

18 18 1.Iklan penawaran disusun dengan menggunakan kata- kata pilihan yang berkonotasi baik, memikat, dan sugestif. Contoh : 1) ANANDYAS SERVIS Melayani : Perbaikan kompor gas, Mesin cuci, kipas angin, dll. Jl. Angin Mamiri no. 5 Depok

19 19 2) DIJUAL RUMAH MEWAH LOKASI STRATEGIS JL. IR. JUANDA 20 DEPOK

20 20 3) DICARI MOBIL ANTIK DIBELI DENGAN HARGA TINGGI MERK APA SAJA HUB. AMAR

21 21 2. IKLAN PENGUMUMAN Disusun untuk memberitahukan atau mengumumkan sesuatu kepada khayalak ramai. Contoh : PAMERAN BUKU BERANEKA MACAM BUKU MINGGU, 2 APRIL 2006 PUKUL S.D WIB DI GEDUNG ILOMATA JL.SUKATANI CIMANGGIS DEPOK

22 22 3. Iklan reklame Disusun dengan menggunakan media di tempat terbuka sehingga mudah dilihat khalayak ramai. Kalimat reklame biasanya memuji produk dengan semboyan dan bersifat sugestif. Contoh : BUTIK “RATU” HARGA BERSAING PAKAIAN, PERHIASAN SEPATU,DLL. JL. ANTAPANI 56 BANDUNG

23 23 TOKO MEBEL “KAYLA” MENJUAL DENGAN “HARGA MURAH” LEMARI, KURSI, MEJA, SOFA, TEMPAT TIDUR, MEJA RIAS, DLL. JL. RADEN SALEH 12 DEPOK

24 24 LATIHAN SOAL-SOAL ! 1.Pada hari Minggu mendatang, Persib akan bertanding dengan Persebaya. Penulisan poster yang tepat sesuai dengan pernyataan tersebut adalah…. Jawab : Saksikanlah ! Pertandingan akbar Persib melawan Persebaya

25 25 2. Poster ini termasuk jenis poster…. TERTIB BERLALU LINTAS, TERTIB HUKUM. Jawaban : Poster penerangan

26 26 3.Pada masa sekarang banyak terjadi perseteruan antaretnik, antargolongan, antarkepentingan, terutama kepentingan politik yang mengarah pada perpecahan bangsa.

27 27 Namun, pada hakikatnya setiap warga negara Indonesia tidak menghendaki perpecahan.Oleh karena itu, berbagai perkumpulan banyak yang mengajak bersatu kembali dengan kokoh, terutama pada waktu memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-60.

28 28 Untuk memperkuat kembali persatuan, kalimat poster yang tepat adalah…. a. Kita jalin persatuan dan kesatuan. b. Persatuan itu penting bagi kita. c.Marilah kita berseru…Indonesia bersatu. d.Bangsa Indonesia, ayo bersatulah.

29 29 4. Daerah-daerah kritis sangat memerlukan hutan lindung. Lahan kritis yang memerlukan hutan lindung di Indonesia banyak sekali.

30 30 Untuk sekedar contoh, berikut ini ditunjukkan beberapa di antaranya, Waduk Jatiluhur memerlukan hutan lindung di bagian hulu sungai Citarum sebagai penahan banjir, pencegah erosi, dan sumber mata air. Daerah Jakarta dan sekitarnya memerlukan hutan lindung di Puncak.

31 31 Danau Toba memerlukan hutan lindung di sekitarnya sebagai sumber air, pencegah erosi, dan banjir. Bandung Selatan sering kebanjiran karena hutan-hutan daerah aliran sungai (DAS) Citarum gundul.

32 32 Kalimat yang tepat sebagai iklan sebagaimana maksud wacana tersebut adalah…. a. Mari kita lestarikan hutan lindung. b. Selamatkan lingkungan dengan hutan lindung. c. Hijaukan hutan dan lingkungan. d. Hutan lindung lestari lingkungan berseri.

33 33 5. Kalimat yang sesuai untuk iklan adalah…. a. LP3 Ganesha, buktikan lulusannya, cepat bekerja. b. Maaf perjalanan Anda terganggu, ada perbaikan jalan. c. Produksi terbaru termahal di dunia. d. Harganya mungkin bisa berdamai.

34 34 6. Pada masa sekarang beredar berbagai minuman yang berasal dari air pegunungan dan menjadi minuman dalam berbagai kegiatan. Produsen tak henti-hentinya mempropagandakan air tersebut melalui berbagai media massa. Iklan yang tepat untuk minuman tersebut adalah….

35 35 a. Jika haus, ingat air pegunungan. b. Ingin sehat? Aqua, air pegunungan alami. c. Di mana saja minum Aqua. d. Aqua diminum oleh setiap orang kota.

36 36 7. Baru Lembut suaranya, tajam sinarnya. Dirancang untuk kebutuhan kantor,seirama dengan gerak kemajuan teknologi. Iklan tersebut berjenis…. a. penawaran b. pemberitahuan c. pengumuman d. permintaan

37 37 8. Di antara kalimat berikut yang sesuai untuk iklan adalah…. a. Hormatilah sesama pemakai jalan. b. Hati-hatilah ada perbaikan jalan. c. Republika pembuka cakrawala dunia. d. TVE santun dan mencerdaskan.

38 38 9. Pak Lukas akan menjual sebidang tanah berukuran 200 x 150 m yang berada di pinggir jalan raya Desa Sukamakmur, Bogor. Ia membuat layanan melalui telepon dengan nomor (0251) Kalimat iklan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….

39 39 Dijual tanah berukuran 200 x 150 m di pinggir jalan raya Desa Sukamakmur, Bogor. Hubungi (0251)

40 Pak Handoyo akan menjual sebuah mobil Taruna Gold Tahun Ia membuat layanan lewat telepon (021) Buatlah iklan berdasarkan ilustrasi tersebut ! Jawaban : Dijual mobil Taruna Gold Tahun Hubungi (021)

41 Seorang guru matematika yang berpengalaman 25 tahun beralamat di Jalan Pasar Timur 34, Jatinegara menerima les privat dengan datang sendiri kepada peserta les antara pukul Biaya berdasarkan persetujuan kedua pihak. Layanan melalui telepon nomor Buatlah iklan berdasarkan ilustrasi tersebut !

42 42 Les Privat matematika cepat Guru berpengalaman 25 tahun datang mengajar antar pukul Biaya berdamai Telepon , Jalan Pasar Timur 34 Jatinegara.

43 Contoh iklan yang baik adalah…. a. Dicari seorang operator komputer. umur : th. Berpengalaman 2 tahun. Surat lamaran dibawa sendiri ke alamat langsung. b. Dibutuhkan seorang wanita berpengalaman ± 1 tahun. Lamaran dialamatkan ke PO BOX 1143

44 44 c. Dijual sebidang tanah. Ukuran : 30 x 40 m Letak : Jalan Raya Ciputat No. 23 Jakarta Selatan harga : berdamai Peminat langsung berhubungan dengan Dewi. Jalan Raya Ciputat No. 50 Jakarta Selatan.

45 45 d. Dijual sebidang tanah, ukuran 20 x 50 m, harga boleh damai. Peminat langsung berhubungan dengan Pratiwi.

46 46 c. Dijual sebidang tanah. Ukuran : 30 x 40 m Letak : Jalan Raya Ciputat No. 23 Jakarta Selatan harga : berdamai Peminat langsung berhubungan dengan Dewi. Jalan Raya Ciputat No. 50 Jakarta Selatan.

47 Untuk menarik simpati para tamunya, rumah makan Saung Talaga memasang poster di pinggir jalan sebelum memasuki kawasannya. Poster yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah….

48 48 a. Ikan bakar penggemar semua tamu rumah makan Saung Talaga. b. Singgahlah di rumah makan Saung Talaga yang selalu menyediakan ikan bakar. c. Jadilah tamu kami ! Ikan bakar di Saung Talaga. d. Ikan bakar tersedia di Saung Talaga dan selalu menunngu Anda.

49 Kalimat poster yang paling tepat adalah…. a. Dengan memperingati Hardiknas, kita sukseskan Program Wajar 9 Tahun. b. Sebagai warga negara, kita harus menyukseskan Program Wajar 9 Tahun. c. Sudah sewajarnya pendidikan di negara kita minimal 9 Tahun. d. Program Wajar 9 Tahun termasuk program kita semua


Download ppt "1. 2 POSTER lembaran pengumuman atau iklan yang dipasang di tempat umum yang biasanya disertai gambar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Poster "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google