Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JIHAD VS TERORIS & MEDIA. H. MOCH. RIDWAN TTL : MAJALENGKA, 25 JUNI 1967 STATUS : 4 ANAK 1 ISTRI PENDIDIKAN : PESANTREN PERSIS PAJAGALAN BANDUNG 1988.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JIHAD VS TERORIS & MEDIA. H. MOCH. RIDWAN TTL : MAJALENGKA, 25 JUNI 1967 STATUS : 4 ANAK 1 ISTRI PENDIDIKAN : PESANTREN PERSIS PAJAGALAN BANDUNG 1988."— Transcript presentasi:

1 JIHAD VS TERORIS & MEDIA

2 H. MOCH. RIDWAN TTL : MAJALENGKA, 25 JUNI 1967 STATUS : 4 ANAK 1 ISTRI PENDIDIKAN : PESANTREN PERSIS PAJAGALAN BANDUNG 1988 PEKERJAAN : KEPALA MA AL ISHLAH PERSIS MAJALENGKA TLP. KANTOR/HP: / AKTIVITAS - KETUA PD PERSIS KAB. MAJALENGKA / / SEKRETARIS UMUM MUI KAB. MAJALENGKA ANGGOTA DEWAN PENGAWAS BAZ KAB. MAJALENGKA WAKIL SEKRETARIS FKUB KAB. MAJALENGKA -SEKRETARIS ALIANSI GAM KAB. MAJALENGKA -KETUA ALIANSI UMAT ISLAM UNTUK KEDEMAIAN KAB. MAJALENGKA -KETUA I PERSATUAN GURU MADRASAH KAB. MAJALENGKA -KETUA FORUM DESA SIAGA KAB. MAJALENGKA -PRESIDEN DIREKTUR AL ISHLAH TRAINING CENTRE MAJALENGKA

3 DEFINISI Jihad artinya sungguh- sungguh, benar-benar dan kelelahan Jihad adalah mengerahkan segenap kemampuan di dalam menghadapi musuh (Ar Roghib)

4 AYAT AL-QUR’AN DAN HADITS 1.Dan orang-orang yang berjihad di jalan kami benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami, dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik. (Al Ankabut 69) 2.Dari Abi Musa Al As’arie dia berkata : Rosululloh SAW telah bersabda : Barang siapa yang berperang untuk menegakkan kalimah Allah yang tinggi maka dia itu berada di jalan Allah. (Muttafaq Alaihi)

5 DEFINISI TERORIS Terror : Kekacauan, kengerian Terroris : Pengacau Terroris ialah tindakan yang mengakibatkan rasa takut pihak lain dan kekacauan baik perseorangan maupun kelompok.

6 HARAM MENEROR ORANG Rosululloh bersabda : Aku diperintah untuk memerangi orang-orang hingga mereka mau bersyahadat. (Bukhory) Tidaklah halal seseorang muslim menteror muslim yang lain.

7 TINJAUAN KRITIS TERHADAP ISSU TERORIS Tindakan kekerasan yang dilakukan kelompok mujahidin Islam di Palestina, Irak, dan Afghanistan, tidaklah bisa disebut tindakan teroris. Apa yang dilakukan oleh umat Islam di sana adalah jihad memerangi penjajah yang telah menduduki, merampas, dan membunuh umat Islam.

8 Hal yang sama pernah dilakukan oleh ulama Indonesia ketika bersama-sama rakyat berjihad memerangi penjajah Belanda. Tindakan memerangi penjajah tentu bukan terorisme. Justru penjajah AS, Inggris itulah yang melakukan terorisme negara dengan korban yang massif. Namun sayangnya, fakta yang sangat jelas ini tidak banyak disinggung.

9 Cap terorisme sering digunakan oleh Barat dan kelompok pendukungnya sebagai legitimasi untuk melakukan kedzaliman terhadap umat Islam. Pada gilirannya siapapun yang melakukan perjuangan melawan penajajahan Barat akan dicap teroris dan mereka berhak ditangkap tanpa bukti, disiksa, bahkan dibunuh. Seperti yang dialami oleh umat Islam di berbagai kawasan dunia termasuk Indonesia. Di masa orde baru, banyak aktifis Islam yang didzalimi.

10 Generalisasi kelompok yang memperjuangkan syariah Islam adalah teroris, jelas bermaksud untuk menjauhkan umat dari perjuangan syariah Islam.

11 Setiap ada aksi terorisme, opini selalu diarahkan kepada Islam meski kasus itu belum secara tuntas. Sengaja ? STIGMASISASI NEGATIF MEMOJOKKAN ISLAM

12 Amerika Serikat tukang melanggar HAM nomor wahid di dunia. Tapi setiap ada kasus bom dia justru menuding Islam dan umatnya. Dari 44 organisasi di seluruh dunia yang didaftar US Departement of State sebagai “teroris”, kebanyakan adalah kelompok Islam yang memusuhi Amerika dan Israel. TERORIS TERIAK TERORIS

13 BEBERAPA KEJANGGALAN TERHADAP ISSU TERORISME Indonesia seperti sebuah arena permainan bagi otak terorisme. Buktinya sudah banyak orang ditangkap tapi teror masih saja berlangsung. Ini berarti otaknya belum tertangkap. Saat terjadi peledakan 17 Juli yang lalu, ada 130 agen CIA menginap d Hotel JW Marriot.

14 INFORMASI DAN SIKAP UMAT ISLAM Informasi/kabar adalah sesuatu yang masih mengandung kebenaran dan kebohongan. Dalam Islam kebenaran informasi lebih dipengaruhi oleh siapa penyampainya.

15 TIGA TIPE INFORMAN

16 ALQUR’AN BICARA TENTANG INFORMASI Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (Al Hujarat : 6)

17 MENYOROTI SIKAP MEDIA TERHADAP ISSU TERORIS Media tak memihak Islam Banyak terjadi pembunuhan, pembantaian terhadap kaum muslimin luput dari perhatian media Telah Terjadi trial by the press (pengadilan oleh media massa) Media massa telah menjadi corong pihak-pihak tertentu untuk memojokkan Islam

18 BEBERAPA TANGGAPAN PARA PAKAR TENTANG MEDIA DAN TERORIS Joe Vialls, penyelidik independen Australia Ada bom berkekautan lebih besar yang sebelumnya sudah distel Pembatalan mendadak booking kamar rombongan Kedubes Amerika sebelum ledakan bom Penyebaran rekaman CCTV ke pers

19 Abu Bakar Ba’asyir Yang percaya bom Bali buatan Muchlas hanya orang Idiot AC Manulang (mantan Direktur BAKIN) Yang membuat kekacauan/bom adalah neolibralisme da neo kapitalisme Dalam Grand strategi global Amerika, membunuh orang Amerika sendiri sah-sah saja asal untuk kepentingan hegemoninya

20 Abu Bakar Ba’asyir Yang percaya bom Bali buatan Muchlas hanya orang Idiot AC Manulang (mantan Direktur BAKIN) Yang membuat kekacauan/bom adalah neolibralisme da neo kapitalisme Dalam Grand strategi global Amerika, membunuh orang Amerika sendiri sah-sah saja asal untuk kepentingan hegemoninya Dan banyak yang lainnya yang tidak diekspose media Keterangan : Sumber diambil dari Tabloid Media Ummat, Suara Islam dan Monitor Indonesia Agustus 2009


Download ppt "JIHAD VS TERORIS & MEDIA. H. MOCH. RIDWAN TTL : MAJALENGKA, 25 JUNI 1967 STATUS : 4 ANAK 1 ISTRI PENDIDIKAN : PESANTREN PERSIS PAJAGALAN BANDUNG 1988."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google