Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SADAR LALU LINTAS Kelompok 1. DEFINISI LALU LINTAS  GERAK KENDARAAN DAN ORANG DI RUANG LALU LINTAS JALAN ( UU 22 / 2009 tentang LL dan AJ)  (BERJALAN)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SADAR LALU LINTAS Kelompok 1. DEFINISI LALU LINTAS  GERAK KENDARAAN DAN ORANG DI RUANG LALU LINTAS JALAN ( UU 22 / 2009 tentang LL dan AJ)  (BERJALAN)"— Transcript presentasi:

1 SADAR LALU LINTAS Kelompok 1

2 DEFINISI LALU LINTAS  GERAK KENDARAAN DAN ORANG DI RUANG LALU LINTAS JALAN ( UU 22 / 2009 tentang LL dan AJ)  (BERJALAN) BOLAK-BALIK; HILIR MUDIK: BANYAK KENDARAAN -- DI JALAN RAYA;(KBBI)  Ruang Lalu Lintas Jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan, orang, dan/atau barang yang berupa Jalan dan fasilitas pendukung.

3 SADAR insaf; merasa; tahu dan mengerti, ingat kembali, kesadaran, kepatuhan (KKBI) SADAR LALU LINTAS Kesadaran untuk mengarahkan sikap dan pengertian masyarakat thd ketentuan/peraturan rambu-rambu lalu lintas

4 KEMACETAN  Tidak dapat bekerja dengan baik, tersendat, serat, terhenti dan tidak lancar. (KBBI)  Terhentinya Lalu Lintas Yang Disebabkan Oleh Banyaknya Jumlah Lalu Lintas Kendaraan Melebihi Kapasitas Jalan  Situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan (id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan)

5 Boediningsih (2011)  BANYAK PENGGUNA JALAN YANG TIDAK TERTIB,  PEMAKAI JALAN MELAWAN ARUS,  KURANGNYA PETUGAS LALU LINTAS YANG MENGAWASI,  ADANYA MOBIL YANG PARKIR DI BADAN JALAN,  PERMUKAAN JALAN TIDAK RATA,  TIDAK ADA JEMBATAN PENYEBERANGAN,  DAN TIDAK ADA PEMBATASAN JENIS KENDARAAN PENYEBAB KEMACETAN

6 DAMPAK KEMACETAN Bergkamp (2011),  PEMBOROSAN BAHAN BAKAR,  TERBUANGNYA WAKTU SECARA PERCUMA, DAN  KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT POLUSI UDARA YANG DIKELUARKAN OLEH KENDARAAN BERMOTOR

7 PENDEKATAN PERSUASIF  Bersifat membujuk secara halus supaya menjadi yakin (KKBI)  Proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi pemikiran dan pendapat orang lain agar menyesuaikan pendapat dan keinginan komunikator ( Burgon & Huffner ;2002 )

8 Tujuan Pend. Persuasif  Mengubah persepsi sekaligus merekonstruksi budaya berlalu lintas yang dianut masyarakat ke arah positif.  Mengubah atau membentuk kembali sikap, keyakinan, opini, atau perilaku dari para pengguna jalan secara sukarela  Pembiasaan untuk tertib berlalu lintas warga masyarakat dengan kesadaran dan komitmen untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

9 JALUR PENDIDIKAN 1.Kegiatan Intra Kulikuler 2.Kegiatan Ekstrakulikuler

10 Intra Kulikuler (Kulikuler)  Program yang dirancang untuk mendukung dan memperkaya kegiatan siswa berupa : KURIKULUM SEKOLAH  Pendidikan Lalu Lintas (PLL)  Kerja sama dengan pihak kepolisian terdekat,  Menyususn program implementasi PLL disekolah,  Membentuk tim pelaksana kegiatan,  Melaksanakan program monitoring, dan melaksanakan evaluasi.

11 Ekstrakulikuler  Kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus.

12  penanaman pengetahuan tentang tata cara berlalu lintas di luar kurikulum sekolah kepada anak-anak didik sejak dini Sumber : Kepolisian Daerah Bali menyelenggarakan acara edukasi tentang aturan tata tertib lalulintas yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar ( SD ) di Taman Budaya Denpasar, Rabu 15/8

13  Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Gambar: PKS SMANSA sedang bertugas

14  Kampanye Cara Aman Kesekolah, Sumber : Puskominfo bid. humas polda metro jaya  Program Safety Riding Driving

15  Kampanye Keselamatan Lalu Lintas bersama Penegak Hukum (Polantas).

16 Sosialisasi sadar lalu lintas

17

18

19


Download ppt "SADAR LALU LINTAS Kelompok 1. DEFINISI LALU LINTAS  GERAK KENDARAAN DAN ORANG DI RUANG LALU LINTAS JALAN ( UU 22 / 2009 tentang LL dan AJ)  (BERJALAN)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google