Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LATAR BELAKANG LKM CITRA ABADI LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) CITRA ABADI, merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang legal dan memiliki sifat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LATAR BELAKANG LKM CITRA ABADI LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) CITRA ABADI, merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang legal dan memiliki sifat."— Transcript presentasi:

1

2 LATAR BELAKANG LKM CITRA ABADI LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) CITRA ABADI, merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang legal dan memiliki sifat independen.Terbentuk melalui serangkaian proses yang cukup panjang yakni dimulai pada saat masuknya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM- MP) di Desa Sidojangkung pada tahun 2009, yang merupakan program dari pemerintahan pusat dalam rangka menanggulangi kemiskinan di masyarakat perkotaan. LKM CITRA ABADI sendiri awal mula terlahir atas dorongan masyarakat melalui serangkaian rembuk warga guna bisa mengakses kegiatan-kegiatan untuk penanggulangan kemiskinan yang ada di desa Sidojangkung. Selain keinginan masyarakat untuk dapat mengakses program PNPM Mandiri Perkotaan, juga dipengaruhi potensi desa. Kecamatan Menganti sendiri merupakan areal hijau (green area) karena masih banyak lahan pertanian produktrif.Berada di sebelah selatan pusat pemerintahan Gresik, secara geografis,posisinya terletak diantara 2 (dua) Kecamatan yakni Driyorejo dan Cerme. Secara administratif, masuk dalam wilayah kecamatan Menganti dan berdekatan sebelah timur dengan kota Surabaya..

3 LATAR BELAKANG LKM CITRA ABADI Dalam kegiatan program, LKM CITRA ABADI menitik-beratkan pada 3 (tiga) sektor, yakni kegiatan lingkungan, kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial sekaligus serangkaian siklus yang menjadi “ ruh ” dalam pemberdayaan. Di sektor lingkungan, LKM CITRA ABADI telah melakukan berbagai pembangunan mulai dari Pavingisasi jalan, Pembuatan saluran air sampai Rehabilitasi rumah keluarga miskin. Di bagian ekonomi, LKM CITRA ABADI memberikan pinjaman bergulir bagi keluarga miskin untuk pengembangan usaha dengan mekanisme peminjaman berkelompok. Sedangkan untuk bidang kegiatan sosial, LKM CITRA ABADI telah melaksanakan kegiatan mulai dari pemberian bantuan alat sekolah bagi siswa keluarga miskin, sampai dengan pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan ketrampilan. LKM CITRA ABADI selalu meletakkan kegiatan yang ada secara proporsional, namun lebih serius memperhatikan kegiatan yang berorientasikan pada sosial-produktif. Hal ini didasari karena kegiatan tersebut lebih ke arah penguatan ekonomi kerakyatan warga miskin. Salah satu dari kegiatan sosial-produktif yang ada adalah produk olahan berbahan dasar terong.

4 STRUKTUR ORGANISASI LKM CITRA ABADI PIM-KOL LembagaKeswadayaanMasyarakat LKM “ CITRA ABADI “ 1.Dyah Prasasti, S.Psi.(Koordinator) 2.Lumadi 3.Heri Ustadi 4.Andik Purnomo 5.Toha 6.Ngatiwon 7.Suyani 8.Nur Hayati 9.Lina KESEKRETARIATAN Sumarliyah Siti Aisyah DEWAN PENGAWAS H. Darsono Nur Hayati U P L 1.Mustakim, S.Pd. 2.Sutono 3.M. Zainuddin U P S 1.Drs. Eka Agung Laksana 2.Sulikah 3.Nur Mahmudah U P K 1.M. Masyukur (Manajer) 2.Zainul Arifin 3.H. Yunus

5 DUKUNGAN LKM DALAM KEGIATAN DANA BERGULIR DI KSM ( MASYARAKAT ) 1. Dengan Persetujuan Masyarakat LKM Telah Membuat Aturan Dasar Pinjaman Bergulir. 2. Melaksanakan Kegiatan Monitoring Administrasi Indikator Kinerja Keuangan Di UPK, Meliputi PAR, LAR, ROI, Dan CCR. 3. Melaksanakan Pendekatan Secara Personal, Antara Lain KSM Yang Membahas Tentang Perkembangan Dan Kemajuan Usaha, Hambatan Dalam Berusaha, Untuk Menjalin Hubungan Lebih Baik Dan Menghindari Terjadinya Kredit Macet.

6 PENGENDALIAN BKM PADA KEGIATAN DANA BERGULIR 1. Melaksanakan monitoring dan pengawasan agar UPKdalam mengelola dana bergulir selalu mengacu pada aturan dan skim yang telah ditetapkan. 2. Untuk memudahkan masyarakat (KSM) dalam membayar angsuran, maka angsuran dikoordinir oleh ketua KSM dan diserahkan kepada petugas UPK di Balai Desa, atau ketika pembayaran angsuran jatuh pada hari rabu, maka angsuran dapat diserahkan kepada UPK di forum reboan.

7 KSM UNGGULAN Produk Unggulan Dari LKM CITRA ABADI adalah Produk Makanan Dan Minuman Berbahan Dasar Terong, antara lain : Produk Minuman:  Sari Terong  Ice Cream Terong  Pudding Terong  Jelly Drink Terong KSM SIDOJANGKUNG BESTARI Pengolahan makanan dan minuman berbahan terong ini di jalankan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Sidojangkung Bestari yang merupakan UNIT USAHA binaan dari LKM CITRA ABADI. JENIS PRODUK OLAHAN TERONG Produk Makanan :  Roti Boy Terong  BrownisTerong  Rainbow Cake Selai Terong  Dodol Terong  Kue Kering (Tertar Selai Terong)  Nugget Terong  Kabin Rogout Terong  Bakpao Terong

8 JENIS PRODUK OLAHAN TERONG Sari Terong Ice Krim Terong Roti Kabin Rogout Terong Pudding Terong Kue Kering Latetar

9 JENIS PRODUK OLAHAN TERONG Brownis Terong Nugget Terong Roti Boy Terong Dodol Terong Roti Gulung Terong

10 KEMITRAAN/CHANELLING KOPWAN SEKARMELATI SIDOJANGKUNG, DAPAT MEMBERIKAN PINJAMAN PER ORANG YANG MENJADI ANGGOTA SAMPAI DENGAN 5 JUTA RUPIAH. DINAS TENAGA KERJA KAB. GRESIK MEMBERIKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN TTG DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROV. JATIM,

11 DOKUMENTASI EVENT PAMERAN LKM CITRA ABADI

12 TERIMA KASIH


Download ppt "LATAR BELAKANG LKM CITRA ABADI LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) CITRA ABADI, merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang legal dan memiliki sifat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google