Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMASARAN Bisnis Pengantar creative halloween.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMASARAN Bisnis Pengantar creative halloween."— Transcript presentasi:

1 PEMASARAN Bisnis Pengantar creative halloween

2 Objectives state the meaning and role of marketing
enumerate the objectives of marketing explain the nature of marketing identify the marketing activities explain the functions of marketing describe the scope of marketing

3 INTRO Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomik yang meliputi kegiatan produksi barang dan jasa untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat dengan maksud mendapatkan laba. Jadi, aktivitas dasar bisnis adalah memproduksi barang dan jasa dan menjualnya.

4 Meaning and role of marketing
Traditional concept of marketing. Menurut konsep tradisional, pemasaran meliputi aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pemindahan hak kepemilikan barang dari produsen ke konsumen. Jadi, pemasaran berarti penjualan barang dan jasa. Dengan kata lain pemasaran adalah proses penyediaan barang dan jasa.

5 Tekanan konsep ini terletak pada aktivitas penjualan barang dan jasa.
Kepuasan konsumen tidak mendapat perhatian cukup.

6 Meaning and role of marketing
Modern concept of marketing. Berdasar konsep modern, pemasaran meletakkan perhatian perusahaan pada penciptaan pelanggan (creation of customers). Penciptaan pelanggan berarti: identifikasi kebutuhan konsumen dan pengorganisasian bisnis untuk pemuasan konsumen.

7 Pemasaran dalam konsep ini meliputi keputusan-keputusan:
Produk/jasa yang ditawarkan Harga yang ditawarkan Teknik-teknik komunikasi pemasaran terpadu Memilih perantara. Keempat keputusan sering disebut MARKETING MIX

8 Meaning and role of marketing
Pemasaran merupakan satu faktor penting untuk kesuksesan bisnis; yang mengabaikan akan menghadapi kegagalan dalan jangka panjang. Dengan pemasaran, bisnis mampu melakukan identifikasi kebutuhan dan pemenuhannya, sehingga barang dan jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Permintaan barang dan jasa tercipta melalui teknik-teknik komunikasi pemasaran (terpadu).

9 Barang dan jasa didistribusikan ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka; di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Harga ditetapkan pada tingkat tertentu yang konsumen mau membayar barang dan jasa (affordable). Semuanya dilakukan secara sistematik agar bisnis mendapatkan laba.

10 Meaning and role of marketing
Beberapa alasan yang mendukung peran pemasaran untuk mencapai kesuksesan bisnis: Mendorong perubahan teknologi lebih cepat Persaingan menjadi lebih intensif di pasar; Cita rasa dan pilihan konsumen berubah lebih cepat Produksi diorganisasi dalam skala besar

11 Karenanya, bisnis harus terus waspada terhadap perubahan di atas, dan melakukan perubahan-perubahan internal sesuai dengan kebutuhan, dan pemasaran memegang peranan penting.

12 Role of marketing in society
Pemasaran juga memiliki peran penting dalam masyarakat: Ketersediaan barang/jasa baru dan lebih baik, Standar hidup meningkat, Pemasaran membantu penciptaan lapangan kerja,

13 Menjebatani antara proses produksi dan penjualan yang memungkinkan aktivitas ekonomi berjalan,
Mengintegrasikan sektor agro dan manufaktur, Kesemuanya memungkinkan pembangunan ekonomi negara.

14 Objectives of marketing
Kepuasan konsumen Pengembangan produk Menjaga loyalitas pelanggan Mendapatkan laba Mengamankan keunggulan bersaing Pertumbuhanpenjualan Penciptaan “goodwill”

15 Nature of marketing Pemasaran pada intinya adalah aktivitas manajerial yang meliputi perencanaan, implementasi, dan pengendalian: Barang Harga Komunikasi pemasaran, dan Distribusi

16 Nature of marketing Pemasaran dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen. Begitu teridentifikasi, barang/jasa mulai didisain, dikembangkan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Barang dan jasa diproduksi di departemen bersangkutan dengan memperhatikan kebutuhan yang sudah teridentifikasi. Hal ini membutuhkan koordinasi yang baik antara kedua bagian itu (juga bagian-bagian lain seperti SDM dan keuangan)

17 Permintaan (demand) ALUTSISTA ada, SDM punya,
namun keuangan tidak mencukupi, maka produksi ALUTSISTA (contoh di atas) membutuhkan kebijakan politis (oleh mantan WAPRES JK)

18 Marketing activities Pada dasarnya aktivitas pokok pemasaran berkisar pada empat hal yang terangkum dalam MARKETING MIX (bauran pemasaran). Sejalan perkembangan dari bisnis MANUFAKTUR ke JASA, marketing mix berkembang dari empat komponen (4Ps) menjadi tujuh komponen (7Ps): Product, Price, Promotion, Place, Participants, Physical evidence, dan Process

19 Marketing activities (7Ps)
PRODUCT: Kualitas, merek, layanan, jaminan, kinerja, produk pendukung, “tangible clues”, personalia, lingkungan fisik, dan proses pemberian jasa PRICE: tingkat harga, potongan harga, termin pembayaran, interaksi baerkenaan dengan kualitas/harga, diferensiasi harga PLACE (distribusi): lokasi, keterjangkauan, saluran distribusi, dan jangkauan distribusi PROMOTION (komunikasi pemasaran): iklan, “personal selling”, promosi penjualan, publisitas, dan personalia

20 PRODUK

21 PRICING

22 PLACE

23 PLACE: TRANSPORTATION

24 PLACE: TRANSPORTATION

25 PLACE: DEATH TRANSPORTATION

26 INTERMEZO: DON’T DO LIKE THIS

27 PROMOTION

28

29

30 Marketing activities (7Ps)
Elemen tambahan yang dibutuhkan dalam bisnis jasa PARTISIPANTS: Personalia: latihan, komitmen, insentif, penampilan, perilaku interpersonal, dan sikap. Pelanggan: Perilaku, keterlibatan, dan kontak PHYSICAL EVIDENCE: Lingkungan: mebel, warna, tata letak, tingkat kebisingan, dan barang pendukung PROCESS: kebijakan, prosedur, mekanisme, diskresi pekerja, keterlibatan pelanggan, kemauan pelanggan, dan arus kerja.

31 Personel Training: Flight Attendant

32 Physical Evidence: Office Environment

33 Functions of marketing
BUYING dan ASSEMBLING Buying. Pembelian merupakan aktivitas penting baik di bisnis manufaktur maupun perdagangan. Dalam bisnis manufaktur, pembelian bahan baku/pembantu harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Demikian pula dengan bisnis perdagangan, bahwa semua barang dagangan yang dibeli harus sesuai dengan kebutuhan konsumen.

34 Assembling. Assembling meliputi pemidahan barang dari satu tempat (pedagang besar) ke beberapa tempat yang menjual dengan kuantitas lebih sedikit (pengecer).

35 Functions of marketing
PENJUALAN PENELITIAN PEMASARAN Penelitian pasar Penilitian produk Penelitian pada metoda dan kebijakan pemasaran PENETAPAN HARGA TRANSPORTASI PERGUDANGAN PENDANAAN STANDARISASI

36 Functions of marketing
GRADING BRANDING PACKAGING PENGUMPULAN PIUTANG MANAJEMEN RESIKO

37 Scope of marketing Pemasaran merupakan suatu fungsi universal untuk semua tipe organisasi bisnis. Lingkup pemasaran bisa berkembang lebih jauh seperti di organisasi sosial, bahkan politik.


Download ppt "PEMASARAN Bisnis Pengantar creative halloween."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google