Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tempat-TEMPAT BERSEJARAH di MAKKAH & MADINAH By Yasir Maqosid Al-Azhary By Yasir Maqosid Al-Azhary.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tempat-TEMPAT BERSEJARAH di MAKKAH & MADINAH By Yasir Maqosid Al-Azhary By Yasir Maqosid Al-Azhary."— Transcript presentasi:

1 Tempat-TEMPAT BERSEJARAH di MAKKAH & MADINAH By Yasir Maqosid Al-Azhary By Yasir Maqosid Al-Azhary

2

3 Makkah Al-Mukarramah

4 Keutamaan Kota Makkah 1.Tanah Haram (Kota Suci ) يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ مَكَّةَ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ فَهِيَ حَرَامٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا يُعْضَدُ شَجَرُهَا وَلَا يُنَفَّرُ صَيْدُهَا وَلَا يَأْخُذُ لُقْطَتَهَا إِلَّا مُنْشِدٌ Sesungguhnya negeri ini telah Allah haramkan pada saat diciptakan langit dan bumi. Maka, dia haram hingga hari Kiamat. Tidak boleh dicabut durinya, tidak boleh diusir binatang buruannya, tidak boleh diambil barang temuannya kecuali dia bermaksud untuk mengumumkannya.

5 Keutamaan Kota Makkah 2. Bumi Allah Terbaik وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَيَّ وَاللَّهِ لَوْلَا أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ Demi Allah, sesungguhnya engkau (Mekkah) adalah sebaik- baik bumi Allah dan bumi yang paling dicintai Allah. Andaikata aku tidak diusir darimu, maka aku tidak akan pernah keluar meninggalkanmu

6 Keutamaan Kota Makkah 3. Aman dari Dajjal لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلَّا مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلَّا عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ صَافِّينَ يَحْرُسُونَهَا Tidak ada satu negeri pun kecuali dia akan diinjak tanahnya oleh Dajjal kecuali Mekah dan Madinah. Sebab, tidak ada satu celah pun di celah-celahnya kecuali di sana ada malaikat yang berbaris menjaganya

7

8 Pembangunan Ka’bah 1.Para Malaikat 2.Nabi Adam setelah turun ke bumi 3.Syist 4.Ibrahim dan Ismail 5.Suku Amaliqah 6.Kabilah Jurhum 7.Qusyayyi bin Kilab 8.Abdul Muthalib 9.Suku Quraisy

9 Ka’bah Tempoe Doeloe

10 Renovasi Ka’bah

11 Ruang dalam Ka’bah

12 Thawaf di Ka’bah

13 Hajar Aswad

14 Bongkahan Hajar Aswad

15 Mencium Ka’bah Sambil Berdoa

16 Keistimewaan Hajar Aswad 1.Batu Surga yang Lebih Putih Daripada Susu نَزَلَ الْحَجَرُ الْأَسْوَدُ مِنْ الْجَنَّةِ وَهُوَ أَشَدُّ بَيَاضًا مِنْ اللَّبَنِ فَسَوَّدَتْهُ خَطَايَا بَنِي آدَم Hajar Aswad turun dari surga dan ia lebih putih daripada susu. Dosa-dosa anak Adamlah yang menyebabkannya berwarna hitam. (HR. At- Tirmidzi)

17 Keistimewaan Hajar Aswad 2. Batu Surga yang Dapat Menerangi Timur dan Barat إِنَّ الرُّكْنَ وَالْمَقَامَ يَاقُوتَ انِ مِنْ يَاقُوتِ الْجَنَّةِ طَمَسَ اللَّهُ نُورَهُمَا وَلَوْ لَمْ يَطْمِسْ نُورَهُمَا لَأَضَاءَتَا مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ ‌Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim merupakan dua biji batu daripada batu surga. Allah telah menghilangkan cahaya pada kedua-duanya. Jika tidak, niscaya cahaya kedua-duanya akan menerangi di antara timur dan barat. (HR. At-Tirmidzi)

18 Keistimewaan Hajar Aswad 3. Menjadi Saksi وَاللَّهِ لَيَبْعَثَنَّهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَهُ عَيْنَانِ يُبْصِرُ بِهِمَا وَلِسَانٌ يَنْطِقُ بِهِ يَشْهَدُ عَلَى مَنْ اسْتَلَمَهُ بِحَقٍّ Demi Allah, Allah akan membangkitkan Hajar Aswad pada hari Kiamat. Ia akan memiliki dua mata untuk melihat dan memiliki lidah untuk berbicara. Ia akan memberi kesaksian bagi siapa aja yang memegangnya dengan penuh keyakinan dan benar. (HR. At-Tirmidzi)

19 Mina Tempat Mabit Tempat Melempar Jumroh Tempat Menyembelih Kurban

20 Masjid Khaif 70 Nabi Melakukan Shalat di Tempat ini

21 Pemandangan di Mina

22 Terowongan Mina

23 Melempar Jumrah Aqabah

24 Arafah Tempat Wukuf Padang Mahsyar Tempat Mustajab

25 Wukuf di Arafah

26 Jabal Rahmah

27 Muzdalifah Tempat Mabit Mencari Batu Berdoa dan Berdzikir

28 Masjid Masy’aril Haram Tempat Rasulullah Melakukan Jama’ Ta’khir

29 Gua Hira Rasulullah Menerima Wahyu Pertama Kali

30 Gua Tsur Tempat Rasulullah dan Abu Bakar Bersembunyi

31 Pekuburan Ma’la

32 Madinah Munawwarah

33 Madinah yang Berkilauan

34 Keutamaan Kota Madinah 1.Tanah Haram (Kota Suci) إِنَّ إِبْرَاهِيمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَدَعَا لِأَهْلِهَا وَإِنِّي حَرَّمْتُ الْمَدِينَةَ كَمَا حَرَّمَ إِبْرَاهِيمُ مَكَّةَ وَإِنِّي دَعَوْتُ فِي صَاعِهَا وَمُدِّهَا بِمِثْلَيْ مَا دَعَا بِهِ إِبْرَاهِيمُ لِأَهْلِ مَكَّةَ Sesungguhnya Ibrahim telah menjadian Kota Makkah sebagai tempat suci dan berdoa untuk kebaikan penduduknya. Dan sesungguhnya aku menjadikan Madinah sebagai Kota Suci sebagaimana Ibrahim menjadikan Makkah sebagai tempat suci. Dan sesungguhnya aku berdoa untuk kebaikan sha'nya dan mudnya sebagaimana yang didoakan Ibrahim untuk kebaikan penduduk Makkah. (HR. Muslim)

35 Keutamaan Kota Madinah 2. Bebas dari Thaun dan Dajjal عَلَى أَنْقَابِ الْمَدِينَةِ مَلَائِكَةٌ لَا يَدْخُلُهَا الطَّاعُونُ وَلَا الدَّجَّالُ Di pintu-pintu masuk Madinah terdapat para malaikat sehingga wabah tha'un dan Dajjal tidak bisa memasukinya. (HR. Bukhari-Muslim)

36 Keutamaan Kota Madinah 3. Keimanan Meluncur Dari Madinah إِنَّ الْإِيمَانَ لَيَأْرِزُ إِلَى الْمَدِينَةِ كَمَا تَأْرِزُ الْحَيَّةُ إِلَى جُحْرِهَا Sesungguhnya keimanan meluncur ke Madinah sebagaimana ular yang meluncur ke lubangnya. (HR. Bukhari-Muslim)

37 Masjid Nabawi Tatkala Senja

38

39

40 Maqam Rasulullah

41 Maqbarah Baqi’

42 Pintu Depan Maqbarah Baqi’

43 Masjid Quba

44 Masjid Jum’ah

45 Masjid Qiblatain

46 Mihrab yang Menghadap ke Masjidil Aqsha

47 Mihrab yang Menghadap ke Masjidil Haram

48 Masjid Ijabah

49 Jabal Uhud

50 Jabal Rummah

51 Kubur Syuhada’ Uhud

52

53 Dapatkan buku “Keagungan Makkah dan Madinah; Panduan Tempat-tempat Bersejarah Bagi Jamaah Haji dan Umroh”

54 Apa kata Mereka Tentang Buku ini? “Selama ini banyak masyarakat yang mendengar adanya keajaiban di Arab Saudi, khususnya di Makkah dan Madinah, kemudian menanyakan kepada saya. Buku ini akan dapat menjawab pertanyaan yang berkembang di masyarakat tersebut, bahkan buku ini membahas lebih detil dibanding buku yang pernah ada. Dan buku ini amat baik jika dibaca oleh calon jamaah haji dan umrah, sehingga dalam perjalanan ibadahnya mereka dapat meresapi makna dan hakekat di balik ritual haji dan umrah.” (M. Abdul Ghafur Djawahir — Direktur Pengelolaan BPIH dan Sistem Informasi Haji)

55 "Kami atas nama Pemerintah Kota Pekalongan mengucapkan selamat kepada penulis yang telah mampu merangkum dan menyusun berbagai keajaiban yang terjadi dan keistimewaan bangunan-bangunan maupun tempat-tempat yang ada di Makkah dan Madinah. Buku ini menarik untuk dibaca seluruh umat Islam yang akan mengunjungi Makkah dan Madinah agar senantiasa menjaga niat dan perbuatan yang baik serta tidak melanggar ajaran Islam.“ (dr. HM Basyir Ahmad — Walikota Pekalongan)

56 Ikutilah mailing list (milist) ibadah haji. Daftarkan kosong ke alamat: atau kirim Anda ke: maka Anda akan didaftarkan sebagai member. Gratis, sama sekali tidak dipungut biaya! Ikuti pula berita seputar haji dan umroh di supaya perjalanan haji Anda diterima Allah dan Anda mendapatkan predikat haji mabrur.


Download ppt "Tempat-TEMPAT BERSEJARAH di MAKKAH & MADINAH By Yasir Maqosid Al-Azhary By Yasir Maqosid Al-Azhary."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google