Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kebendaan pada lingkungan mikro Lingkungan mikro ialah lingkungan dengan pandangan sempit sebatas lingkup rumah tangga tempat tinggal. KOMPONEN KEBENDAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kebendaan pada lingkungan mikro Lingkungan mikro ialah lingkungan dengan pandangan sempit sebatas lingkup rumah tangga tempat tinggal. KOMPONEN KEBENDAAN."— Transcript presentasi:

1 Kebendaan pada lingkungan mikro Lingkungan mikro ialah lingkungan dengan pandangan sempit sebatas lingkup rumah tangga tempat tinggal. KOMPONEN KEBENDAAN Kebendaan pada lingkungan mikro Lingkungan makro ialah lingkungan dengan pandangan luas sebatas alam di luar kita Material penunjang aktivitas Sarana/Fasilitas pada Lingk. Makro Perlatan pada Lingk.Makro Material untuk konsumsi energi manusia ( Bahan manan/ minuman) pada L. Mikro = pada L. Makro Material Penunjang Aktivitas pada L. Mikro Sarana/Fasilitas pada L Mikro Peralatan pada L. Mikro Bahan-bahan di luar makanan minuman pada L. Mikro = pada L. Makro Kosmetik, Pestisida, dsb

2 Sarana/Fasilitas pada L. Mikro Semua sarana/fasilitas pada lingk. Rumah tempat tinggal Ruangan-ruangan Ruang Tamu Ruang Makan Ruang keluarga Kamar tidur Halaman Sarana Sanitasi Sarana Air Bersih Kamar Mandi/ WC Sarana Pembuangan Sampah Sarana Pembuangan Limbah Dapur Sarana/Fasilitas pada L. Makro Semua sarana/fasilitas pada ling. Alam si luar kita Tempat-tempat umum (TTU) tempat-tempat yang dipergunakan untuk kegiatan umum oleh masyarakat. Tempat Pelayanan Kes. Tempat-tempat yang dipergunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

3 Sarana/Fasilitas pada Lingkungan Makro Tempat-tempat umum Yang dihuni (Hotel, Losmen, Asrama) Yang tidak Dihuni (Kantor, Sekolah/kampus, Salon (barber shop/potong rambut, kecantikan), Tempat- tempat hiburan (taman hiburan, gedung bioskop/pertunjukan), Pertokoan, Tempat-tempat rekreasi (kolam renang, taman), Tempat-tempat ibadah (Masjid, Gereja dsb), Restoran/Rumah Maka).dsb. Tempat-tempat Pelayanan Kesehatan Yang dihuni (rumah sakit, puskesmas perawatan) Yang tidak dihuni oleh pasien Puskesmas non perawatan Puskesmas pembantu/balai pengobatan Apotik Laboratorum dsb

4 Peralatan pada Lingkungan Mikro: Semua peralatan pada lingk.mikro Peralatan Makan (piring, sendok, gelas, dsb). Peralatan tindur Dipan, kasur, bantal, dsb) Peralatan duduk (meja, kursi) Peralatan rilek Peralatan kegiatan membaca, belajar Peralatan dapur ( Kompor, pisau, rak piring, dsb). Peralatan pelindung badan Baju, celana, pakaian dalam, dsb) Peralatan penyimpanan (lemari baju, gantungan baju) Peralatan pada lingk. Makro Tempat-tempat untuk menghasiulkan produk yang dimanfaatkan oleh masy. Gol. Industri/pabrik/persh. (industri makanan/minuman, Industri non makanan/minuman Golongan perbengkelan Huller (penggilingan padi) Tempat-tempat Yankes.

5 Pengawasan dan Pengendalian Komponen Kebendaan (Material) Dilakukan Pengamanan dan Pengendalian Bahan Non Makanan/Minuman L mikro = l makro Kosmetik harus aman digunakan Pestisida harus aman dalam penyaimpanan (jauh dari makanan/minuman tidak mudah dijangkau. Sarana/ Fasilitas Bahan Makanan/Minuman L Makro = L mikro Bahan makanan/minuman harus bebas racun/zat kimia yang membahayakan Bahan makanan/minuman harus suci hama Peralatan L. Mikro = L makro Prinsip Hygiene

6 Agar Sarana/Fasilitas Lingk. Mikro mencapai kualitas yang optimal, maka: Ruangan tempat aktivitas harus memenuhi syarat: Kepadatan 9m 2 /orang, ventilasi/hubungan dengan udara luas seluas 1/9 luas lantai, lantai kedap air, tidak lembab, terdapat sirkulasi udara (alami/buatan). Halaman/taman: Bersih, indah, rapai (estetik), kadar O2 tebal (segar), taman semak terkendali (tidak menjadi sarang nyamuk atau binatang membahayakan, tanaman besar yang membahayakan tidak ada. Sarana sanitasi Tersedia air cukup, toilet/WC bersih (tidak menjadi penyebar penyakit) Dapur ( Dinding tidak mudah terbakar, ada cerobong asap/ventilasi asap)s Pengawasan dan Pengendalian Sarana/Fasilitas dan Peralatan Lingkungan Mikro (Rumah Tempat Tinggal)

7 Peralatan makan ( sendok tidak mengakibatkan luka bibir/mulut) Peralatan tidur ( bantal, kasur harus bisa mengisap dan menguapkan keringan (memiliki prorositas yang elsatis) Peralatan rilex, duduk (kursi tidak menimbulkan kelelahan yang berakibat rusaknya fungsi tubuh. Pelindung/baju (harus bisa mengantisipasi kondisi lingkungan, harus bisa menyerap dan menguapkan keringat) Penyimpan/lemari barang non makanan (harus rapat dan tidak menjadi sarang lalu lintas tikus, kecoa) Penyimpanan/ lemari makan (disamping syarat di atas harus ada ventilasi kawat kasa agar makanan panas bisa menguap, sehingga tidak lembab) Kulkas harus berfungsi normal, sehingga tidak menyebabkan basinya makanan. Agar Peralatan Lingk. Mikro mencapai daya dukung yang optimal


Download ppt "Kebendaan pada lingkungan mikro Lingkungan mikro ialah lingkungan dengan pandangan sempit sebatas lingkup rumah tangga tempat tinggal. KOMPONEN KEBENDAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google