Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A. OOP Paradigma  Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas- kelas atau objek-objek  Model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A. OOP Paradigma  Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas- kelas atau objek-objek  Model."— Transcript presentasi:

1 Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A

2 OOP Paradigma  Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas- kelas atau objek-objek  Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar.

3 OOP konsep  Class  Object  Inheritance  Polimorphism  Encapsulation  Interface

4 Class  class bisa dibilang adalah gambaran karakter dari sebuah benda/object. Sifat-sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.  Dalam dunia makhluk hidup ada banyak jenis misalnya kucing, macan, manusia, singa, dan sebagainya. Anggaplah jenis makhluk hidup ini sebagai class. Maka misal kita ambil contoh manusia/orang, orang mempunyai properti nama, tempat tinggal, hobi, dst. Nah ini yang disebut dengan properties. Orang bisa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan, menulis, membaca, dan sebagainya. Ini yang disebut dengan method dalam satu object dalam paradigma pemrograman OOP

5 Object  merupakan suatu bentuk dari class.  Mengikuti analogi di atas, maka object dari class ORANG adalah Susan, Andi, Sari, Ari. Mereka adalah CONTOH dari class ORANG. Semua dari mereka adalah ORANG yang mempunyai nama, tempat tinggal, dst. Dan bisa berlari, membaca, menulis, dan sebagainya

6 Inheritance  yaitu salah satu teknis untuk membuat class lebih spesifik.  Contoh dari kasus ini menurut analogi di atas. Misalkan kita akan membuat class yang lebih spesifik dari orang yaitu siswa/student. Maka class ini mempunyai properti tambahan sekolah tempat dia belajar. Akan tetapi, semua properti sebagai orang ada juga pada class siswa ini.

7 Encapsulation  yaitu mem-pak suatu objek sehingga untuk memakai objek tersebut, kita tidak perlu tahu detail bagaimana suatu action terjadi.  Contoh dalam hal ini, misal si Susan (suatu object) sedang menulis (method). Maka detail dari cara dia menulis (bagaimana otot tangan Susan bekerja untuk menulis, bagaimana sistem saraf pusat Susan memerintahkan untuk menulis) kita tidak perlu mengerti. Kita hanya melihat si Susan sedang menulis.

8 Polymorphism  yaitu suatu object bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama.  Misalkan kita punya satu class orang dan diturunkan menjadi dua class orang_perancis dan orang_inggris. Ketika orang inggris melakukan method berbicara maka yang dilakukan adalah berbicara dengan bahasa inggris, dan ketika orang perancis juga berbicara maka dia akan menggunakan bahasa perancis. Keduanya melakukan aksi yang sama yaitu berbicara akan tetapi hasilnya lain.

9 Interface  interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class  Contoh : makan : setiap orang mempunyai ciri dan cara makan yang berbeda tetapi masih mempunyai sifat yang sama yaitu sama-sama makan

10 Pertanyaan?


Download ppt "Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A. OOP Paradigma  Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas- kelas atau objek-objek  Model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google