Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Body mobil terbuat dari sheet metal karena baja mempunyai kekuatan yang relatif baik. 2.Tembaga banyak dipakai sebagai kabel listrik karena konduktifitasnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Body mobil terbuat dari sheet metal karena baja mempunyai kekuatan yang relatif baik. 2.Tembaga banyak dipakai sebagai kabel listrik karena konduktifitasnya."— Transcript presentasi:

1

2 1.Body mobil terbuat dari sheet metal karena baja mempunyai kekuatan yang relatif baik. 2.Tembaga banyak dipakai sebagai kabel listrik karena konduktifitasnya sangat baik. 3.Rangka mesin perkakas pada umumnya memakai material besi cor karena effect dumping-nya sangat bagus untuk meredam getaran,selain itu mudah dibentuk dengan cara pengecoran. Apakah dasar utama dalam pemilihan bahan ? Pemilihan Bahan :

3 KEKUATAN KONDUKTIFITAS MAMPU BENTUK DUCTILITY SIFAT FISIK & KIMIAWI SIFAT MEKANIK SIFAT TEKNOLOGI

4 SIFAT-SIFAT MATERIAL

5 Dalam pemilihan bahan kerja yang akan dijadikan barang niaga (benda jadi), sifat-sifat dari bahan yang akan kita gunakan merupakan dasar utama dalam proses pemilihan. Adapun sifat-sifat bahan tersebut antara lain : Sifat fisik dan kimiawi. Sifat mekanik. Sifat teknologi. Selain itu pertimbangan tertentu juga menentukan dasar pemilihan bahan,seperti: Pertimbangan ekonomi. Masalah kelestarian lingkungan.

6 Sifat fisik dan kimiawi Sifat fisik material meliputi : Massa jenis (density) Titik cair (melting point) Panas jenis (specific heat) Konduktifitas panas (thermal conductivity) Koefisien muai (thermal expansion) Daya hantar listrik (electrical conductivity) Sifat magnet Sedangkan sifat kimiawi material antara lain: Ketahanan terhadap korosi Kemudahan terbakar Ketahanan terhadap panas Kandungan racun.

7 KakuTangguh Kuatringan Tidak cukup kaku sehingga E harus lebih besar Tidak cukup kuat sehingga  y harus lebih besar Tidak cukup tangguh sehingga K ic harus lebih besar SIFAT-SIFAT MATERIAL

8  Kekuatan Tarik ( Tensile Strenght )  Kekerasan ( Hardness )  Keuletan ( Ductility )  Ketangguhan ( Toughness )  Elastisitas  etc SIFAT MEKANIK :

9 Sifat Mekanik Kuat (strength) Kemampuan suatu logam untuk logam untuk menahan gaya yang bekerja atau kemampuan logam menahan deformasi. Ulet/liat (ductile) Logam dapat dibentuk dengan tarikan tanpa menunjukkan gejala putus. Ketangguhan (toughness) Kemampuan suatu logam untuk dibengkokkan beberapa kali tanpa retak. Keras (hardness) Ketahanan suatu logam terhadap penetrasi/penusukan logam lain. Getas (brittleness) Ketahanan mulur (creep resistance) Ketahanan lelah (fatigue) Elastis (elasticity) Kemampuan logam untuk kembali ke bentuk semula tanpa mengalami deformasi plastis akibat gaya yang bekerja.

10  Mampu Las  Mampu Cor  Mampu mesin  etc SIFAT TEKNOLOGI :

11 Sifat teknologi Dapat dituang (castingability) Mampu tempa (malleability) Sifat logam yang mudah dibentuk dengan suatu gaya, baik dalam keadaan dingin maupun panas, tanpa terjadi rusak/retak. Mampu las (weldability) Kemampuan logam untuk dilas. Mampu mesin (machiningability) Kemampuan material untuk dibentuk dengan proses pemesinan.

12

13 BAGAIMANA SIFAT MEKANIK DAPAT DITENTUKAN ? PENGUJIAN Pengujian Tarik Pengujian Kekerasan Pengujian Puntir Pengujian Impact Pengujian Lelah Pengujian Mulur


Download ppt "1.Body mobil terbuat dari sheet metal karena baja mempunyai kekuatan yang relatif baik. 2.Tembaga banyak dipakai sebagai kabel listrik karena konduktifitasnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google