Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
Juli • Agustus • September • 2014 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh -Rudolf Weindra Sagala- Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 Carlos Steger, Kontributor Utama
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx Pengajaran Yesus Carlos Steger, Kontributor Utama 2014 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 Pengajaran Yesus Pendahuluan Umum
Orang-orang yang sezaman dengan Yesus mengakui Dia sebagai seorang Guru, karena Dia memperlihatkan ciri-ciri sebagai seorang rabi abad pertama.... Dia duduk untuk mengjar. Dia sering mengutip Kitab Suci dan kemudian mengomentari.... Yesus memiliki sebuah kelompok murid yang dengan penuh perhatian mendengarkan perkataan-Nya dan mengikuti serta melayani-Nya.

6 Pengajaran Yesus Pendahuluan Umum
... Kita akan mempelajari beberapa pengajaran pokok Yesus, sebagaimana yang dicatatat dalam Injil. Juruselamat kita mengajarkan banyak hal mengenai kerohanian kita dan praktis. Dia memberikan pengajaran-Nya kepada setiap pribadi. Kadang-kadang Dia memberikan khotbah; di lain waktu Ia berdialog secara secara pribadi atau kelompok. Terkadang Dia berbicara secara terbuka; di lain waktu Dia harus menyembunyikan makna perkataan-Nya.... Dalam setiap keadaa, Dia mengajarkan kebenaran tentang Allah dan keselamatan.

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Pada Triwulan ini saat kita akan mempelajari pengajaran Yesus, marilah kita membayangkan bahwa kita ada di antara para pendengar-Nya yang penuh perhatian di lereng gunung, di tepi pantai, atau di dalam sinagog. Marilah kita berdoa bagi kepekaan rohani untuk mengerti pekabaran-Nya dan memahami kasih-Nya yang tak terduga yang dinyatakan di kayu salib.

8 Pengajaran Yesus Daftar Isi:
1. Bapa Surgawi Kita yang Pengasih 2. Anak 3. Roh Kudus 4. Keselamatan 5. Bagaimana Supaya Diselamatkan 6. Bertumbuh di Dalam Kristus 7. Hidup Seperti Kristus 8. Gereja 9. Misi Kita 10. Hukum Allah 11. Sabat 12. Kematian dan Kebangkitan 13. Kedatangan Yesus Kedua Kali

9 Pelajaran 2 Anak

10 Yesus menjadi manusia sepenuhnya, melepaskan hak-hak Ilahi-Nya
Yesus menjadi manusia sepenuhnya, melepaskan hak-hak Ilahi-Nya. Dengan melakukan itu, Dia layak untuk menjadi seorang Imam Besar yang setia dan Korban Tebusan yang melalui-Nya keselamatan kita datang. Kata-kata Pembuka

11 Tujuan Pelajaran Untuk memahami bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup tetapi pada saat yang sama Dia juga adalah manusia. Dan kemanusiaan Kristus ini adalah untuk mendemonstrasikan bahwa Allah memahami pergumulan dan pencobaan-pemcobaan kita. Yesus hidup di dalam kulit diri kita.

12 Ayat Hafalan “Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.“ Markus 10:45

13 Pendahuluan Setiap orang harus menjawab pertanyaan yang sama yang Yesus berikan kepada para murid-Nya, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini? (Matius 16:15) Cepat atau lambat, masing-masing kita harus memutuskan, secara pribadi. Dan sudah barang tentu, pada jawaban itulah nasib setiap manusia tergantung. Pada pelajaran Sekolah Sabat kali ini kita akan mencari jawaban atas pertanyaan Yesus kepada masing-masing kita berdasarkan apa yang Yesus sendiri katakan dan lakukan.

14 Understand the purposes of marriageA
b Anak Selayang Pandang Gelar Ganda Kristus (Daniel 7:13,14) 2. Sifat Ketuhanan Kristus (Yohanes 5:18) 3. Misi Kristus (Matius 20:27,28)

15 Understand the purposes of marriageA
b Anak Selayang Pandang Gelar Ganda Kristus (Daniel 7:13,14)

16 Daniel 7:13,14 Anak Gelar Ganda Kristus
“Aku terus melihat ... tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, ... Lalu diberikan kepadanya kekuasaan ... yang kekal, ... dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

17 1. Gelar Ganda Kristus Anak Manusia Gelar, ‘Anak Manusia’ adalah sebutan favorit Yesus bagi diri-Nya sendiri. Dia menyebut diri-Nya sebagai Anak Manusia lebih dari delapan puluh kali. Orang lain tidak pernah memanggil Dia seperti itu. Dia... Memilih sebutan khusus ini untuk diri-Nya dengan sebuah maksud, di dalam pikiran-Nya” Ungkapan gaya bahasa ini, umum di Perjanjian Lama. Dengan suatu pengecualian, itu selalu merujuk kepada manusia; maka Yesus menggunakan gelar “Anak Manusia,” untuk menekankan kemanusiaan-Nya.

18 Alkitab menggambarkan Kristus itu sebagai manusia sejati:
1. Gelar Ganda Kristus Anak Manusia Alkitab menggambarkan Kristus itu sebagai manusia sejati: Dia lahir sebagai bayi, tumbuh sebagai seorang anak (di dalam hikmat dan fisik) (Lukas 2:40,52) Dia memiliki saudara laki-laki dan perempuan (Matius 13:55,56) Ia makan (Matius 9:11) Dia tidur (Lukas 8:53) Dia lelah (Yohanes 4:6) Dia lapar dan haus (Matius 4:2; Yohanes 19:28) Dia mengalami sedih dan susah (Matius 26:37)

19 1. Gelar Ganda Kristus Anak Manusia Menurut Daniel 7:13,14, “Seorang seperti Anak Manusia” datang dengan awan-awan “Kepada Yang Lanjut Usia-Nya,” dan menerima kekuasaan kekal, kemuliaan dan kerajaan. Orang Yahudi mengidentifikasikan Anak Manusia ini dengan Mesias Jadi, ketika Yesus menggunakan gelar ini, Dia sedang mengungkapkan, dengan cara setengah menyembunyikan bahwa Dia juga Mesias yang dijanjikan, Kristus yang menjelma.

20 1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Gelar “Anak Allah,” tidak hanya digunakan oleh Gabriel (Lukas 1:35) tetapi juga oleh beberapa orang ketika memanggil Yesus (Mat 14:33; Mark 15:39; Yoh 1:49; 11:27). Dia menerima gelar itu namun sangat berhati-hati untuk tidak menggunakannya secara langsung kepada Diri-Nya sendiri, jika demikian Ia akan dilempari dengan batu hingga mati.

21 Alkitab memberikan bukti-bukti bahwa Kristus adalah Anak Allah
1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Alkitab memberikan bukti-bukti bahwa Kristus adalah Anak Allah Pada saat dibaptiskan, Allah Bapa mengakui Dia sebagai Anak (Matius 3:17) Pada saat Kristus dipermuliakan (Matius 17:5)

22 1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Hubungan Hubungan Kristus kepada Allah Bapa, sebagai Bapa dan Anak sangat unik. Kristuslah satu-satunya oknum di alam semesta inii yang menikmati model hubungan seperti itu, sebab hanya Dia yang mempunyai sifat alamiah yang sama seperti Bapa

23 Sebagai tambahan, itu juga kesatuan sifat dasar.
1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Kesatuan yang sempurna dari Yesus dan Bapa mencakup pengetahuan bersama dan sempurna satu dengan yang lain: kesatuan kehendak, maksud, dan tujuan. Sebagai tambahan, itu juga kesatuan sifat dasar. Anak dan Bapa adalah dua pribadi, tetapi sifat-Nya sama (satu).

24 Yesus merendahkan diri-Nya untuk maksud khusus, tujuan khusus.
1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Karena Yesus datang untuk hidup sebagai seorang manusia. Kristus sementara di bumi dengan sukarela merendahkan diri-Nya kepada Bapa (Filipi 2:6-8) Keterbatasan ini adalah fungsional, bukan bagian dari esensi diri-Nya sendiri. Yesus merendahkan diri-Nya untuk maksud khusus, tujuan khusus.

25 1. Gelar Ganda Kristus Anak Allah Dengan konsep seperti ini di dalam pikiran kita bisa memahami mengapa Yesus berkata: “Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau Dia tidak melihat Bapa mengerjakannya. (Yohanes 5:19) Dari sudut pandang fungsional ini, Dia boleh berkata “Sebab Bapa lebih besar daripada Aku.” (Yohanes 14:28)

26 Dengan menerima bahwa Yesus itu sepenuhnya Allah dan juga sepenuhnya manusia, hal apakah yang Anda dapatkan tentang fakta ini sehubungan dengan keselamatan? Jelaskan pendapat Anda DISKUSIKAN

27 Understand the purposes of marriageA
Anak Selayang Pandang 2. Sifat Ketuhanan Kristus (Yohanes 5:18) b

28 Yohanes 5:18 Anak 2. Sifat Ketuhanan Kristus
“Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.”

29 2. Sifat Ketuhanan Kristus
Dasar Iman Kita Ketuhanan Kristus adalah dasar iman kita. Manusia tidak akan bisa menjadi juruselamat kita, tidak peduli betapa hebatnya hidup yang ditunjukkan. Diseluruh Perjanjian Baru, kita memiliki bukti ke Allhan-Nya. Kita akan berfokus pada apa yang Yesus sendiri ajarkan tentang hal ini. Misi-Nya menuntut-Nya memberitahukan bahwa Dia adalah Mesias, Allah di dalam daging, namun tidak ada catatan tentang Ia menyatakan secara terbuka, Aku adalah Allah atau Aku adalah Mesias.

30 2. Sifat Ketuhanan Kristus
Dasar Iman Kita Kalau Dia lakukan seperti itu, hidup-Nya bisa saja segera diambil. Oleh karena itu, Dia memilih untuk mengisyaratkan sifat Keallahan-Nya dan secara tidak langsung menuntun para pendengar-Nya mengetahui Keallahan-Nya: 1. Daya kreativitas-Nya untuk memulihkan kesehatan. 2. Hak prerogatif ilahi-Nya untuk mengampuni dosa. 3. Kuasa-Nya untuk mengatasi kematian. 4. Pernyataan-Nya untuk Pre-eksistensi-Nya. 5. Dia berhak menerim penyembahan.

31 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 283
2. Sifat Ketuhanan Kristus Dasar Iman Kita “Tidak ada lain, kecuali kuasa Ilahi yang dapat mengembalikan kesehatan kepada tubuh yang sudah menjadi busuk itu. Suara yang sama yang telah memberikan hidup pada waktu manusia dijadikan dari debu tanah, suara itu pulalah yang memberikan hidup pada orang yang sakit lumpuh yang hampir mati itu. Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 283

32 Diskusikan Menurut Anda apakah resikonya jika seseorang tidak mempercayai sifat Ketuhan Kristus? Apakah pengaruh kesadaran kita terhadap Keilahian Kristus dengan iman dan kepercayaan Anda? Jelaskan pendapat Anda.

33 Understand the purposes of marriageA
b Anak Selayang Pandang 3. Misi Kristus (Matius 20:27,28)

34 Matius 20:27,28 Anak 3. Misi Kristus
“dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

35 3. Misi Kristus Untuk Mencari dan Menyelamatkan Setelah mengingat siapa Yesus, kita berada dalam posisi yang lebih baik untuk memahami apa yang Dia lakukan bagi kita. Yesus datang untuk menggambarkan karakter Bapa, dan memperbaiki konsep yang salah tentang Ketuhanan yang telah banyak berkembang. Dia ingin kita mengenal Allah, karena mengenal Dia adalah sangat perlu untuk memiliki hidup kekal (Yohanes 17:3)

36 Untuk Mencari dan Menyelamatkan
3. Misi Kristus Untuk Mencari dan Menyelamatkan Yesus menggambarkan misi-Nya dengan istilah yang sangat jelas, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.“ (Lukas 19:10) Yesus datang untuk menegakkan kembali hubungan kita dengan Bapa (Yohanes 1:51) Dia mengampuni dosa-dosa kita (Matius 26:28) Dia memberikan kepada kita sebuah teladan bagaimana untuk hidup (1 Petrus 2:21) Dia memberikan hidup kekal kepada kita (Yohanes 3:16)

37 DISKUSIKAN Lihatlah di sekeliling kita dan nasib kita semua di dunia ini. Jika semuanya berakhir di kubur, apakah kita masih akan memiliki pengharapan? Tenu tidak ada. Oleh karena itu, bagaimakah seharusnya kita dapat menyatakan terimakasih kita kepada Allah untuk apa yang telah dibuat-Nya bagi kita nmelalui Kristus, Anak-Nya?

38 Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld, 1, hlm. 61
KUTIPAN ROH NUBUAT “Hukum Allah yang telah dilanggar itu menuntut nyawa orang yang berdosa. Diseluruh alam semesta ini hanya ada Seorang saja yang dapat, sebagai pengganti manusia, memenuhi tuntutan hukum itu. Oleh karena hukum Ilahi sama sucinya seperti Allah sendiri, maka hanya Seorang yang setara dengan Tuhan saja dapat mengadakan tebusan bagi pelanggaran hukum. Tidak ada selain Kristus yang dapat menebus manusia yang telah jatuh dari kutuk hukum, dan memulihkan dia kembali kepada keselarasan dengan surga.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld, 1, hlm. 61

39 Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld, 6, hlm. 149.
KUTIPAN ROH NUBUAT “Dalam Kristus adalah hidup yang asli, tidak dipinjam, tidak diperoleh dari orang lain. ‘Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup.’ 1 Yohanes 5:12. Keallahan Kristus merupakan jaminan hidup kekal bagi orang percaya” Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld, 6, hlm. 149.

40 RANGKUMAN Sifat alaniah Kristus yang mendasar menawarkan manusia dua hal, yaitu sebagai Sahabat yang pengertian, dan seorang Pencipta yang Mahakuasa yang sanggup untuk menjadi seorang pengganti yang Ilahi bagi orang-orang berdosa.

41 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Kita harus memahami pengenalan diri Yesus, sebagaimana juga implikasi pengenalan tersebbut bagi masing-masing kita. Secara pribadi kita akan merasakan kehadiran Allah melalui roh pengorbanan Yesus, yang ditunjukkan ketika melepaskan hak-hak Keallahan-Nya dan sepennuhna menyerahkan hidup-Nya Saya tidak menyadari hal ini. Minggu depan ini saya berjanji untuk menerima penyediaan keselamatan oleh Allah yang penuh kemurahan yang dimungkinkan oleh pengorbanan Yesus.

42 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google