Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB IV FUNGSI-FUNGSI Fungsi adalah suatu program yang dapat menerima berbagai nilai dan memberikan umpan balik tertentu. Nilai yang dimasukan dalam suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB IV FUNGSI-FUNGSI Fungsi adalah suatu program yang dapat menerima berbagai nilai dan memberikan umpan balik tertentu. Nilai yang dimasukan dalam suatu."— Transcript presentasi:

1 BAB IV FUNGSI-FUNGSI Fungsi adalah suatu program yang dapat menerima berbagai nilai dan memberikan umpan balik tertentu. Nilai yang dimasukan dalam suatu fungsi disebut dengan Parameter, yang dapat berupa berbagai jenis seperti angka, string, tanggal dsb. Manfaat fungsi untuk menghemat waktu dan tenaga. Kegunaan Suatu Fungsi Antara lain : a.Memanipulasi teks atau string : mis menghitung panjang string, mengambil sebagian string, mengubah string menjadi huruf besar dll. b.Memanipulasi tanggal : Mis menampilkan tahun dari suatu tanggal, menit dari suatu jam dll.

2 c.Perhitungan matematik : mis menghitung nilai absolut, sinus dsb. Cara kerja Fungsi dapat diibaratkan sebagai suatu rumus yang sudah disiapkan oleh VB. Pemakai tinggal memasukan nilai yang akan dihitung, lalu hasilnya akan segera didapat. Gambaran. Nilai A = 2.9 Fungsi Int (A) Hasil 3

3 Pada VB 6.0 terdapat beberapa fungsi Intrinsik atau fungsi-fungsi yang sudah Built-in, sehingga pemakai tidak perlu lagi untuk membuatnya. Contoh : Int(3.14) Left(“komputer”, 3) Beberapa fungsi pada VB telah dilengkapi dengan bantuan yang berupa Tool/Tip, yang menunjukan syntax yang tepat dari fungsi tersebut Fungsi MsgBox ( ) Fungsi : menghasilkan kotak untuk menampilkan pesan pada pemakai. Kotak pesan ini dapat digunakan sebagai input ataupun output dari aplikasi yang dibuat.

4 Jenis Pesan : - Pesan Peringatan - Pesan Kesalahan - Pesan memastikan suatu tindakan Membuat Message Box Pembuatan Message Box dapat dibuat dalam 2 bentuk : a.Hanya menampilkan pesan tanpa membawa nilai : Msgbox(Prompt[,Parameter] [,judul] [,fileHelp,konteks]) b.Menampilkan pesan dan/atau membawa nilai NamaVar = Msgbox(Prompt[,Parameter] [,judul] [,fileHelp,konteks])

5 Keterangan : Nama Var : nama variabel untuk menyimpan hasil yang dikembalikan oleh fungsi MsgBox(). Prompt : Teks atau kalimat yang ingin ditampilkan pada kotak pesan (ditulis dalam tanda kutip) Parameter : nilai yang berfungsi untuk menampilkan pilihan-pilihan tertentu pada kotak pesan (message box) Judul : Teks yang ditampilkan pada baris teratas kotak pesan (diapit dengan tanda kutip). Jika string tidak disertakan, judul pada kotak pesan akan bertuliskan nama proyek aplikasi yang sedang dibuat. FileHelp : File bantuan yang disertakan dalam kotak pesan, mis DEMO.HLP

6 Konteks : Berisi nilai numerik yang menunjuk ke topik bantuan kesalahan. Jika konteks diisi maka FileHelp harus juga diisi Prompt. Text atau kalimat yang ingin ditampilkan pada kotak pesan (ditulis dalam tanda kutip). Panjang maks 1024 karakter, dan masih tergantung juga pada jenis dan ukuran huruf yang digunakan Parameter. Pada parameter ini bisa ditentukan jenis tombol, icon yang akan ditampilkan pada kotak pesan. VB 6.0 memberikan standar nilai jika parameternya tidak diisi adalah tombol OK.

7 Konstanta Tombol/Parameter NilaiPenjelasan vbOKOnly0 Menampilkan tombol Ok saja vbOKCancel1 Menampilkan Ok dan Cancel vbAbortRetryIgnore2 Menampilkan Abort,Retry dan Ignore vbYesNoCalcel3 Menampilkan Yes, No dan Cancel vbYesNo4 Menampilkan Yes dan No vbRetryCancel5 Menampilkan Retry dan Cancel vbMsgBoxHelpButton6 Menampilkan Help pd kotak pesan vbDefaultButton10 Tombol pertama sbg default vbDefaultButton2256 Tombol kedua sbg Default vbdefaultButton3512 Tombol ketiga sbg Default

8 Selain tombol, beberapa jenis icon juga dapat ditampilkan pada kotak pesan. Fungsi icon ini untuk membedakan jenis kotak pesan yang ditampilkan. Tabel berikut menunjukan jenis-jenis icon yang dapa ditampilkan. ParameterNilaiKeteranganGambar vbCritical16 Menampilkan pesan kritis vbQuestion32 Menampilkan icon pesan pernyataan vbExlamation48 Menampilkan icon pesan peringatan vbInformation64 Menampilkan icon pesan informasi ? !

9 Selain kedua parameter diatas, VB masih menyediakan parameter lain yang berhubungan dg respon pemakai program thd kotak pesan. NoParameterNilaiKeterangan 1vbAplicationModul0 Pengguna program hrs merespon kotak pesan jika ingin melanjutkan pekerjaan dg aplikasi 2vbSystemModal4096 Semua aplikasi yang sedang dijalankan pada sistem komputer akan dihentikan sampai pemakai program merespon kotak pesan

10 Jenis parameter vbSystemModal biasanya digunakan agar kesalahan yang terjadi tidak merambat ke aplikasi yang sedang dijalankan Pengembalian Nilai Message Box Sebuah kotak pesan yang direspon akan mengembalikan sebuah nilai bertipe integer yang berasosiasi dengan tombol yang ditekan. Nilai inilah yang nantinya akan menentukan tindakan apa selanjutnya yang akan dilakukan oleh aplikasi program. Tabel di bawah ini menggambarkan nilai-nilai yang akan dikembalikan oleh fungsi MsgBox(). Nilai akan dimasukan kedalam variabel dimana fungsi MsgBox() dibuat.

11 NoKonstantaNilai Tombol yang dipilih 1vbOK1OK 2vbCancel2Cancel 3vbAbort3Abort 4vbRetry4Retry 5vbIgnore5Ignore 6vbYes6Yes 7vbNo7No Lihat function2

12 4.2. Fungsi InputBox( ) Fungsi ini menghasilkan kotak yang meminta masukan tertentu dari pemakai program. Input Box menampilkan kotak dialog yang berisi kotak teks yang bisa diisi oleh nilai tertentu (berupa string) dari pemakai program Membuat Input Box Dalam membuat InputBox harus disisipkan variabel yang dipakai untk menampung nilai masukan. Syntax penulisannya : NamaVar = InputBox(Prompt[,Judul] [,Default] [,Xpos] _ [,Ypos] [,FileHelp, Konteks)

13 Keterangan : Nama Var : Nama variabel untuk menyimpan hasil yang dikembalikan oleh fungsi InputBox() Prompt : Teks atau kalimat yang ingin ditampilkan pada kotak pesan (ditulis dalam tanda kutip), untuk menerangkan data yang akan dimasukan pada kotak input. Judul : Teks yang ditampilkan pada baris teratas kotak input (title Bar) dan ditulis dengan diapit tanda kutip. Jika string ini tidak disertakan, judul pada kotak pesan akan bertuliskan nama proyek aplikasi yang sedang dibuat. Default : Nilai standar yang akan ditulis pada kotak pengisian (jawaban yang sudah disediakan) dan ditulis didalam tanda kutip. Xpos : lokasi (nilai dg tipe integer) pada sumbu X dimana kotak input akan muncul dilayar. Ypos : Lokasi (nilai dg tipe integer) pada sumbu Y dimana kotak input akan muncul dilayar.

14 FieldHelp : File bantuan yang disertakan dalam kotak pesan, misal DEMO.HLP Konteks : Berisi nilai numerik yang menunjuk ke topik bantuan kesalahan. Jika konteks diisi maka FieldHelp harus juga diisi Menggunakan Fungsi Input Box Pemakai mengetikan suatu nilai pada kotak inputan dg tipe data string. Saat pemakai melakukan klik pada tombol OK, nilai ini akan disimpan kedalam variabel. Sedang jika tombol Calcel di klik maka proses memasukan data kevariabel dibatalkan. Contoh dapat dilihat pada “inputbox1”

15 4.3. Fungsi String Tipe data karakter (String) merupakan tipe data yang paling sering digunakan dimana tipe data ini bisa dipakai untuk data AlfaNumeric. Secara umum dikatakan bahwa suatu data memiliki tipe data karakter bila pada data yang dimaksud dilingkupi dengan tanda “ “. a.Operator & Fungsi dari operator & adalah untuk menggabungkan data baik berupa data tipe karakter, numerik maupun tanggal dan jam. Contoh Print “Belajar Visual basic” & 6.0

16 b.Asc( ) Fungsi ini digunakan untuk mengubah nilai string menjadi nilai ASCII Syntax : Asc( ) Print Asc(“A”) Hasil program 65 (Lihat pada asc1) c.Chr() Fungsi ini digunakan untuk mengubah nilai ASCII menjadi nilai String Syntax : Chr ( ) (lihat chr1)

17 d.Lcase() Fungsi ini digunakan untuk mengubah suatu karakter menjadi huruf kecil Syntax : LCase( ) (lihat di lcase1) e.Left() Fungsi ini digunakan untuk memotong data tipe karakter dari sebelah kiri sebanyak N karakter. Syntax : Left(,N) (lihat di left1) f.Len() Fungsi ini digunakan untuk menghitung panjang/jumlah suatu karakter Syntax : Len( ) (lihat di len1)

18 g.LTrim() Fungsi ini digunakan untuk menghilangkan spasi kosong (blank) disebelah kiri. Syntax : LTrim( ) (lihat di ltrim1) h.Mid() Fungsi ini digunakan untuk memotong data tipe karakter mulai dari posisi P sebanyak N karakter. Syntax : Mid( ) (lihat di mid1) i.Right() Fungsi ini digunakan untuk memotong data tipe karakter dari sebeleh kanan sebanyak N karakter Syntax : Right (,N) (lihat di right)

19 j.RTrim() Fungsi ini digunakan untuk menghilangkan spasi kosong (blank) disebelah kanan. Syntax : RTrim( ) (lihat di rtrim1) k.Str() Fungsi ini digunakan untuk mengubah nilai numerik menjadi nilai string. Syntax : Str( ) (lihat di str1) l.Trim() Fungsi ini digunakan untuk menghilangkan spasi kosong (blank) di sebelah kiri dan kanan. Syntax : Trim( ) (lihat di string1)

20 m.Ucase() Fungsi ini digunakan untuk mengubah suatu karakter menjadi huruf besar Syntax : UCase( ) (lihat di ucase) n.Val() Fungsi ini digunakan untuk mengubah nilai suatu string menjadi numerik. Syntax : Val( ) (lihat di val1)

21 4.4. Fungsi Matematik. Tipe data merupakan tipe data yang hanya digunakan untuk menyimpan atau mengoperasikan data angka/numerik. Dengan tipe data ini, perhitungan matematis dapat dilakukan. Tidak dilingkupi oleh tanda “ “ maupun # #. a.Abs() fungsi ini digunakan untuk menghasilkan bilangan absolut : Syntax : Abs( ) (lihat di abs1) b.Atn() Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai arc tangen (dalam radian) Syntax : Atn( ) (lihat di atn1)

22 c.Avg() Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata perintah Query Syntax : Avg( ) d.Cos() Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai Cosinus (dalam radian). Syntax : Cos( ) (lihat di cos1) e.Exp() Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai basis logaritma. Syntax : Exp( )

23 f.Int Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan bilangan integer dari suatu Number. Syntax : Int( ) g.Log Fungsi ini menghasilkan nilai logaritma natural. Syntax : Log( ) h.Max Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai terbesar pada perintah Query Syntax : Max( )

24 i. Min Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai terkecil pada perintah Query Syntax : Min( ) j.Mod Fungsi ini menghasilkan bilangan sisa dari hasil pembagian. Syntax : Mod k.Sin Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai Sinus Syntax : Sin(Number) l.Sqr Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai akar kwadrat. Sqr( ) m. Sum Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan suatu nilai pada perintah Query Syntax : Sum( )

25 n.Tan Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai tangen Syntax : Tan(Number) Contoh : Tan(0*(3.14/180) 4.5. Fungsi Tanggal dan Jam Tipe data jenis tanggal (date) dan jam (time) merupakan tipe data yg khusus diperuntukan bagi operasi tanggal dan jam. Untuk pengoperasian data string agar bisa dibaca sebagai data tanggal maupun jam maka harus ditambahkan tanda # pada awal dan akhir data.

26 a.Date. Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan tanggal sistem komputer Bentuk : Date Contoh : Date Hasil program : 9/05/2007 b.DateDiff() Fungsi ini membutuhkan nilai interval diantara dua nilai tanggal. Syntax : DateDiff(interval,date1,date2[,fisrtdayof week[,firstweekofyear]]) lihat datediff1

27 c.DatePart() Fungsi ini membutuhkan nilai interval dari bagian tunggal yang digunakan. Syntax : DatePart(Interval,date[,fisrtdayofweek[,firstweekofyear]]) Contoh dilihat di datepart1 d.DateValue() Fungsi ini digunakan untuk mengkonversi data teks manjadi tanggal. Syntax : DateValue(“17/08/2000”) + 2 Hasil : 19/08/2000

28 e. Day Fungsi ini digunakan untuk mengkonversi teks menjadi tanggal. Syntax : Day( ) Contoh : Day(#08/17/2002#) Hasil program : 17

29 f. Hour() Fungsi ini digunakan untuk menampilkan angka 1 sampai 23 dari jam sistem komputer Syntax : Hour( ) Contoh : Hour(#08:05:50#) Hasil program : 8 g. Minute() Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai menit dari sistem jam komputer Syntax : Minute( )

30 Contoh : Minute(#08:25:23#) Hasil : 25 h. Month Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan bulan dari tanggal Syntax : Month( ) Contoh : Month (#08/17/2000#) Hasil : 08

31 i.Now Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan tanggal dan jam sistem komputer. Syntax : Now Contoh : Now Hasil 05/09/07 11:30:08 j.Second() Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai detik dari jam sistem komputer Syntax : Second( ) Contoh : Second(#08:25:55#) Hasil : 55

32 k.Time Fungsi ini digunakan untuk menampilakn jam sistem komputer. Syntax : Time Contoh : Time Hasil : 11:23:34 l.TimeValue() Fungsi ini digunakan untuk mengkonversi data teks menjadi jam. Syntax : TimeValue(“String”) Contoh : TimeValue(“17:00:10”) + TimeValue(“03:05:00”) Hasil : 20:05:10

33 m.WeekDay() Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan angka hari kedalam satu minggu. Syntax : WeekDay( ) Contoh : WeekDay(#08/17/20002#) n.Year() Fungsi ini digunakan untuk menghasilkan tahun dari tanggal. Syntax : Year( ) Contoh : Year(#08/17/2002#) Hasil : 2002

34 4.6. FUNGSI FORMAT Fungsi Format digunakan untuk menampilkan suatu nilai didalam format tampilan tertentu. Biasanya fungsi format untuk menampilkan angka, tanggal dan jam. a.Format # Format ini digunakan untuk memformat tampilan angka dalam bentuk ribuan, jutaan dan seterusnya serta desimal. Syntax : Format(,”#,#.##”) Contoh : Format( ,”#.#”) Format( ,”#.#.00”)

35 Hasil : 5,780,000 5,780, b.Format Currency Fungsi ini untuk menampilkan tanda mata uang didepan nilai serta dipisah dalam kelipatan ribuan. Untuk mengubah tanda mata uang lakukan klik tambol Start, Setting, Control Panel. Kemudian lakukan double click pada regional setting. Pilih tab currency dan ganti tanda mata uang pada kotak isian Currency Symbol. Syntax : Format(,”Currency”) Contoh : Format( ,”Currency”)

36 c.Format Fixed Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai dengan minimal 2 angka desimal. Syntax : Format(,”Fixed”) Contoh : Format( ,”Fixed”) Hasil program : 5,780, d.Format General Number Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai dengan 2 angka desimal.

37 Syntax : Format(,Number>,”General”) Contoh : Format( ,”GeneralNumber”) Hasil : e.Format Percent fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai yang dikalikan 100 dan ditambahi tanda prosesn. Syntax : Format(,”percent”) Contoh : Format( ,”Percent”) Hasil : %

38 f.Format Scientific Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai dengan format ilmiah (pangkat) Syntax : Format(,”Scientific”) Contoh : Format( ,”Scientific”) Hasil : 5.78E+06 g.Format ShortDate fungsi ini digunakan untuk menampilkan tanggal dalam format pendek yaitu dd/mm/yy Syntax : Format(,”ShortDate”)

39 h.Format LongDate Fungsi ini digunakan untuk menampilkan tanggal dalam format panjang yaitu dd/mmm/yyyy Syntax : Format(,”LongDate”) Contoh : Format(Now, “LongDate”) Hasil : 09/Mei/2007 i.Format ddd Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nama hari dari tanggal. Syntax Format(,”ddd”) Contoh : Format(#08/17/45#, “ddd”) Hasil : Friday

40 j.Format Medium Time Fungsi ini digunakan untuk menampilkan waktu dalam format 12 jam Syntax : Format(,”Medium Time”) Contoh : Format(#2:20:35 PM#) Format(#2:2o:35 PM#, “Medium Time”) Hasil : 14:20:35 2:20:35 PM

41 k.Long Time Fungsi ini digunakan untuk menampilkan waktu dalam format 24 jam. Syntax : Format(,”Long Time”) Contoh : Format(#2:20:35 PM#) Format(#2:20:35 PM#, “LongTime”) Hasil 14:20:35

42 l.Format On/Off Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai Off jika Nilai 0 dan On jika nilai 1 Syntax : Format(,”On/Off”) m.Format True/False Fungsi ini digunakan untuk menampilkan nilai False jika nilai 0 dan True jika nilai 1 n.Format Yes/No Fungsi ini digunakan untuk menampilkan No jika nilai 0 dan Yes jika nilai 1 Syntax : Format(, “Yes/No”)

43 BAB IV. MEMPELAJARI BAHASA VISUAL BASIC Pada bab ini akan membahas tentang membuat atau menulis kode program pada kontrol yang sudah disusun pada form dari sebuah project aplikasi dan mengenal lebih dekat tentang Code Windows A.Statemen dan Expresi dalam VB Statemen penugasan : Nama variabel diikuti dg tanda penugasan (=) Contoh : WaktuMulai = Now Namaku = “Khoiqul Karim” JumlahBit = JumlahByte * 8 Energi = masa * Kecepatancahaya^2 Satu baris dapat diisi lebih dari satu statemen penugasan, dimana dipisahkan dg tanda : Contoh : WaktuMulai = Now : WaktuSelesai = Now + 15

44 Jika satu baris tidak cukup dapat disambung dengan tanda _ Contoh : Bulan = Log(Final + Bunga/Tabungan + 1)_ / Log(1 + Bunga) Cara untuk membuat Catatan Dalam Program Rem Tulisan ini adalah catatan saja ‘Tulisan ini juga sebagai catatan X = y * 2 ‘Catatan dapat juga ditulis ‘disamping statemen B.Operator Dalam Visual Basic b.1. Operator adalah sebuah tanda yang digunakan untuk mengoperasikan secara matematisthd 2 bilangan atau 2 variabel numerik

45 OperatorPenggunaan ^ Pemangkatan bilangan * Dan / Perkalian dan pembagian \ Pembagian bulat Mod Sisa hasil bagi + dan - Penambahan dan pengurangan

46 b.2. Expresi dalam tanda kurung didahulukan pengoperasiannya. b.3. Untuk menggabungkan 2 string digunakan simbol & atau + Contoh : LblWaktu.Caption = “Jam Sekarang: “ & Format(Now,”hh:mm”) Namaku = “Kholiqul” + “Karim” b.4. VB mempunyai 6 operator pembanding OperatorPembanding > Lebih besar dari < Lebih kecil dari >= Lbh bsr dan smdg <= Lbh kcl dan smdg = Sama dengan <> Tdk sama dengan

47 b.5. Hasil dari pembandingan antara 2 argumen muncul nilai yang berjenis Boolean b.6. VB mempunyai 3 operator logika. OperatorPenggunaan Not Logika bukan/penyangkalan And Logika dan Or Logika atau Logika not digunakan untk menyangkal atau membalikan nilai logika argumen yang diikuti

48 Contoh : Hasil = True Debug.Print Not Hasil(akan tercetak False) Hasil = False Debug.Print Not Hasil(akan tercetak True) Logika And digunakan untuk menggabungkan 2 atau lebih pembanding yang hrs bernilai benar semuanya bila hasil yang diinginkan bernilai benar. Contoh : Satu = True : Dua = False : Tiga = True : Empat = False Debug.Print satu And Dua (akan tercetak False) Debug.Print Satu And Tiga (akan tercetak True) Debug.Print Dua And Tiga (Akan tercetak False) Gebug.Print Dua and Empat (Akan tercetak False)

49 Logika Or untuk memilih salah satu dari 2 argumen yang mengapitnya. Contoh : Satu = True : Dua = False : Tiga = True : Empat = False Debug.Print satu Or Dua (akan tercetak True) Debug.Print Satu Or Tiga (akan tercetak True) Debug.Print Dua Or Tiga (Akan tercetak True) Debug.Print Dua Or Empat (Akan tercetak False) C.BEBERAPA FUNGSI PADA VB c.1. Fungsi Abs : menghasilkan nila absolut dari suatu bilangan Sintax : Abs(angka) c.2. Fungsi Asc : menghasilkan nilai integer yang direpresentasikan sebagai kode karakter pertama dari argumen string yang diberikan.

50 Syntax : Asc(string) c.3. Fungsi Chr : menghasilkan karakter sesuai dg angka kode karakter (ASCII) yang dimasukan sebagi argumennya. Syntax : Chr(charcode) Non sistem DBCS (0 s/d 255) Sistem DBSC ( s/d 32768) c.4. Fungsi Cos : menghasilkan nilai bilangan untuk derajat sudut cosinus yang dimasukan sebagi argumennya. Sintax : Cos(number) c.5. Fungsi Date : menghasilkan tanggal sistem saat ini dengan jenis nilai Variant.

51 c.6. Fungsi Format : mengahasilkan nilai Variant (String) dg expresi yang sudah diformat sesuai dengan instruksi expresi formatnya. Sintax : Format (expression[,format[firstayofweek[,firstweekofyear]]]) ArgumenPenjelasan expressionSembarang expresi (hrs diisi) formatNama expresi format atau format yang dibuat sendiri firstdayofweekYang menentukan hari pertama dlm satu minggu firstweekofyearYang menentukan minggu pertama dlm satu tahun

52 KonstantaNilaiKeterangan vbUseSystem0 Setting NLS API vbSunday1Sunday(default) vbMonday2Monday-senin vbTuesday3Tuesday-Selasa vbWednesday4Wednesday-Rabu vbThursday5Thursday-kamis vbFriday6Friday-Jumat vbSaturday7Saturday-Saptu Argumen firstdayofweek mempunyai nilai konstanta sbb:

53 KonstantaNilaiKeterangan vbUseSystem0 Menggunakan setting NLS API vbFirstlan11 Mulai minggu pertama Januari (default) Tabel. Nilai konstanta yang digunakan argumen firstweekofyearKonstantaNilaiKeteranganvbFirstFourDays2 Mulai minggu pertama yg mempunyai hari paling sedikit 4 hari dlm 1 thn vbFirstFullWeek3 Mulai minggu pertama yang penuh pada tahun itu Tabel. Argumen Fungsi FormatCurrency

54 c.7. Fungsi FormatCurrency Menghasilkan expresi yang sudah diformat sesuai dengan simbol mata uang yang sudah didefinisikan pada system dalam Control Panel Sintaksis : FormatCurrency(Expression[,NumDigitAfterDecimal[,I ncludeLeadingDigit [,UseparentForNegativeNumbers[,GroupDigits]]]])

55 ArgumenPenjelasan Expression Harus diisi.Expresi yg akan diformat tampilannya NumDigitAfterDe cimal Opsional.Nilai numerik yang menunjukan jmlh angka desimal setelah tanda titik. Nilai default value adalah – 1, jumlah angja desimal akan sesuai dengan setting regional pd kontrol IncludeLeadingDi git Opsional. Konstanta tristate yg menyatakan apakah akan menampilkan angka nol didepan nilai pecahan dibawah angka 1. UseParensForNeg ativeNumbers Opsional. Konstanta tristate yang menyatakan untk mengganti tanda negatif dg tanda kurung buka dan tutup

56 ArgumenPenjelasan GroupDigits Optsional.Konstanta tristate yg dinyatakan untuk memberikan tanda koma untk mengelompokan angka ribuan Argumen IncludeLeadingDigit, UseParensForNegativeNumbers, dan GroupDigits dpt diisi dg konstanta sbbKonstantaNilaiKeteranganTristateTrueTrue TristateFalse0False TristateUseDefault-2 Menggunakan setting dari regional setting pada control panel

57 c.8. Fungsi FormatDateTime Sintaksis : FormatDateTime(Date[,NamedFormat])


Download ppt "BAB IV FUNGSI-FUNGSI Fungsi adalah suatu program yang dapat menerima berbagai nilai dan memberikan umpan balik tertentu. Nilai yang dimasukan dalam suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google