Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Uji Validitas: untuk menguji apakah instrumen penelitian yg digunakan dalam riset benar-benar mampu mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.  Uji Validitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Uji Validitas: untuk menguji apakah instrumen penelitian yg digunakan dalam riset benar-benar mampu mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.  Uji Validitas."— Transcript presentasi:

1

2  Uji Validitas: untuk menguji apakah instrumen penelitian yg digunakan dalam riset benar-benar mampu mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.  Uji Validitas yang umum digunakan adalah dengan : Pearson Correlation, yaitu membandingkan item pertanyaan ke total skor variabel yang terdiri dari item-item pertanyaan.  Dikatakan valid jika korelasinya sig (p- value <0.05) atau ada korelasi antara item dgn total skor-nya.

3  Uji relabilitas digunakan untuk menguji KONSISTENSI alat ukur dalam melakukan pengukuran. Alat ukur (instrumen penelitian) yang baik jika dapat digunakan secara konsisten dari waktu ke waktu.  Instrumen penelitian dpt dikatakan konsisten jika reliabel yaitu dgn indikator nilai cronbach alpha >0.6.  Cara pengujian adalah dengan menguji item-item pertanyaan dalam instrumen penelitian

4  Variabel motivasi diukur dengan 5 pertanyaan dengan skala likert 1 s/d 5 dimana 1 bernilai sgt tdk setuju s/d 5 sangat setuju: 1. ………………… 2. ……………….. 3. ……………….. 4. ……………….. 5. ………………….

5 RespM1M2M3M4M5Motiv dst

6 Item to total skor berarti,…  Korelasi antara:  M1 dgn Motiv sig  M2 dgn Motiv sig  M3 dgn Motiv sig  M4 dgn Motiv tdk sig  M5 dgn Motiv sig  Artinya: M4 bukan merupakan item yang mampu digunakan utk mengukur Motivasi,  shg harus dikeluarkan dari anggota pengukuran ( jadi skrg Motivasi diukur dgn 4 pertanyaa y/i: M1, M2, M3, M5)

7  Reliabilitas:  M1  M2  M3  M5  Kapan Uji validitas dan reliabilitas digunakan? uji kualitas data  Jika data penelitian berupa data primer, yaitu data yang diambil dengan media kuesioner sbg media pengukuran DAN penelitiannya berjenis penelitian kuantitatif Cronbach alpha >0.6

8  Idealnya, dilakukan sebelum alat ukur itu digunakan, yaitu dengan cara PILOT STUDY.  PILOT STUDY adalah melakukan uji dengan sampel beberapa. Bisa menggunakan sampel yang sebenarnya atau menggunakan sampel yang diasumsikan setara (setara pengetahuannya). Umumnya jml sampel pd pilot studi tdk banyak  Setelah pilot study berhasil (valid n reliabel alat ukurnya) maka alat ukur itu dpt digunakan ke sampel/responden sesungguhnya

9  Namun, seringkali uji validitas dan reliabilitas dilakukan sekalian pada responden sesungguhnya, sehingga yang akan dianalisis adalah item-item yang valid dan reliabel dari hasil jawaban responden.  Hal ini dilakukan umunya karena pertimbangan waktu dan biaya.

10  Uji validitas :  Lihat baris terakhir atau kolom terakhir.  Pada baris dan kolom tersebut tampak hasil korelasi antara ite-item pertanyaan dgn total skornya.  Uji Reliabilitas  Lihat nilai cronbach alpha, jika cronbach <0.6, how ???? lihatnya dan tampilkan output SCALE (Cronbach alpha) IF ITEM DELETED. Pada kolom itu memberikan petunjuk nilai cronbach alpha yang mampu dihasilkan jika suatu item pertanyaan dihapus (di-delete)

11 1. Data valid dan reliabel 2. Ada item yang tidak valid tapi reliabel (item tdk valid dibuang) 3. Ada item valid tapi tidak reliabel (lihat dan cek kolom cronbach alpha/scale if item deleted)


Download ppt " Uji Validitas: untuk menguji apakah instrumen penelitian yg digunakan dalam riset benar-benar mampu mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.  Uji Validitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google