Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

New Testament Chronology Perjanjian Baru Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "New Testament Chronology Perjanjian Baru Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College."— Transcript presentasi:

1 New Testament Chronology Perjanjian Baru Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College

2  Kata “Injil" berasal dari bahasa Inggris lama yang berarti “Perkataan Tuhan." Dan kata itu diambil dari terjemahan bahasa Yunani “kabar baik."  Salah satu penggunaan kata ini di masa lalu adalah dalam pernyataan raja, yang mengumumkan “kabar sukacita” akan hari kelahiran raja sepanjang jalan di kota-kota  Inilah maksud dari Perjanjian Baru kita. Keempat Injil itu berbicara kabar sukacita tentang Yesus.  Dunia masa lalu telah mengenal sejarah, puisi, nubuat dan surat-surat. Tetapi sebuah “kabar baik” adalah baru bagi mereka. Disini, penulis terinspirasi untuk tidak hanya mengerjakan hal yang berhubungan dengan sejarah secara lengkap. Mereka juga ingin menciptakan iman (lihat Yoh. 20:30- 31). Mereka juga mengumumkan berita baik bahwa, sebagaimana janji yang ada dalam Perjanjian Lama, Tuhan telh mengutus seorang Penebus, Yeus, ke dunia. Injil 48 Matius Markus Lukas Yohanes

3 Injil 48 Matius Markus LukasYohanes  Mengapa ada empat Injil? Mungkin untuk alasan yang sama perbedaan pemahaman seperti pemotongan bagian per bagian terbaik dari perhiasan akan menunjukkan perbedaan orang. Matius menjelaskan satu bagian dari hidup Yesus, Markus yang lain dan Lukas yang ketiga  Ada tiga Injil yang memilikibanyak kemiripan yang disebut Sipnosis (“melihat dengan," or “lihat seperti") Injil. Mereka melihat kehidupan Yesus dari sudut pandang sejarah. Dengan kata lain, Injil Yohanes lebih cenderung ke dalam makna dari hidup dan pengajaran Yesus.

4 Injil Sipnosis 49 Perbandingan dalam keempat Injil menunjukkan bahwa Matius, Markus dan Lukas dicermati memiliki kesamaan, sementara Yohanes memiliki perbedaan Bagian pertama dari Injil setuju dalam bahasa, dalam bahan yang mereka pergunakan, dan dalam hal kejadian-kejadian serta kehidupan Yesus yang terekam. Karena kesamaan pendapat inilah, ketiga buku ini disebut Injil Sipnosis. (syn, “bersama dengan"; optic, “melihat/mengamati"; thus “melihat/mengamati bersama"). Sebuah perbandingan matematika menunjukkan bahwa 91% Injil Markus ada dalam Injil Matius, sementara itu 53% Injil Markus diketemukan dalam Injil Lukas. Kesamaan inimenimbulkan pertanyaan tentang keaslian Injil Sipnosis. Apakah para penulis ini berdasarkan pada sumber yang sama? Ataukah mereka dari sumber yang berbeda?

5 Penganggalan Injil Sipnosis 49 Markus Markus Matius Lukas Matius Lukas Perkiraan A Matius dan Lukas menggunakan Markus Matius dan Lukas menggunakan Markus sebagai sumber utama sebagai sumber utama Pandangan 1 Penulisan Markus antara tahun 50-awal 60 a. Penulisan Matius antara akhir 50-60an a. Penulisan Matius antara akhir 50-60an b. Penulisan Lukas b. Penulisan Lukas Pandangan 2 Penulisan Markus a. Penulisan Matius di tahun 70an a. Penulisan Matius di tahun 70an b. Penulisan Lukas di tahun 70an b. Penulisan Lukas di tahun 70an Markus Matius Lukas Perkiraan B Matius dan Lukas tidak menggunakan Markus sebagai sumbernya Pandangan 1 Penulisan Markus kemungkinan telah ditulis antara tahun 50 dan 70 a. Penulisan Matius sekitar awal 50an a. Penulisan Matius sekitar awal 50an [lihat Pengenalan Matius: Waktu dan [lihat Pengenalan Matius: Waktu dan Tempat Penulisan] Tempat Penulisan] b. Penulisan Lukas b. Penulisan Lukas [lihat Pengenalan Lukas: Waktu dan [lihat Pengenalan Lukas: Waktu dan Tempat Penulisan] Tempat Penulisan]

6 Permasalahan Sipnosis 49 Pertanyaan seperti beberapa pernyataan ini dikenali sebagai permasalahan Sipnosis. Beberapa pertimbangan penyelesaian telah berkembang : 1.Menggunakan tradisi dari mulut ke mulut. Beberapa pemikiran bahwa tradisi ini telah menjadi bagian penting yang menjadi bahan utama dari berbagai pendekatan penulisan Injil. 2.Menggunakan Injil mula-mula. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa penulis-penulis Sipnosis semuanya telah memuliki hubungan dengan Injil mula-mula, sekarang telah hilang. 3.Menggunakan penulisan akhir. Beberapa memperkirakan bahwa penulisan akhir ini telah menggabungkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan hidup Yesus dan ini yang dipakai oleh para penulis Sipnosis. 4.Kebergantungan yang saling menguntungkan. Beberapa telah menyaranjan bahwa para penulis Sipnosis saling berdekatan satu samalain sehingga hasil yang diperoleh dari penulisan mereka mirip.

7 The Synoptic Problem 49 5.Menggunakan dua sumber utama. Pandangan yang paling umum adalah bahwa dokumen Markus, disebut Quelle (dalam bahasa Jerman untuk "sumber") atau Q, digunakan oleh Matius dan Lukas sebagai sumber utama, termasuk Injil mereka. 6.Pengutamaan dan penggunaan Matius. Pandangan lain menyarankan bahwa kedua Sipnosis yang lain mengambil dari MAtius sebagi bahan utamanya. 7.Penggabungan dari semua yang diatas. Teori ini memperkirakan bahwa para penulis Injil Sipnosis menggunakan tradisi dari mulut ke mulut, penulisan akhir,kebergantungan satu sama lain pada penulis Sipnosis yang lain dalam penulisan Injil mereka dan juga menggunakan kesaksian secara langsung.

8 Jalan keluar untuk menyelesaikan masalah sipnosis 50 Dua Sumber Perkiraan Empat Sumber Perkiraan Skema diatas telah menunjukkan perkiraan-perkiraan sebagimana keadaan, situasi, lokasi dan waktu untuk tujuan dipakai sebagai sumber. Memakai Matius dan Lukas dari kemungkinan penjelasan Markus. Matius dan Lukas juga menggunakan sumber dari mulut ke mulut dan sumber [Q] yang khususnya memiliki kemungkinan kesamaan sumber itu sendiri. Walaupun sumber ini berupa tulisan, dari kata orang atau kombinasi hal itu tidak berpengaruh. Pada dasarnya beberapa ayat dalam Matius dan Lukas menunjukkan suatu penjelasan yang masih diperdebatkan. Q Th. 50 Tradisi Antiokia Matius M Yerusalem Matius Antiokia 85 Markus Th. 65 Lukas Q Antiokia 50 L Kaisaria Sebelum Lukas Sumber Lukas 1 dan 2 Lukas Kaisaria, Koritus [?] 60, 80 Mk Roma 65

9 661 ayat 235 ayat 1000 ayat 1149 ayat 500 ayat 350 ayat 333 ayat 564 ayat Pengumpamaan Hubungan Injil Sipnosis 51 Markus Q M MatiusLukas L

10 The Four Gospels Compared MatiusMarkusLukasYohanes Penulis Pekerjaan sebelum diselamatkan Penarik Pajak Tidak ada (Pemuda) DokterNelayan Suku Bangsa Yahudi Bukan YahudiYahudi Karunia rohani / pelayanan Rasul Pelayanan atau Pendeta Pelayanan atau Mengajar Rasul Pembaca Suku Bangsa YahudiRomawi Bukan Yahudi (Yunani) Seluruh dunia Ketertarikan Tanda-tanda (1 Kor. 1:22) Kebijaksanaan (1 Kor. 1:22) Hal rohani Orang bukan percaya Orang percaya bukan orang percaya Kebutuhan utama: Penyelamat dan Pemberian Kerajaan Model dalam Penderitaan (penekanan pada pemuridan) Keseluruhan (dan pengembangan kerajaan) Ketuhanan 51

11 Perbandingan keempat Injil MatiusMarkusLukasYohanes Waktu penulisan 40 an akhir 60 an Tempat Penulisan Antiokia atau Siria Roma Kaisaria atau Roma Efesus Tempat dikirim PalestinaRoma untuk Theophilus Asia, dll. Yesus adalah.. Raja Israel (Messias) Hamba yang menderita (Ketuhanan) Manusia sejati (Messias) Anak Allah (Ketuhanan) Ayat kunci 21:510:4519:1020:31 Tema Hukum TauratKuasaAnugerahKemuliaan Penekanan KotbahMujizatPerumpamaanAlegori Penataan TopikKronologi Topik Keturunan Abraham ke Yusuf Tidak ada 51

12 Perbandingan keempat Injil MatiusMarkusLukasYohanes Isi Kelahiran sampai Kebangkitan Pelayanan sampai Kebangkitan Karakter penulisan NubuatanPenggembalaanSejarahRohani Perkataan Yesus 60%42%50% Pasal Ayat Ayat per Pasal PL perkiraan PL topik PL referensi Materi yang unik 42%7%59%92% Pembagian Injil Sipnosis Penambahan Injil 51

13 53 Bagaimana Anda mengenal baik hidup Yesus? Dapatkah Anda memberikan urutan kronologinya ? TAMU PADA PERNIKAHAN PERCAKAPAN DENGAN NICODEMUS 3 PENCOBAAN MUSUH KOTBAH DI BUKIT KELAHIARAN DI BETLEHEM PEMBERSIHAN DI BAIT SUCI [YANG PERTAMA] PEMBASUHAN KAKI PARA MURID PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN TUKANG KAYU DI NAZARET KUBUR LAZARUS

14 54 ALPABET HIDUP YESUS Angels [malaikat]Mat. 1:18-25; Lukas 1:5-38Nazaret, Yerusalem Birth [kelahiran]Mat. 2:1-12; Lukas 2:1-20Betlehem Carpenter [tukang kayu]Mat. 2:19-2; Lukas 2:39-52Nazaret Dove [merpati]Mat. 3:11-17; Lukas 3:15-23Sungai Yordan Enemy [musuh]Mat. 4:1-11; Lukas 4:1-13Padang gurun, Followers [pengikut]Yoh. 1:19-51; Mark 3:14-19Perea, Galilea Guest [tamu]Yoh. 2:1-11Kana Housecleaning [pembersihan Bait]Yoh. 2:13-22Yerusalem Interview [percakapan]Yoh. 3:1-21Yerusalem Jacob’s well [sumur Yakub]Yoh. 4:5-42Samaria Kin [keluarga]Lukas 4:16-31Nazaret Location [tempat]Mat. 4:13-22Kapernaum Message [pesan]Mat. 5-7Daerah Kapernaum Nature [karakter]Lukas 7:1-35Daerah Kapernaum, Galilea Opposition [penentang]Mat. 12:22-50Kapernaum Parables [perumamaan]Mat.13:1-53; Mark 4:1-34Daerah Kapernaum Question [pertanyaan]Mat. 16:13-28; Lukas 9:22-36Kaisaria Filipi Revelation [pewahyuan]Mat. 17:1-13Ituria, Bukit Hermon Stoning [dilempari batu]Yoh. 10:22-39Yerusalem Tomb [kubur]Yoh.11:1-54Bethani dekat Yerusalem Upset [kekecewaan]Mat Yerusalem Vision [penglihatan]Mat 24-25Yerusalem, Bukit Zaitun Washing [pembasuhan]Yoh. 13Yerusalem, Ruang Atas Xecution [penghukuman]Mat. 26: :56Yerusalem Yes! [Ya]Mat. 28; Lukas 24:1-49Yerusalem, Yudea Galilea Zion [Sion]Lukas 24:50-53; KPR 1:1-12Yerusalem, Bukit Zaitun

15 11 55 Konfirmasi Setelah di Perea Setelah di Yudea Setelah di Samaria Persiapan Waktu Pembukaan Awal di Perea Awal di Yudea Awal di Samaria Waktu Penutupan Waktu-waktu penting dalam hidup Yesus Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. Mark. 10:45 Puncaknya di Galilea

16 Kronologi Hidup Yesus 56 Hari kelahiran : diperkirakan Desember th 5 S.M / 4 S.M 6 S.M. 29 Maret – 11 April 4 S.M. Yesus Kristus lahir antara dua waktu ini [Lukas 2:1-5] [Mat. 2:1, Luk. 1:5] Sensus Kirenius Kematian Herodes Awal Pelayanan: sekitar musim gugur th Agustus Desember 29 Yesus Kristus mungkin memulai pelayananNya antara watu ini 15 tahun pemerintahan Tiberius [Luk. 3:1-3] Panjang waktu pelayanan : Musim gugur th. 29 – 14 April 33 [3,5 tahun] Musim gugur 29 Yoh 2:13-23 tidak jelas Yoh 6:4 Yoh 11:55-12:1 Mk 2:23-28 Luk. 6:1-6 Mat. 12:1-8 Awal pelayanan Paskah 1 Paskah 2 Paskah 3 Paskah 4 Yesus 7 April April April 33

17 Perumpamaan Kristus J. Dwight Pentecost, A Harmony of the Words and Works of Jesus Christ (Grand Rapids: Zondervan, 1981),

18 Mujizat Yesus 63

19 64

20 Pencobaan Yesus 65 PENCOB AAN PENGUASA KITAB SUCI TUDUHANPENGESAHANTIPEHASIL 1. Annanias, mantan Imam Besar Yahudi (A.D. 6-15) Yoh 18:13-23 Tuduhan utamanya melawan Annanias. Pertanyaan umum, tidak spesifik TIDAK SAH!! Diadakan di tengah malam. Prasangka. Tanpa kejelasan tuduhan.Kekerasan Yahudi dan Agama Dinyatakan bersalah karena tidak menghormati dan dibawa pada Kayafas 2. Kayafas dan Sanhedrin (Kayafas adalah menantu dari Annanias) (th ) Mat. 26:57-68 Mk 14:53-65 Luk 22:54, Yoh. 18:24 Penghujatan karena menyebut diri Messias, Anak Allah TIDAK SAH!! Diadakan di tengah malam. Saksi palsu. Kekerasan dan Prasangka Yahudi dan Agama Dinyatakan bersalah karena penghujatan dan dibawa ke Sanhedrin (Mahkamah Agung Yahudi) 3. Sanhedrin, 70 penguasa Israel. Pernyataan mereka diperlukan sebelu Yesus dapat di bawa ke penguasa Romawi Mat. 27:1 Mk 15:1 Luk 22:66-71 Menyatakan diri Anak Allah. Dituduh penghujatan! (layak untuk mati dibawah hukum Yahudi) TIDAK SAH!! Pengadilan yang sudah direncanakan. Tanpa adanya pengambilan suara yang pantas Yahudi dan Agama Dinyatakan bersalah karena penghujatan dan dib wa ke penguasa Romawi,Pilatus

21 Pencobaan Yesus 65 PENCOB AAN PENGUASAKITAB SUCITUDUHANPENGESAHANTIPEHASIL 4. Platus, gurbernur Yudea (sudah dalam ‘kondisi sulit’ dengan Romawi) (th ) Mat. 21: Mk 15:2-5 Luk 23:1-7 Yoh 18:28-38 Menuduh Dia pengkhanat. Dirubah tuduhannya,alasanny a pantas untuk hukuman di Romawi TIDAK SAH!! Teta ditahan, sekalipun diketemukan tidak bersalah. Tanpa pembelaan. Kekerasan Romawi dan Secara Umum Diketemukan TIDAK BERSALAH... Tetapidi bawa ke Herodes Antifas. Masyarakat menolakpemerintaha n Pilatus. 5. Herodes Antipas, gubernur Galilea (4 S.M.- th. 39) Luk 23:8-12 Tidak ada tuduhan. Pencobaan hukuman. Kekerasan masyarakat. TIDAK SAH!! Tanpa landasan. Kekerasan dalamruang sidang. Tanpa pembelaan yang layak Romawi dan Secara Umum Kekerasan, tanpa pembelaan dan dikembalikanke ilatus tanpa keputusan Herodes 6. Pilatus (kedua kali) Mat. 27:15-26 Mk 15:6-15 Luk 23:18-25 Yoh 18:39-19:16 Pengkhianatan... Meski tanpa alasan yang dapat dibuktikan. Membuat persepakatan dan menempatkanNya sejajar dengan Barnabas, pejahat TIDAK SAH!! Pilatus, tanpa bukti bersalah, mengijinkan orang tak bersalah dalam penghukuman Romawi dan Secara Umum Penganiayaan tanpa alasan; Diketemukan tak bersalah namun Pilatus ‘cuci tangan’ dan mengijinkan Dia untuk diSALIB


Download ppt "New Testament Chronology Perjanjian Baru Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google