Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakanbagian darikebudayaan masyarakat denganciri-ciri yang lebihkhas. Istilah budaya politik meliputi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakanbagian darikebudayaan masyarakat denganciri-ciri yang lebihkhas. Istilah budaya politik meliputi."— Transcript presentasi:

1

2 BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakanbagian darikebudayaan masyarakat denganciri-ciri yang lebihkhas. Istilah budaya politik meliputi masalah : legitimasi, pengaturan kekuasaan, proses pembuatan kebijakan pemerintah, kegiatan partai-partai politik, perilaku aparat negara, serta gejolak masyarakat terhadapkekuasaan yang memerintah.

3 BUDAYA POLITIK Almond dan Powell bbudaya politik merupakan dimensi psikologi dari sistem politik, yang mana budaya politik bersumber pada perilaku lahiriah dari manusia yang bersumber pada penalaran-penalaran yang sadar. KKonsep budaya politik terdiri atas sikap, keyakinan, nilai-nilai, dan keterampilan yang sedang berlaku pada seluruh anggota masyarakat, termasuk pada kebiasaan yang hidup dalam masyarakat.

4 Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri atas pengetahuan, adat istiadat, dan mitos. Kesemuanya dikenal dan diakui oleh sebagian besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberikan rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain. Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri atas pengetahuan, adat istiadat, dan mitos. Kesemuanya dikenal dan diakui oleh sebagian besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberikan rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain. Budaya politik dapat dilihat dari aspek doktrin dan aspek generiknya. Yang pertama menekankan pada isi atau materi, seperti sosialisme, demokrasi, atau nasionalisme. Yang kedua (aspek generik) menganalisis bentuk, peranan, dan ciri-ciri budaya politik, seperti militan, utopis, terbuka, atau tertutup. Budaya politik dapat dilihat dari aspek doktrin dan aspek generiknya. Yang pertama menekankan pada isi atau materi, seperti sosialisme, demokrasi, atau nasionalisme. Yang kedua (aspek generik) menganalisis bentuk, peranan, dan ciri-ciri budaya politik, seperti militan, utopis, terbuka, atau tertutup. Bentuk budaya politik menyangkut sikap dan norma, yaitu sikap terbuka dan tertutup, tingkat militansi seseorang terhadap orang lain dalam pergaulan masyarakat. Pola kepemimpinan (konformitas atau mendorong inisiatif kebebasan), sikap terhadap mobilitas (mempertahankan status quo atau mendorong mobilitas), prioritas kebijakan (menekankan ekonomi atau politik) Bentuk budaya politik menyangkut sikap dan norma, yaitu sikap terbuka dan tertutup, tingkat militansi seseorang terhadap orang lain dalam pergaulan masyarakat. Pola kepemimpinan (konformitas atau mendorong inisiatif kebebasan), sikap terhadap mobilitas (mempertahankan status quo atau mendorong mobilitas), prioritas kebijakan (menekankan ekonomi atau politik)

5 BENTUK BUDAYA POLITIK Budaya Politik Militan Budaya politik dimana perbedaan tidak dipandang sebagai usaha mencari alternatif yang terbaik, tetapi dipandang sebagai usaha jahat dan menantang. Bila terjadi kriris, maka yang dicari adalah kambing hitamnya, bukan disebabkan oleh peraturan yang salah, dan masalah yang mempribadi selalu sensitif dan membakar emosi Budaya Politik Toleransi Budaya politik dimana pemikiran berpusat pada masalah atau ide yang harus dinilai, berusaha mencari konsensus yang wajar yang mana selalu membuka pintu untuk bekerja sama. Sikap netral atau kritis terhadap ide orang, tetapi bukan curiga terhadap orang.

6 Berdasarkan sikap terhadap Tradisi dan Perubahan BBudaya Politik Yang memiliki Sikap Mental Absolut Budaya politik yang mempunyai memiliki nilai-nilai dan kepercayaan yang. Dianggap elalu sempurna dan tak dapat diubah lagi. BBudaya Politik Yang memiliki Sikap Mental Akomodatif Budaya politik yang bersifat akomodatif biasanya terbuka dan sedia menerima apa saja yang dianggap berharga. Ia dapat melepaskan ikatan tradisi, kritis terhadap diri sendiri, dan bersedia menilai kembali tradisi berdasarkan perkembangan masa kini.

7 Berdasarkan Sikap, Kecakapan Politik, dan Orientasi Warga Negara terhadap Kehidupan Politik dan Pemerintahan, Budaya Politik, terbagi atas : Budaya Politik Partisipan Budaya Politik dimana orang atau warga negara melibatkan diri dalam kegiatan politik, sekurang­nya dalam pemberian suara (voting) dan mencari informasi tentang kehidupan politik Budaya Politik Subjek Budaya politik dimana warga negara secara pasif patuh kepada Pemerintah dan undang-undang Budaya Politik Parokial Budaya Politik, dimana orang-orang yang sama sekali tidak menyadari adanya pemerintahan dan politik

8 Partisipasi Politik Adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, Contoh : memilih pimpinan negara atau upaya- upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah. Kegiatan politik yang tercakup dalam konsep partisipasi politik mempunyai bermacam-macam bentuk dan intensitas. Kegiatan sebagai aktivitas politik ini mencakup antara lain menjadi pemimpin partai atau kelompok kepentingan.

9 Bentuk Piramida Partisipasi Politik

10 Bentuk Partisipasi Politik

11 Sosialisasi Politik Sosialisasi Politik ialah proses pembentukan sikap dan orientasi politik pada anggota masyarakat. Melalui proses sosialisasi politik inilah para anggota masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat.


Download ppt "BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakanbagian darikebudayaan masyarakat denganciri-ciri yang lebihkhas. Istilah budaya politik meliputi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google