Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 USULAN PENELITIAN Oleh Sukarna W. 2 1.Usulan yg memiliki permasalahan yang jelas, dpt diteliti, dan dpt dinyatakan dlm hipotesa shg tujuan yang dicapai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 USULAN PENELITIAN Oleh Sukarna W. 2 1.Usulan yg memiliki permasalahan yang jelas, dpt diteliti, dan dpt dinyatakan dlm hipotesa shg tujuan yang dicapai."— Transcript presentasi:

1 1 USULAN PENELITIAN Oleh Sukarna W

2 2 1.Usulan yg memiliki permasalahan yang jelas, dpt diteliti, dan dpt dinyatakan dlm hipotesa shg tujuan yang dicapai jelas pula. 2. Prosedur yg ditempuh jelas, dpt dimengerti, dpt dipahami dan dpt diimplementasikan 3. Respons thd kerangka acuan (TOR) dari pemberi kerja yg mengacu pada perenc dan bermaksud utk membantu berhasilnya target yg direncanakan. Hub antara TOR, proposal dan riset desain adalah, USULAN PENELITIAN

3 3 TOR Rancangan Penelitian Proposal

4 4 Permasalahan Dua masalah pokok dalam penel yaitu masalah ttg substansi (aspek substantif), dan masalah ttg operasionalisasinya (aspek metodologis). Masalah terjadi karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Bisa dikelompokan menjadi 3 kategori, yaitu : - Masalah filosofis - Masalah kebijakan - Masalah ilmiah

5 5 Masalah  Masalah Filosofis: jika gejala empirisnya tdk sesuai dgn pandangan hidup yg ada di masy spt hubungan sblm nikah  Masalah Kebijakan: jika perilaku tdk sesuai dgn norma yg diharapkan seperti BLT (bantuan langsung tunai)  Masalah dalam kategori ilmiah: jika kenyataan tdk sesuai dg teori ilmu penget spt teori hukuman dlm ilmu pendidikan

6 6 Masalah-masalah sosial *Masalah sosial seperti isu konflik yang bisa ditangkap dari kejadian yang ada dalam masyarakat. *Isu tsb bs diperoleh dr pengamatan langsung dan dari pokok pembicaraan yg ada/berkembang di masyarakat.

7 7 Masalah Ilmiah Berdasarkan isu, perlu diusahakan utk merumuskan masalah yg menjadi fokus penel. Di sini, pentingnya teori sbg acuan dalam melihat masalah. Bagan dibawah menunj perumusan msl dari isu yang ada.

8 8 Teori Isu Masalah Gejala Empiris

9 9 Lihat contoh-contoh berikut! 1. Permasalahan yang jelas ‘Faktor2 apa saja yg melatarbelakangi terjadinya konflik antara KPU dan Panwaslu Jateng pd Pemilu 2009? 2. Masalah yang jelas & menarik, ‘Apakah kecerdsan, penget, dan lingk, baik secara bersama mupun masing2 berpengaruh positif thd sikap ilmiah peneliti?

10 10 Idea Concept Paper (ICP) * Adalah penuangan ide ttg penel yg akan dilakukan secara ringkas sbg seleksi awal sbelum dirumuskan dlm usulan penel Menjadi komponen tersendiri sblm TOR& proposal * ICP wajib dibuat utk kegiatan baru. Berupa konsep yg perlu dibuat sehubungan dengan perubahan2 yg cepat terjadi di bidang iptek.

11 11 Target Usulan Penelitian Harus efektif dan efisien yaitu keberhasilan dalam mencapai target dengan pengorbanan yang minimal.

12 12 Langkah Pokok Usulan Penelitian Judul Permasalahan Input/masukan Alat Output/luaran

13 13 Pendekatan Penelitian 1.Pendekatan Kuantitatif, yaitu penel yg bersifat inheren yg lbh menkankan pd aspek kuantitatif dg uk biasanya angka2 atau nilai. 2.Penelitian Kualitatif yaitu penel eksploratif di mana uk yg digun bisanya dlm kua,itatif seperti baik, jelk, meninkat, turun dll.

14 14 Perbedaan antara kedua jenis penelitian ini ! KuantitatifKualitatif  Data bersifat kuantitatif  Analisis bersifat kuantitatif yg berupa model stat yg relatif baku  Sulit mengkajinya karena hrs menguasai stat/mat  Lebih bersifat inferens krn datanya kuantitatif  Sampel umumnya bersifat probablity sampling  Data bersifat kualit  Analisis bersifdesk ttg objek yg ditelilti  Mudah mengkajinya krn didasarkan pd fakta yg diperoleh dari lapangan  Lebih bersif interpretasi dr fakta yg dikumpulkan  Sampel ummnya puposive atau bsifat non-probsampling

15 15 Komponen Umum Us Penel Judul Abstrak Latar belakang Tujuan dan kegunaan Hipotesa Metodologi Daftar referensi Jadwal Pembiayaan Personalia.

16 16 Judul Hrs sesuai dgn TOR dan mengikuti aturan; ● tdk lebih dr 15 kata ● singkat, jelas & menggunakan kata kerja/benda ● dimengerti dan menarik pembaca Abstrak Adalah abstraksi dr penel yg akan dihasilk ● maksimum 5 baris ● singkat, padat dan jelas Latar Belakang Mengacu pada permasalahan yg dihadapi yg hrs dirumuskan dan dicarikan solusinya karena merupakan titik tolak penelitian.

17 17 Tujuan dan kegiatan Penelitian Adalah penjel ttg tuj penel. Sedangkan kegunaannya utk memberi masukan kpd pemberi kerja guna mengatasi permasalahan. Contoh tuj penel, –Untuk menget kinerja UKM di era ref –Untuk mengkaji hub antara pemberi dan penerima kredit UKM Kegunaan penelitian –Sbg masukan bagi pengambil kebijakan dibidang UKM ttg kinerja UKM –Bagi akademisi, sbg informasi awal utk penel selanjutnya.

18 18 Hipotesis - Pemberian kredit , kinerja UKM  –SDM UKM , kinerja UKM  Metodologi –Met yg digunakan: met pengump, pengol data dan luaran Daftar Referensi –Refer atau buku teks, hsl2 penel, tlsn ilm, tlsn popular dll Contoh yang memberikan informasi langsung: –Kamus: Webster’s Students Dictionary; English-Ind –Ensiklopedia, Buku Statistik Petunjuk tentang sumber informasi: –Buku Bibliografi: Bibliography of Publishing Research of World Employment Program, ILO –Journal Index, Journal Abstract.

19 19 Jadual Jelaskan jadwal penelitian ini berlangsung, apakah berjangka pendek (1-2 tahun) atau berjangka panjang (>3 tahun). Untuk 1 tahun umumnya dimulai dari 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember pada tahun yang sama. Pembiayaan Jelaskan juga biaya penelitian yang tergantung dari banyaknya materi yang diteliti, lama penelitian, dukungan personalia dan lainnya. Personalia Personalia penelitian harus relevan dengan substansi penelitian tersebut.

20 20 Faktor Penting Faktor penting dalam usulan penelitian adalah hubungan antara permasalahan, tujuan penelitian, hipotesis dan metodologi. Jadi empat faktor ini harus ada hubungannya. - Permasalahan: Sejauh mana hubungan antara X dan Y? -Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara X dan Y; - Hipotesis: X , maka Y  - Metodologi yg bersifat kuantitatif, yaitu pengumpulan data ttg X dan Y dalam angka/nilai.

21 21 Metodologi Penelitian  Sumber data Jelaskan sumber datanya  Pengumpulan dan Pengolahan Data Apakah dikumpulkan secara langsung (data primer) atau tidak (data skunder). Jelaskan pula cara pengambilan samplenya, serta penyajian dan pengolahan datanya.  Analisis Data Analisis data tergantung dari tujuan apakah kual atau kuant. Jika anal kual lebih bersifat interpretasi sedang anal kuant dg inferens krn datanya kuantitatif.

22 22  Referensi Sebutkan daftar acuan/ref dlm pembuatan uspro  Biaya Penelitian Tergantung dari besarnya anggaran yg disediakan pemberi kerja.  Personalia Sangat ditentukan oleh jenis penelitiannya. Di sini, SDMnya hrs sesuai dg bidangnya!  Jenis Usulan Penelitian 1.Jenis Kuantitatif Adalah uspel yg didasarkan pada data yang bersifat kuantitatif. Model ini dilak pd ilmu terapan. 2.Jenis Kualitatif Adalah uspel yg didasarkan pada fakta yg bersifat kualitatif yg umumnya tdp pada penel sosial.

23 23 Kriteria Pembuatan Usulan Penelitian Harus runtut, mulai dari judul, latar belakang hingga kebutuhan akan personalia guna mendukung sistematika dan berhasilnya penelitian tersebut.

24 24 Tugas tim: Buatlah satu usulan penelitian secara lengkap mulai dari judul hingga personalia pendukung. Tentukan topik, baik yg bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Diskusikan lbh dahulu dan gunakan instrumen penilaian untuk tugas akhir sbg upaya melakukan evaluasi diri dlm kelompok. Waktu penyelesaian: 2 hari. Sajikan hasil kelompok dalam pertemuan tatap muka.

25 25 Selamat Bekerja !!


Download ppt "1 USULAN PENELITIAN Oleh Sukarna W. 2 1.Usulan yg memiliki permasalahan yang jelas, dpt diteliti, dan dpt dinyatakan dlm hipotesa shg tujuan yang dicapai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google