Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Flowchart (Diagram Alur) Meta Meysawati. Definisi  Diagram alur dapat menunjukan secara jelas arus pengendalian Algoritma, yakni bagaimana rangkaian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Flowchart (Diagram Alur) Meta Meysawati. Definisi  Diagram alur dapat menunjukan secara jelas arus pengendalian Algoritma, yakni bagaimana rangkaian."— Transcript presentasi:

1 Flowchart (Diagram Alur) Meta Meysawati

2 Definisi  Diagram alur dapat menunjukan secara jelas arus pengendalian Algoritma, yakni bagaimana rangkaian pelaksanaan kegiatan.  Algoritma : prosedur yang mampu mendeteksi ada tidaknya solusi.  Maka, flowchart (diangram alur) merupakan salah satu penyajian Algoritma tersebut.  Suatu diagram alur memberikan gambaran 2 dimensi berupa simbol-simbol grafis yang mempunya fungsi.

3 Defini (lanj...) & Tujuan  Secara teori, flowchart (diagram alur) Adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.  Tujuan : (1) Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah, (2) Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas (3) Menggunakan simbol-simbol standar

4 Simbol-Simbol Flowchart Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok : 1) Flow direction symbols Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain (connecting line ) 2) Processing symbols Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses atau prosedur 3) Input / Output symbols Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.

5 Menghubungkan simbol satu dengan yang lain (connecting line )

6 Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses atau prosedur

7 Menunjukan media input atau output.

8 Model Flowchart Dalam penulisan Flowchart dikenal dua model, yaitu Sistem Flowchart dan Program Flowchart 1.System Flowchart : bagan yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output. Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah. Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk

9 Model Flowchart (lanjt...) 2.Program Flowchart : Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua jenis metode penggambaran program flowchart : 1) Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara global 2) Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci

10 Contoh System Fowchart

11

12 Contoh Program Flowchart

13 Pembuatan Flowchart 1)Digambarkan dari halaman atas ke bawah & dari kiri ke kanan. 2)Aktivitas (input, proses, output) harus didefinisikan dan mudah dipahami. 3)Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus jelas. Diawali dari satu titik “START” & diakhiri dengan “END”. 4)Tiap langkah harus diuraikan menggunakan kata kerja, mis : Menghitung luas segi3. 5)Harus sesuai urutan. 6)Simbol konektor WAJIB digunakan dan menggunakan simbol yang standar. Jika ada percabangan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama.

14 Contoh Flowchart untuk menentukan keputusan Anda pada saat akan pergi, jika hari hujan.

15 Contoh (lanjt....) Flowchart untuk menjumlahkan dua buah data.

16 Akumulator Akumulator merupakan tempat penampungan suatu nilai. Nilai yang masukakan dijumlahkan dengan nilai yang ada didalamnya. Sehingga akumulator dapat dipakai untuk menentukan nilai total dari penjumlahan suatu bilangan. Dalam implementasi bentuk flowchart, akumulator digambarkan dengan menggunakan symbol proses (persegi panjang) atau proses.

17 Akumulator (lanjt...) Misalnya untuk menghitung nilai total gaji pegawai maka dapat digambarkan sebagai berikut: TOTGAJI = TOTGAJI –GAJI Pada awal proses TOTGAJI bernilai 0. Pada waktu proses di atas dilaksanakan, besarnya nilai GAJI ditambahkan keakumulator TOTGAJI.

18 Tambahan 1.Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah: 2.START, berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan 3.READ, berisi instruksi kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input 4.PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca 5.WRITE, berisi instruksi untuk merekan hasil kegiatan ke peralatan output 6.END, mengakhiri kegiatan pengolahan

19 Kesimpulan 1)Flowchart = gambaran hasil analisa suatu permasalahan 2)Tidak ada kaidah khusus dalam pembuatannya 3)Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. 4)Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. 5)Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

20 Latihan 1.Buatlah Flowchart program yang dapat mengetahui apakah suatu bilangan yang dimasukkan merupakan sebuah bilangan genap, ganjil dan nol ? 2.Buatlah Flowchart program yang dapat mengetahui apakah suatu bilangan yang dimasukkan merupakan sebuah bilangan positif, negatif atau nol ?

21 3.Buatlah algoritma program untuk menghitung total pembayaran dari pembelianseorang pelanggan toko. Dalam masalah ini ada ketentuan, apabila pembelianpelanggan tersebut sama dengan atau melebihi , maka pelangganmendapat discount 10%, jika tidak pelanggan tersebut hanya mendapat discount5%. Gunakan struktur keputusan.


Download ppt "Flowchart (Diagram Alur) Meta Meysawati. Definisi  Diagram alur dapat menunjukan secara jelas arus pengendalian Algoritma, yakni bagaimana rangkaian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google