Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUB QUERY. Contents Definisi Sub Query 1 Sintaks Sub Query 2 Jenis-jenis Sub Query 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUB QUERY. Contents Definisi Sub Query 1 Sintaks Sub Query 2 Jenis-jenis Sub Query 3."— Transcript presentasi:

1 SUB QUERY

2 Contents Definisi Sub Query 1 Sintaks Sub Query 2 Jenis-jenis Sub Query 3

3 Definisi Subquery (disebut juga subselect atau nested select/query atau inner- select) adalah query SELECT yang ada di dalam perintah SQL lain— misalnya SELECT, INSERT, UPDATE, atau DELETE. Keberadaan subquery secara nyata mampu menyederhanakan persoalan- persoalan rumit berkaitan query data. Sebagai contoh, misal terdapat pernyataan sebagai berikut: “Dapatkan data mahasiswa yang alamatnya sama dengan mahasiswa dengan nim 104”

4 Sintaks

5 Jenis-jenis Sub Query 1.Scalar Sub Query Subquery baris tunggal (scalar) hanya mengembalikan hasil satu baris data. Operator  =, >, >=,.

6 Jenis-jenis Sub Query 2.Multiple-row Sub Query Subquery baris ganda (multiple-row) mengembalikan lebih dari satu baris data. Subquery baris ganda dapat menggunakan operator komparasi IN, ANY/SOME, atau ALL.

7 Operator Sub Query Operator IN Sama dengan member di dalam list. Operator ANY/SOME Membandingkan suatu nilai dengan setiap nilai yang dikembalikan oleh subquery.  Operator = ANY ekuivalen dengan IN.  Operator < ANY ekuivalen dengan MAX (kurang dari maks).  Operator > ANY ekuivalen dengan MIN (lebih dari min). Operator ALL Membandingkan suatu nilai dengan semua nilai yang dikembalikan oleh subquery.  Operator < ALL ekuivalen dengan MIN (kurang dari min).  Operator > ALL ekuivalen dengan MAX (lebih dari maks).

8 Jenis-jenis Sub Query 3.Multiple-column Sub Query Subquery kolom ganda (multiple-column) mengembalikan lebih dari satu baris dan satu kolom data.

9 Operator EXISTS Operator EXISTS dan NOT EXISTS digunakan pada correlated subquery untuk memeriksa apakah subquery mengembalikan hasil atau tidak. Apabila subquery mengembalikan hasil, EXISTS akan mengembalikan nilai true; begitu pula sebaliknya, jika tidak mengembalikan hasil. Contoh : SELECT * FROM mahasiswa WHERE EXISTS (SELECT kd_jur FROM jurusan WHERE kd_jur = mahasiswa.kd_jur);

10 Latihan NIMNAMAALAMATSEXKD_JUR 111IwanJl. BandungL1 112BudiJl. SurabayaL2 113WatiJl. SemarangP2 114RereJl. BogorL3 115MiraJl. BogorP4 116LalaJl. JakartaP6 117AgusJl. SurabayaL2 KD_JURNAMA_JUR 1T.Elektro 2T.Mesin 3T.Sipil 4T.Industri 5T.Arsitek MAHASISWA JURUSAN Tampilkan data mahasiswa yang memiliki kode jurusan selain kode jurusan dari mahasiswa yang memiliki nim = 112;

11 Soal... 1.Tampilkan data mahasiswa yang memiliki alamat sama dengan alamat mahasiswa dengan nim=114 2.Tampilkan data mahasiswa yang mempunyai nama dengan huruf terakhir sama dengan mahasiswa yang memiliki nim=112 3.Tampilkan data mahasiswa yang memiliki kode jurusan sama dengan kode jurusan yang ada di data jurusan (kerjakan dengan 3 cara yg berbeda)


Download ppt "SUB QUERY. Contents Definisi Sub Query 1 Sintaks Sub Query 2 Jenis-jenis Sub Query 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google