Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan."— Transcript presentasi:

1

2

3 Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar - benar terjadi dan bersifat obyektif.

4 Pendapat merupakan sikap, pandangan atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta dan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Baik berupa pertimbangan – pertimbangan maupun saran – saran. Pendapat sering disebut opini, gagasan atau argumentasi

5 Ciri – ciri fisik : -bisa jadi -sangat -tidak mungkin -sebaiknya -kata – kata yang menunjuk subjektivitas seseorang

6 Contoh Soal : 1.(1) Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (2) Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin.

7 (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang kaya untuk berpesiar

8 Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor... A. 1 B.2 C.3 D.4

9 2. (1) Akhir - akhir ini kita sering menyaksikan berbagai unjuk rasa lewat layar kaca. (2) Akibatnya di berbagai kota yang dijadikan ajang berunjuk rasa terganggu kelancaran lalu lintasnya

10 (3) Penyebab unjuk rasa itu sangat kompleks. (4) Jika unjuk rasa terus - menerus terjadi niscaya stabilitas kemanan, yang sangat didambakan setiap orang akan semakin tidak menentu.

11 Kalimat yang berupa pendapat pada paragraf di atas adalah nomor…. A.1 B.2 C.3 D.4

12 3. (1) Sidang pleno yang lalu berlangsung alot dan memanas. (2) Pernyataan wakil Ketua KPU, Adnan Buyung Nasution, yang dikutip pers sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri menyulut konflik.

13 (3) Mereka saling menyalahkan antar anggota KPU. (4) Mereka belum bersepakat.

14 Kalimat yang menyatakan “pendapat”dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor…. A.1 B.2 C.3 D.4

15 4. Kalimat yang menyatakan fakta terdapat pada … A. Penggunaan jasa angkutan udara dan laut dari Balikpapan dan Kalimantan Timur menuju Makassar pada Juni - Juli 2005 mencapai enam puluh ribu orang. B.Petugas Bandara Sepinggan memperkirakan dari tujuh ribu pengguna jasa angkutan udara 80% diantaranya pelajar dan mahasiswa.

16 c.Mereka biasanya menggunakan jasa penerbangan domestik dengan tujuan Surabaya untuk berlibur. D. Penerbangan Surabaya akan terasa lebih lama bila cuaca buruk.

17 A.1 B.2 C.3 D.4

18 5. Bacalah paragraf berikut dengan seksama ! (1) Buah mengandung banyak vitamin. (2) Selain itu, buah mengandung ber bagai jenis asam dan enzim yang dibutuhkan untuk tubuh dan keindahan kulit.

19 (3) Karena itu, sari buah - buahan banyak dipakai dalam produk kosmetik. (4) Dengan banyak makan buah – buahan, tubuh akan menjadi sehat.

20 Kalimat pendapat ditandai dengan nomor…. A.1 B.2 C.3 D.4

21 6. (1) Bahasa merupakan alat untuk komunikasi. (2) Seperti telah kita ketahui bahwa bangsa Indonesia sudah memiliki bahasa sendiri yaitu Bahasa Indonesia.

22 (3) Sesuai dengan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, bahasa yang satu adalah Bahasa Indonesia. (4)Hingga saat ini masih saja ada sekelompok orang yang menggunakan bahasa asing.

23 Kalimat yang berisi pendapat adalah…. A.1 B.2 C.3 D.4

24 7. Angin puting beliung melanda Desa Muarabatur Kecamatan Pembantu Jenawi, Ogan Komering Ilir, pada hari Selasa tanggal 28 Maret dini hari. Akibatnya 44 rumah porak poranda dan 11 warga mengalami cedera berat dan 7 warga luka sobek.

25 Meskipun belum ada angka resmi kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai jutaan rupiah. Jumlah warga yang tertimpa musibah belum diketahui dengan pasti. Mereka mengungsi kerumah – rumah penduduk di sekitarnya.

26 Informasi berupa fakta pada paragraf di atas adalah…. A. Rumah yang porak poranda berjumlah 44 rumah. B.Kerugian yang diderita mencapai jutaan rupiah C. Jumlah warga yang tertimpa musibah belum diketahui D.Musibah terjadi akibat angin puting beliung dini hari.

27 8.Bunga bangkai itu berbunga indah sekali… sementara di bagian tengah menjulang tinggi berwarna kuning kecemasan.

28 Kalimat berisi fakta yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…. A. Bentuknya besar baunya tak sedap B.Banyak orang yang kagum dengan bunga bangkai C.Kelompok bagian dalam berwarna merah luar kuning kehijauan. D.Bunga bangkai ini hanya dapat tumbuh di Indonesia.

29 9. Penyebaran penduduk yang tidak merata merupakan masalah yang harus dicarikan pemecahannya. Pulau Jawa yang luasnya kurang dari 7 % dari luas seluruh Indonesia dihuni oleh kurang lebih dua per tiga jumlah penduduk Indonesia. Melalui program KB dan Transmigrasi diharapkan kemakmuran rakyat dapat ditingkatkan.

30 Dalam paragraf di atas, kalimat yang merupakan pendapat adalah…. A. Penyebaran penduduk tidak merata. B. Pulau Jawa luasnya kurang lebih 7% dari luas seluruh Indonesia. C. Pulau Jawa dihuni oleh kurang lebih dua per tiga jumlah penduduk Indonesia. D. Melalui program KB dan transmigrasi diharapkan kemakmuran rakyat dapat ditingkatkan.

31 10. Kalimat fakta terdapat pada…. A. Menurut saya manusia harus saling menolong. B. Korban itu harus segera mendapat pertolongan. C. Korban kecelakaan setiap tahun bertambah. D.Alangkah baiknya bila korban itu segera ditolong.

32 KUNCI JAWABAN 1. B6. D 2. D 7. B 3. B 8. A 4. A 9. D 5. D10.C


Download ppt "Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google