Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FOTOSINTESIS. suatu proses tumbuhan-tumbuhan secara biokimia untuk menghasilkan energi / nutrisi dengan memanfaatkan energi cahaya matahari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FOTOSINTESIS. suatu proses tumbuhan-tumbuhan secara biokimia untuk menghasilkan energi / nutrisi dengan memanfaatkan energi cahaya matahari."— Transcript presentasi:

1 FOTOSINTESIS

2 suatu proses tumbuhan-tumbuhan secara biokimia untuk menghasilkan energi / nutrisi dengan memanfaatkan energi cahaya matahari.

3 JARINGAN DAUN

4 INPUT AND OUT PUT S OF THE PHOTOSINTHESIS PROCES

5

6 FAKTOR-FAKTOR MEMACU FOTOSINTESIS Cahaya Cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Intensitas cahaya yang tinggi akan membuat kegiatan fotosintesis menjadi efektif. Tahap Pertumbuhan Pada saat masih kecambah, tumbuhan lebih rajin fotosintesis daripada yang sudah besar karena yang sedang tumbuh butuh banyak energi untuk tumbuh membesar. Pigmen penyerapan cahaya Klorofil merupakan pigmen penyerapan cahaya. Untuk membuat klorofil, diperlukan ion magnesium yg diserap dari tanah

7 Kelembaban Uap air kurang, stomata menghambat pengikatan CO2 Photoperiodisitas = hari panjang, hari pendek

8 FAKTOR-FAKTOR MEMACU FOTOSINTESIS Suhu / Temperatur Mempengaruhi enzim untuk fotosintesis. Jika suhu naik 10'c, kerja enzim meningkat 2xlipat. (tapi hanya pada suhu tertentu, jika suhu terlalu tinggi, justru bisa merusak). Denaturasi enzim Kadar Fotosintat Apabila kadar hasil bentukan fotosintesis sedikit maka tumbuhan akan terangsang untuk melakukan fotosintesis lebih giat daripada ketika kadar fotosintat yang banyak. Ketersediaan CO2 dan air (H2O). Jika kekurangan air, stomata menutup sehingga menghalangi masuknya CO2. Semakin banyak gas karbon dioksida maka proses fotosintesis akan menjadi semakin baik. Jika faktor-faktor tersebut jumlahnya tak memadai atau tidak ada, maka proses fotosintesis akan terganggu.

9 PIGMEN FOTOSINTESIS KLOROFIL ---PIG HIJAU PADA TUMB ANTOSIAN==MERAH PD BUNGA DAN BUAH FIKOSILIN/FIKOSIANIN=== BIRU PD CYANOBACTERIA KAROTEN---ORANGE---WORTEL (PICTURE) FIOKERETRN (MERAH PADA RHODOPHYTA) FUKOXANTIN –COKLAT PADA PHAEOPHYTA)

10

11 KLOROPHYL

12

13

14 MEMBRAN KLOROPLAST

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25 SIKLUS BENSON CALVIN

26 FOTO PHOSPORLASI (NON CIKLIK)

27 CYCLIC HOTOPHOSPHORYLATION

28 PHOTOPHOSPORYLASI

29

30 DAUN C4 (DAUN JAGUNG)

31 PHOTORESPIRATION

32 ANATOMI DAUN C3 DAN C4

33 TERIMA KASIH Biologi, September 2011


Download ppt "FOTOSINTESIS. suatu proses tumbuhan-tumbuhan secara biokimia untuk menghasilkan energi / nutrisi dengan memanfaatkan energi cahaya matahari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google