Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Reproduksi Hewan By : Yusliadi, S.Pd. Standar kompetensi Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Reproduksi Hewan By : Yusliadi, S.Pd. Standar kompetensi Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada."— Transcript presentasi:

1 Reproduksi Hewan By : Yusliadi, S.Pd

2 Standar kompetensi Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme, serta kaitannya dengan lingkungan dan masyarakat.

3 Kompetensi Dasar Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cara reproduksi hewan

4 Reproduksi Vegetatif pada Hewan Ada 3 cara perkembangbiakan vegetatif pada hewan yaitu : - Pertunasan - Pembelahan Sel - Fragmentasi

5 Pertunasan Pertunasan atau sering kita sebut dengan bertunas, hewan yang berkembang biak dengan bertunas adalah hydra. Hewan ini membentuk tunas-tunas kecil pada bagian tubuhnya. Tunas tersebut akan patah dan menjadi individu baru.

6 Pembelahan Sel Pembelahan sel atau sering kita sebut dengan membelah diri. Hewan yang berkembang dengan membelah diri adalah Amoeba. Hewan ini membelah tubuhnya pada saat ingin berkembang biak menjadi 2 bagian. Kemudian masing- masing bagian itu akan membesar dan menjadi individu baru.

7 Fragmentasi Fragmentasi atau sering disebut dengan pemutusan bagian tubuh. Hewan yang berkembang biak dengan fragmentasi adalah planaria. Hewan ini memutuskan tubuhnya pada saat ingin berkembang biak menjadi 3 bagian. Kemudian masing- masing bagian tersebut akan tumbuh hingga sempurna dan menjadi 3 individu baru.

8 Reproduksi Generatif Pada Hewan Alat reproduksi generatif antara lain: pada hewan jantan : - Testis - Vas Diferens - Penis Pada hewan betina : - Ovarium - Tuba Pallopi - Uterus (Rahim) - Vagina

9 Pembentukan sel kelamin jantan Sel kelamin jantan disebut dengan Sperma. Sperma di bentuk didalam testis. Sperma baru dibentuk pada hewan jantan pada saat hewan tersebut sudah remaja (Pubertas). Testis menghasilkan sekitar sperma perdetik. Sperma yang dihasilkan dimatangkan di epididimis. Pematangan sperma memerlukan waktu sekitar 10 minggu Panjang sperma sekitar 0,05 mm dan sperma berenang dengan kecepatan sekitar 3 mm per jam.

10 Pembentukan sel kelamin betina Sel kelamin betina disebut dengan sel telur (Ovum). Sel telur dibentuk didalam ovarium. Sel telur hanya di produksi 1 buah dalam 1 bulan Sel telur yang sudah matang akan berenang melalui tuba pallopi menuju rahim dan menunggu sperma yang masuk untuk dibuahi. Apabila dalam jangka waktu 3 hari sel telur tidak dibuahi, maka sel telur tersebut akan membusuk dan keluar melalui vagina bersama darah lainnya (Endometrium), proses inilah yang disebut dengan menstruasi. Diameter sel telur adalah 0,1-0,2 mm, atau 50 kali lebih besar dari pada ukuran kepala sperma.

11 Proses pembuahan pada hewan Pembuahan pada hewan ada 2 yaitu : - Pembuahan di luar tubuh - Pembuahan didalam tubuh

12 Pembuahan di luar tubuh (Pembuahan Eksternal) Pembuahan di luar tubuh adalah pembuahan yang terjadi pada beberapa organisme seperti ikan dan katak Pada proses tersebut, sperma dan sel telur bertemu di luar tubuh

13 Pembuahan didalam tubuh (Internal) Pembuahan didalam tubuh adalah proses bertemunya sperma dengan sel telur didalam tubuh hewan betina. Pembuahan ini terjadi setelah sel kelamin jantan dimasukkan kedalam alat kelamin induk betina. Proses ini biasa terjadi pada hewan darat, seperti reptilia, burung dan mamalia. Kemungkinan sperma bertemu dengan sel telur sangat besar, karena keduanya berada dalam ruang terbatas.

14 S E K I A N Terima kasih atas perhatiannya


Download ppt "Reproduksi Hewan By : Yusliadi, S.Pd. Standar kompetensi Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google