Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Modul 15 Pasar Jakarta, 15 Agustus 2007 PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Asuransi Personal Tagor Aditya Michael Uktolseja, ST., AAIK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Modul 15 Pasar Jakarta, 15 Agustus 2007 PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Asuransi Personal Tagor Aditya Michael Uktolseja, ST., AAIK."— Transcript presentasi:

1 1 Modul 15 Pasar Jakarta, 15 Agustus 2007 PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Asuransi Personal Tagor Aditya Michael Uktolseja, ST., AAIK

2 2 15 Pasar. Tujuan belajar. Tujuan yang harus dicapai setelah mempelajari bab ini: mengilustrasikan saluran distribusi untuk asuransi personal; menjelaskan bagian-bagian komponen saluran distribusi dan peranan yang dimainkan setiap pihak yang ada di dalamnya ; merinci persyaratan dari pengaturan diri sendiri dan bagaimana GISC mendukung hal ini; mengilustrasikan relevansi teknologi informasi bagi pasar asuransi personal; menjelaskan implikasi perundang-undangan hak asasi manusia; menguraikan masa depan yang ada untuk asuransi personal.

3 3 15 Pasar. Materi. Materi 1.Saluran distribusi 2.Pengaturan diri sendiri 3.Teknologi informasi 4.Penipuan internasional 5.Perkembangan masa depan 6.Ringkasan

4 4 15 Saluran distribusi. Pembagian saluran distribusi dalam asuransi personal. Pembagian saluran distribusi dalam asuransi personal Saluran distribusi Saluran pemasaran langsungSaluran pemasaran tidak langsung Staf penjualan perusahaan Agen Home Service Pemasaran langsung BrokerKonsultanAgen langsung, apabila pegawai Penanggung yang menjual produk asuransi; dan tidak langsung, apabila perantara yang bukan pegawai Penanggung mengatur penjaminan atas nama Penanggung.

5 5 15 Saluran distribusi. Saluran pemasaran langsung. Saluran pemasaran langsung Pemasaran langsung merujuk pada semua situasi dimana calon tertanggung mendapatkan penawaran dan menerima suatu produk asuransi tanpa keterlibatan wawancara penjualan secara tatap muka. Misalkan: surat langsung; internet; iklan media cetak (dimana SPPA tercantum); televisi; radio; atau telesales.

6 6 15 Saluran distribusi. Saluran pemasaran langsung. Saluran pemasaran langsung ….. (lanjutan) Dalam rangka mencapai sukses, sistem informasi harus diperbaiki untuk memampukan: keputusan cepat didapat mengenai apakah berbagai risiko dapat diunderwrite; lebih banyak produk ‘tailor made’ yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan individu; penyesuaian cepat dari faktor rating untuk memampukan perhitungan penawaran premi secara on-line. Nasabah yang ada (existing customer) Dalam rangka memampukan ‘cross selling’ produk dengan membujuk nasabah untuk membeli jenis penjaminan asuransi yang lain, dilakukan analisa basis data nasabah dan mengidentifikasi segmen nasabah yang menjadi sasaran.

7 7 15 Saluran distribusi. Saluran pemasaran langsung. Saluran pemasaran langsung ….. (lanjutan) Calon nasabah baru Informasi calon nasabah dapat didapat dari berbagai sumber, tetapi untuk mengurangi biaya pemasaran perlu mengidentifikasi sasaran dulu. Apapun saluran komunikasi yang digunakan, setiap kampanye harus dimonitor untuk mengidentifikasi tingkat keberhasilan dan setiap pelajaran yang dapat digunakan untuk kampanye masa depan.

8 8 15 Saluran distribusi. Saluran pemasaran tidak langsung. Saluran pemasaran tidak langsung Agen Agen merupakan perantara yang bisnis utamanya bukan transaksi asuransi, dan termasuk agen perumahan, agen perjalanan dan profesi lain yang nasabahnya memiliki permintaan suatu jenis khusus asuransi. Broker/konsultan Keduanya beroperasi sebagai ahli yang bekerja penuh dalam asuransi dan dapat menawarkan berbagai produk asuransi dari berbagai perusahaan. Mereka biasanya menjadikan jenis bisnis ini sebagai akomodasi untuk nasabah besar atau spesialisasi dalam satu atau dua jenis asuransi. Mereka juga dapat menangani penerbitan polis dan penanganan klaim.

9 9 15 Saluran distribusi. Saluran distribusi alternatif. Saluran distribusi alternatif Building societies Building societies memberikan hipotik dan keterlibatan mereka dalam asuransi personal terutama dalam asuransi bangunan, karena mereka perlu untuk: memeriksa bahwa penjaminan cukup; memeriksa bahwa perusahaan asuransi yang bereputasi digunakan; mendapatkan komisi. Jenis asuransi personal lain yang dijual oleh building societies adalah asuransi jiwa yang berhubungan denganjumlah hipotik, asuransi isi, mortgagee guarantee insurance, creditor personal insurance.

10 10 15 Saluran distribusi. Saluran distribusi alternatif. Saluran distribusi alternatif …. (lanjutan) Bank Bank memiliki kekuatan besar dalam pasar asuransi personal dengan basis nasabah yang besar dan jaringan distribusi yang ekstensif untuk mengembangkan nasabah baru. Pengaturan pihak ketiga Pengaturan penyedia jasa dalam klaim juga dapat berlaku antara perusahaan asuransi dengan pihak ketiga seperti broker asuransi, building societies dan bank. Perusahaan asuransi mendelegasikan kepada perantara hak untuk menerbitkan polis, mengubah polis, menangani perpanjangan dan membayar klaim hingga jumlah tertentu. Komisi yang diberikan biasanya lebih tinggi daripada biasanya.

11 11 15 Saluran distribusi. Saluran distribusi alternatif. Saluran distribusi alternatif …. (lanjutan) Peritel Peritel dapat menawarkan extended warranty insurance pada saat menjual produknya. Mereka sekarang juga dapat menjual produk asuransi seperti asuransi rumah tangga dan kendaraan bermotor sebagai bagian dari brand products mereka, atau cross selling. Saluran ini dikenal dengan brandassurers, apabila peritel dan manufaktur menjual brand products yang diunderwrite oleh perusahaan asuransi. Agen dan operator perjalanan Ada tiga saluran distribusi utama untuk asuransi perjalanan, yaitu: operator perjalanan (penyedia paket liburan), agen perjalanan, dan penjualan di bandar udara. Pada saat ini bank dan building societies ikut berkompetisi dalam menjual asuransi perjalanan.

12 12 15 Pengaturan diri sendiri. General insurance standard council. General insurance standard council Merupakan suatu organisasi independen yang didirikan untuk meregulasi penjualan dan penasihat standar pelayanan bagi anggota, perantara dan agen atau setiap orang yang bertindak untuk mereka. Maksud utamanya adalah untuk memastikan bahwa nasabah asuransi personal diperlakukan secara adil. Private customers’ code Menetapkan standar minimum praktek yang baik yang harus diikuti oleh semua angota GISC ketika menangani nasabah pribadi. Ini memberikan perlindungan kepada nasabah dan menyatakan: bagaimana perusahaan asuransi, perantara dan agen dan setiap pihak yang bertindak atas nama mereka menangani nasabah; Informasi yang harus diterima nasabah sebelum membeli asuransi; bagaimana asuransi nasabah harus ditangani apabila telah berlaku.

13 13 15 Pengaturan diri sendiri. General insurance standard council. Produk asuransi yang termasuk dalam GISC kendaraan bermotor; asuransi rumah – banguan dan isi; karavan, hewan peliharaan dan harta benda lain; perjalanan; kesehatan dan dokter gigi pribadi; kecelakaan diri; extended warranty & breakdown; biaya hukum; asuransi perlindungan pembayaran untuk hipotik dan pinjaman lain.

14 14 15 Teknologi informasi. Pentingnya teknologi informasi. Pentingnya teknologi informasi Teknologi informasi telah mengubah secara dramatis cara informasi tersedia, diproses, dan didistribusi ke seluruh organisasi. Penggunaan sistem terintegrasi telah memperkuat saluran komunikasi dan menghilangkan semua penghalang fungsional. Dalam asuransi personal ini berart bahwa departemen-departemen seperti bisnis baru, administrasi polis, jaringan cabang, klaim, dan underwriting saling berhubungan dan memiliki akses atas informasi nasabah yang memampukan individu untuk mendapatkan wewenang dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih efisien kepada nasabah mereka.

15 15 15 Teknologi informasi. Jaringan. Jaringan Centralised information processing Prosedur ini memanipulasi dan menyimpan informasi dalam satu unit pemroses yang tersentralisasi. Ini menggunakan komputer besar, berlokasi secara terpusat dan diakses dengan sistem batch atau teleprocessing. Local area networks (LANs) LAN merupakan suatu jaringan komunikasi yang beroperasi dalam jarak yang terbatas, biasanya dalam perusahaan asuransi personal. LAN menghubungkan sejumlah komputer yang dikendalikan oleh suatu fileserver. Wide area networks (WANs) WAN beroperasi dalam skala yang lebih besar daripada LAN dan menghubungkan beberapa lokasi atau negara dengan sistem telepon.

16 16 15 Teknologi informasi. Jaringan. Jaringan …… (lanjutan) Electronic Data Interchange (EDI) Fasilitas ini membuat perusahaan dapat bertukar informasi secara elektronik, dengan menghubungkannya dengan Value-Added Network (VAN) yang tersedia secara komersial. Remote Access Channels Jaringan terus berkembang secara konstan dan semakin baik dan dengan penggabungan telepon dan komputer telah memberikan Internet. Penggunaan internet yang umum adalah , penarikan informasi dan akses terhadap kekuatan komputer yang jauh. Keamanan dan internet Walaupun memberikan peluang baru juga mengandung lingkungan yang tidak aman dan penting bagi perusahaan asuransi untuk mengembangkan dan menerapkan panduan keamanan untuk meminimisasi risiko informasi yang ditransfer secara elektronik diganggu, dimodifikasi atau dirusak.

17 17 15 Teknologi informasi. Penggunaan teknologi dan manajemen sistem informasi. Penggunaan teknologi dalam proses klaim Teknologi telah membuat proses pengelolaan klaim asuransi lebih mudah. Penggunaan dokumen yang dipindai (scanned) dalam menyimpan data dan penggunaan perekaman pembicaraan via telepon dengan nasabah (harus diberitahu terlebih dahulu) merupakan contohnya. Manajemen sistem informasi Manajemen sistem informasi digunakan untuk maksud perencanaan dan pengendalian, seperti pengembangan produk asuransi, pertimbangan harga, perkiraan permintaan, perencanaan sumber daya, pengendalian kualitas, manajemen klaim dan aktivitas lain dalam perusahaan. Informasi adalah ‘darah kehidupan’ setiap organisasi dan perusahaan asuransi harus memiliki kebijakan perusahaan mengenai penggunaan dan keamanan sistem komputer mereka.

18 18 15 Teknologi informasi. Automatic call distribution. Automatic Call Distribution ACD membuat suatu volum telepon masuk yang besar dapat diarahkan kepada sekelompok pesawat telepon yang ditugaskan untuk menjawabnya. Telepon didistribusikan ke sejumlah pesawat telepon yang tersedia. Telepon yang tidak diangkat akan ‘mengantri’ dan apabila ada pesawat telepon yang tersedia, maka telepon yang menunggu paling lama akan masuk.

19 19 15 Penipuan internasional. Penipuan internasional. Penipuan internasional Penipuan menghabiskan ekonomi bangsa, termasuk biaya dalam asuransi kendaraan bermotor yang dicuri di pasar internasional, mencapai jumlah sekitar £2 milyar dalam satu tahun. Contoh penipuan asuransi internasional: Skandal Dia Ichi Kyto Re, yang merupakan perusahaan reasuransi yang mengatakan bahwa mereka dibiayai 70 dana pensiun di Jepang. Kenyataannya, tidak ada dana yang tersedia dan lebih dari enam tahun perusahaan mendapatkan kepercayaan sebelum akhirnya hancur. Briton mendirikan suatu web untuk perusahaan asuransi gadungan yang beroperasi dari Miami. Perusahaan itu akhirnya runtuh dan penipunya dihukum penjara untuk jangka waktu yang lama.

20 20 15 Perkembangan masa depan. Titik penjualan dan brandassurer. Titik penjualan Merupakan persyaratan standar bahwa dalam memenuhi kebutuhan nasabah, perusahaan asuransi dan pihak ketiga memiliki sistem yang komprehensif untuk melakukan fungsi front office dan back office secara efisien. Nasabah juga ingin memiliki banyak pilihan dalam menghubungi perusahaan asuransi, misalkan secara elektronik, dengan telepon, tatap muka, atau melalui pos. Brandassurer Merupakan saluran distribusi yang tumbuh paling cepat dan diperkirakan bahwa banyak peluang untuk perusahaan asuransi yang inovatif untuk mengeksploitasi area ini.

21 21 15 Perkembangan masa depan. Pengembangan produk dan strategi untuk mengurangi kompetisi. Pengembangan produk Peluang yang tumbuh bagi perusahaan asuransi adalah asuransi perjalanan dan asuransi personal yang berhubungan dengan rumah. Perusahaan asuransi mendapatkan bahwa nilai tambah diperoleh dengan membuat produk mereka dalam bentuk paket, sehingga nasabah dapat melakukan ‘one stop shopping’. Strategi untuk mengurangi kompetisi Merger, akuisisi dan outsourcing akan terus menjadi strategi yang layak hingga jumlah perusahaan asuransi berkurang dan mencapai jumlah optimum.


Download ppt "1 Modul 15 Pasar Jakarta, 15 Agustus 2007 PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Asuransi Personal Tagor Aditya Michael Uktolseja, ST., AAIK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google