Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks. Apa yang Dimaksud Dengan Kalimat? Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks. Apa yang Dimaksud Dengan Kalimat? Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna."— Transcript presentasi:

1 Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

2 Apa yang Dimaksud Dengan Kalimat? Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna baru Ciri-ciri kalimat yaitu: 1. Berunsurkan bunyi (intonasi) 2. Berunsurkan kata (kelompok kata) 3. Mengandung makna struktural 4. Berunsurkan situasi

3 Macam-macam kalimat Ada 3 macam kalimat yaitu : Kalimat Imperatif Kalimat Deklaratif Kalimat introgatif

4 Kalimat Imperatif Kalimat imperatif Adalah kalimat yang isinya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu Fungsi : meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu

5 Ciri-ciri kalimat perintah adalah sebagai berikut; 1. Isinya perintah untuk melakukan sesuatu 2. Intonasinya perintah (nadanya agak naik sedikit) 3. Tanggapannya dalam, bentuk perbuatan 4. Dalam tulisan diakhiri dengan tanda seru (!)

6 Macam-macam kalimat perintah/imperatif Perintah biasa:Usirlah anjing itu! Permintaan: Coba ambilkan majalah itu! Ajakan:Marilah kita berangkat sekarang! Syarat: Tanyakan kepadanya, tentu ia mau menerangkannya! Ejekan/cemooh: Buatlah sendiri jika engkau bisa! Larangan: Janganlah merokok di sini!

7 1. Siapkanlah peralatan tulis! 2. Periksalah kelengkapan soal dan lembar jawaban! 3. Isilah identitas dengan lengkap dan benar! 4. Kerjakanlah soal dengan teliti dan jujur! 5. Periksalah kembali tugas anda setelah selesai!

8 Kalimat Deklaratif Kalimat Deklaratif Adalah kalimat yang isinya memberikan sesuatu kepada pembaca atau pendengar Fungsi : Memberikan informasi tentang sesuatu Ciri-ciri kalimat berita adalah sebagai berikut; a.Isinya memberikan sesuatu b.Intonasinya netral (nada suara berakhir turun) c. Tanggapan pembaca tahu pendengar tidak ada d.Dalam tulisan diawali dengan huruf kapital dan diakhir dengan titik.

9 1. Siswa membawa peralatan tulis yang diperlukan 2. Siswa memeriksa kelengkapan soal dan jawaban 3. Siswa mengisi identitas dengan lengkap dan benar. 4. Siswa mengerjakan soal dengan teliti dan jujur 5. Siswa memeriksa kembali tugas mereka yang sudah selesai

10 Kalimat Introgatif Kalimat Introgatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan Fungsi : meminta informasi tentang sesuatu Pada garis besarnya kalimat tanya itu ada dua macam: 1) kalimat tanya total, yaitu kalimat tanya yang jawabannya ya atau tidak. 2) kalimat tanya parsial, yaitu kalimat tanya yang jawabannya ditentukan oleh kata tanyanya.

11 CIRI-CIRI KALIMAT TANYA Ciri-ciri kalimat tanya; 1.Isinya menanyakan sesuatu 2. Intonasinya tanya (naik pada akhir kalimat) 3. Tanggapannya berupa jawaban 4. Dalam bahasa tulis di akhiri dengan tanda tanya (?)

12 Cara membentuk kalimat tanya total dan parsial Cara membentuk kalimat tanya total ada empat cara, yaitu; 1. Dengan menambahkan apakah, contoh; Apakah Anda sakit? 2. Dengan menambahkan partikel –kah, contoh; Sakitkah Anda? 3. Dengan mengubah intonasinya, contoh; Anaknya malas? 4. Dengan menambah kata bukan, ya, belum, tidak, contoh; Dia sakit, bukan? Cara membentuk kalimat tanya parsial ialah dengan menambahkan kata tanya apa (siapa, berapa, kapan, apabila) dan mana (di mana, ke mana, dari mana, bagaimana, bila mana), contoh; 1. Siapa yang dicarinya? 2. Apa yang dikehendakinya? 3. Kapan peristiwa itu terjadi?

13 1.Apakah siswa telah menyiapkan peralatan tulis? 2.Apakah siswa telah memeriksa kelengkapan soal dan jawaban? 3.Apakah siswa sudah melengkapi identitas? 4.Dapatkah siswa mengerjakan soal dengan jujur? 5.Apakah siswa telah memeriksa kembali jawaban mereka masing-masing?

14 Struktur Teks Prosedur Kompleks Langkah- langkah Tujuan

15 1.Tujuan tujuan adalah maksud yang ingin kita capai dari suatu hal contoh : berikut ini hal yang harus anda lakukan ketika mengikuti ujian. Dengan memperhatikan hal tersebut anda dapat mengerjakan ujian dengan baik dan lancar

16 Langkah-Langkah 1.Langkah-langkah adalah susunan tatacara untuk mencapai tujuan Contoh : pertama, siapkan peralatan tulis Kedua, periksalah kelengkapan lembar soal dan jawaban Ketiga, isilah identitas dengan lengkap dan benar Keempat, kerjakan soal dengan teliti dan jujur Kelima, periksa kembali pekerjaan anda

17 Kesimpulan 1.Teks prosedur kompleks harus mempunyai syarat/pilihan yang jika tidak terpenuhi akan menghasilkan hasil yang tidak maksimal 2.Teks prosedur sederhana tidak memiliki syarat atau pilihan tertentu namun harus urut

18 Terima Kasih Atas Perhatiannya


Download ppt "Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks. Apa yang Dimaksud Dengan Kalimat? Kalimat adalah kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google