Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan rekening.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan rekening."— Transcript presentasi:

1 Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan rekening yang harus didebet dan dikredit beserta rupiahnya masing-masing.

2 1. Jurnal merupakan alat pencatatan yang dapat menggambarkn pos-pos yang terpengaruh oleh suatu transaksi. 2. Alat pencatatan yang memberi gambaran secara kronologis (menurut urutan waktu terjadi transaksi), sehingga dapat memberi gambaran yang lengkap tentang seeluruh transaksi perusahaan berdasarkan urut-urutan kejadiannya.

3 3.Jurnal dapat dipecah-pecah menjadi beberapa jurnal khusus yang dikerjakan oleh beberapa orang secara bersamaan. 4.Jurnal menyediakan ruang yang cukup untuk keterangan transaksi. 5.Apabila transaksi dicatat secara langsung ke buku besar dan terjadi kesalahan dalam mencatatnya, maka letak kesalahanq tersebut di buku besar akan sulit ditemukan.

4  Contoh:  Tanggal 1 april Budi mempunyai kekayaan berupa uang tunai Rp ,00 piutang Rp ,00 perlengkapan Rp ,00 dan mesin cetak seharga R ,00 Tanggal 2 april dibayar tunai kontrak gedung sebesar Rp ,00 untuk tiga bulan. Tanggal 3 april dibeli mesin cetak baru secara kredit dari PT merbabu, semarang seharga Rp ,00

5  Tanggal 4 april diterima pembayaran dari debitur sebesar Rp50.000,00 Tanggal 6 dibayar biaya advertensi pada harian pembangunan, jakartaRp15.000,00  Tanggal 10 dibayar uatang kepada PT.Merbabu, semarang Rp ,00  Tanggal 13 Dibayar gaji pegawai selama 2 minggu Rp ,00  Tanggal 16 diterima uang dari hasil penyerahan pesananan barang cetakan sebesar Rp ,00  Tanggal 20 dibeli perlengkapan untuk kebutuhan percetakan seharga Rp ,00 secara tunai

6  Tanggal 27 dibayar gaji pegawai selama dua minggu Rp ,00  Tanggal 30 dibayar rekening telepon bulan april sebesar Rp 2.000,00  Tanggal 30 diterima uang hasil penyerahan pesanan barang cetakan sebesar Rp ,00  Tanggal 30 diserahkan pesanan barang-barang cetakan seharga Rp ,00  Tanggal 30 dibayar rekening listrik bulan april Rp 1.000,00  Tanggal 30 Budi mengambil uang dari perusahaan sebanyak Rp 5.000,00 untuk keperluan pribadi


Download ppt "Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan rekening."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google