Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 3 RECORD. RECORD Sebuah Record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 3 RECORD. RECORD Sebuah Record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3 RECORD

2 RECORD Sebuah Record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut sebagai field dari record. Field dipanggil dengan menggunakan namanya masing-masing. Suatu field dapat terdiri atas beberapa subfield. KONSEP POINTER DAN LINKED LIST Untuk mengolah data yang banyaknya tidak bisa ditentukan sebelumnya, maka disediakan satu fasilitas yang memungkinan

3 untuk menggunakan suatu perubah yang disebut dengan perubah dinamis (Dinamic variable), yaitu suatu perubah yang akan dialokasikan hanya pada saat diperlukan, yaitu setelah program dieksekusi. Dengan kata lain, pada saat program dikompilasi, lokasi untuk perubah tersebut belum ditentukan. Pada perubah statis, isi Memory pada lokasi tertentu (nilai perubah) adalah data sesungguhnya yang akan diolah. Pada perubah dinamis, nilai perubah adalah alamat lokasi lain yang menyimpan data sesungguhnya. Dengan demikian data yang sesungguhnya dapat dimasukkan secara langsung.

4 Dalam hal cara pemasukkan data dapat diilustrasikan seperti Gambar (a) dan (b) dibawah ini. DEKLARASI POINTER DAN ALOKASI TEMPAT Dalam bahasa pemrogramman Pascal Type Data Pointer biasanya dideklarasikan pada bagian Deklarasi Type. Bentuk Umum Deklarasi Pointer :

5 Tanda ^ di depan nama Simpul harus ditulis seperti apa adanya dan menunjukkan bahwa pengenal adalah suatu Type Data Pointer. Type Data Simpul yang dinyatakan dalam Tipe dapat berupa sembarang Type Data, misalnya Char, Integer dan Real. Contoh :

6 Type Str30 = String[30]; Point = ^Data; Data = Record; Nama_peg : Str30; Alamat : Str30; Pekerjaan : Str30; End; OPERASI PADA POINTER Pertama kali yang harus dilakukan adalah mendeklarasikan Type Pointernya, yaitu : TypeSimpul = ^Data; Data = Record; Nama : String; Alamat : String; Berikut : Simpul; End; Var T1,T2 : Simpul;

7 MENGHAPUS POINTER Pointer yang telah dialokasikan (dibentuk) dapat didealokasikan (dihapus) kembali pada saat program dieksekusi. Setelah suatu Pointer dihapus, maka lokasi yang semula ditempati oleh simpul yang ditunjuk oleh Pointer tersebut akan bebas, sehingga dapat digunakan oleh perubah lain. Statemen untuk menghapus Pointer adalah Dispose, yang mempunyai bentuk umum : Dispose (perubah) Dengan perubah adalah sembarang perubah yang bertype Pointer. Sebagai contoh, dengan menggunakan deklarasi :

8

9 Pada suatu saat, simpul yang ditunjuk oleh Pointer Murid1 tidak digunakan lagi, maka dapat dihapus dengan menggunakan statemen : Dispose (Murid1); Demikian penjelasan tentang perubah dinamis yang lebih dikenal denagn sebutan Pointer. LINKED LIST (LINKED LIST) Salah satu Struktur Data Dinamis yang paling sederhana adalah Linked List atau Struktur Berkait atau Senarai Berantai, yaitu suatu kumpulan komponen yang disusun secara berurutan dengan bantuan Pointer.

10 Linked List (Senarai Breantai) disebut juga dengan Senarai Satu Arah (One-Way List). Masing-masing komponen dinamakan dengan Simpul (Node). Dengan demikian, setiap simpul dalam suatu Linked List terbagi menjadi dua (2) bagian. a) Medan Informasi, berisi informasi yang akan disimpan dan diolah. b) Medan Penyambung (Link Field), berisi alamat berikutnya. Bernilai 0, Jika Link tersebut tidak menunjuk ke Data (Simpul) lainnya. Penunjuk ini disebut Penunjuk Nol. Linked List (Senarai Breantai) disebut juga dengan Senarai Satu Arah (One-Way List). Masing-masing komponen dinamakan dengan Simpul (Node). Dengan demikian, setiap simpul dalam suatu Linked List terbagi menjadi dua (2) bagian. a) Medan Informasi, berisi informasi yang akan disimpan dan diolah. b) Medan Penyambung (Link Field), berisi alamat berikutnya. Bernilai 0, Jika Link tersebut tidak menunjuk ke Data (Simpul) lainnya. Penunjuk ini disebut Penunjuk Nol.

11 Selain jenis struktur terkait yang telah disebutkan diatas ada beberapa jenis Struktur Berkait yang lain seperti Linked-Stack, Linked-Queue, Doubly Linked-List, Linked Centralize-List dan sebagainya.

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24 Procedure Balik_Pointer(Var Awal,Akhir : Simpul); Var Bantu,Bantu : Simpul; Begin Bantu := Awal; Awal := Akhir; {* Proses membalik Pointer *} Repeat Bantu_1:= Bantu; {* Mencari simpul sebelum simpul yang di tunjuk oleh Pointer Akhir *} While Bantu_1^.Berikut<> Akhir Do Bantu_1:= Bantu_1^.Berikut; Akhir ^.Berikut := Bantu_1; Akhir := Bantu_1; Until Akhir = Bantu; Akhir^.Berikut := Nil; End;

25

26


Download ppt "Pertemuan 3 RECORD. RECORD Sebuah Record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google