Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi SAMPAH : Semua jenis buangan yang bersifat padat atau semi padat yang dibuang karena tidak dipergunakan untuk tidak diinginkan (Tchobano Glous)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi SAMPAH : Semua jenis buangan yang bersifat padat atau semi padat yang dibuang karena tidak dipergunakan untuk tidak diinginkan (Tchobano Glous)"— Transcript presentasi:

1 Definisi SAMPAH : Semua jenis buangan yang bersifat padat atau semi padat yang dibuang karena tidak dipergunakan untuk tidak diinginkan (Tchobano Glous) Sesuatu yang tidak dapat digunakan, dibuang, yang berasal dari kegiatan atau aktivitas manusia (A.P.H.A) Sebagian dari benda atau hal-hal yang dipandang tidak digunakan, tidak disenangi atau dibuang, sisa aktifitas kelangsungan hidup manusia (ilmu kesehatan lingkungan)

2 Dari definisi tersebut, mengandung prinsip : Adanya suatu benda / zat (bahan) Berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan aktifitas manusia Merupakan benda atau bahan yang tidak dipakai lagi, tidak disenangi.

3 Pengelolaan Persampahan Kegiatan yang berhubungan dengan penanganan sampah disumbernya, penyimpanan, pengumpulan, transfer/transport, proses dan penyingkiran, dengan memperhatikan aspek- aspek : Kesehatan masyarakat Ekonomi - sosial Teknologi Estetika

4 Pengertian - pengertian  Sampah adalah limbah yang bersifat padat terdiri dari zat organik dan anorganik yang dianggap tidak berguna lagi dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan sekitarnya.  Timbulan sampah adalah banyaknya sampah yang dihasilkan per orang/hr dalam satuan volume maupun berat.  Pewadahan sampah adalah cara penampungan sampah sementara di sumbernya baik individual atau komunal.

5 Pengertian – pengertian : Pengumpulan sampah adalah proses penanganan sampah dengan cara mengumpulkan dari masing - masing sumber sampah untuk diangkut ke tempat pembuangan sementara atau langsung ke tempat pembuangan akhir tanpa melalui proses pemindahan. Pengumpulan sampah adalah proses penanganan sampah dengan cara mengumpulkan dari masing - masing sumber sampah untuk diangkut ke tempat pembuangan sementara atau langsung ke tempat pembuangan akhir tanpa melalui proses pemindahan. Pemindahan sampah adalah tahap memindahkan sampah hasil pengumpulan ke dalam alat pengangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir. Pemindahan sampah adalah tahap memindahkan sampah hasil pengumpulan ke dalam alat pengangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir. Pengolahan sampah adalah suatu upaya untuk mengurangi volume sampah atau merubah bentuk menjadi lebih bermanfaat antara lain dengan cara pengomposan, pengeringan, dan pendaur ulangan. Pengolahan sampah adalah suatu upaya untuk mengurangi volume sampah atau merubah bentuk menjadi lebih bermanfaat antara lain dengan cara pengomposan, pengeringan, dan pendaur ulangan. Pembuangan akhir sampah adalah tempat untuk menyingkirkan ( tahap akhir pengelolaan ) Contoh : TPA Sukolilo dan TPA Benowo Surabaya. Pembuangan akhir sampah adalah tempat untuk menyingkirkan ( tahap akhir pengelolaan ) Contoh : TPA Sukolilo dan TPA Benowo Surabaya.

6 Sumber sampah : Permukiman Perdagangan / komersial Industri Pertanian Pengolahan limbah

7 Jenis sampah Sampah makanan (garbage) disebut juga sampah organik Sampah anorganik (rubbish) Sampah domisili / konstruksi Sampah khusus Sampah pertanian Sampah dari pengolahan limbah

8 Komposisi FISIK: identik dengan jenis, bergantung pada lokasi, musim, tingkat ekonomi FISIK: identik dengan jenis, bergantung pada lokasi, musim, tingkat ekonomi KIMIA:dengan melakukan analisis kimia (unsur C, H, O, N, S, dan P) KIMIA:dengan melakukan analisis kimia (unsur C, H, O, N, S, dan P)

9 Penyimpanan sementara & Pengumpulan Tidak menimbulkan gangguan sekitar : bau, dsb Lokasi Konstruksi Transfer Depo System transportasi - HCS (Hauled Conteiner System) - SCS (Stationary Conteiner System) PROSES - Kompos - Daur ulang

10 Pemusnahan / Penyingkiran Final Disposal Insenerasi efisiensi jenis-jenis Land filling Perencanaan lahan (perkiraan kebutuhan) Pengoperasian Pengelolaan lindi (leachate)


Download ppt "Definisi SAMPAH : Semua jenis buangan yang bersifat padat atau semi padat yang dibuang karena tidak dipergunakan untuk tidak diinginkan (Tchobano Glous)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google