Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
Juli • Agustus • September • 2013 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx KEBANGUNAN & PEMBARUAN Mark Finley 2013 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 Kebangunan & Pembaruan
Pendahuluan Umum Dalam setiap generasi, Roh Allah berusaha untuk membawa kebangunan ke dalam hati umat-Nya. Kebanngunan adalah sebuah proses, pengalaman setiap hari... Inisiatif kebangunan adalah milik-Nya. Roh-Nya menciptakan kerinduan dalam diri kita. Roh-Nya menginsafkan kita akan kebutuhan kita. Roh-Nya menyatakan kebaikan dan anugerah Yesus Kerinduan hati Allah bagi Israel adalah agar Israel memenuhi syarat-syarat dari kebangunan rohani, mengalami kuasa kebangunan, dan menyatakan terang kasih-Nya ke seluruh dunia.  

6 Kebangunan & Pembaruan
Pendahuluan Umum Ellen G. White menjelaskan pentingnya kebangunan dalam kata-kata berikut: “Sebuah kebangunan kesalehan sejati di antara kita adalah yang terbesar dan paling mendesak di antara semua kebutuhan-kebutuhan kita.” (Selected Messages, Jld. 1, hlm. 121) Pelajaran Triwulan ini berfokus pada beragam aspek dari kebangunan dan pembaruan

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Agar masing-masing kita mau membuka hati bagi pergerakan Roh Allah, meminta agar Allah melalui Roh-Nya melakukan sesuatu yang khusus di dalam hidup kita hari demi hari. Dengan mempelajari Sekolah Sabat Triwulan ini diharapkan masing-masing kita mengalami Kebangunan dan Pembaruan melalui menerima kehadiran Roh-Nya.

8 Kebangunan & Pembaruan
Daftar Isi: 1. Kebangunan: Kebutuhan Kita yang Besar 2. Doa: Denyut Nadi Kebangunan 3. Firman: Dasar dari Kebangunan 4. Bersaksi dan Melayani: Buah dari Kebangunan 5. Penurutan: Buah dari Kebangunan 6. Pengakuan dan Pertobatan: Syarat-syarat Kebangunan 7. Persatuan: Pengikat Kebangunan 8. Kearifan: Pelindung Kebangunan 9. Pembaruan: Hasil dari Kebangunan 10. Pembaruan: Keinginan untuk Bertumbuh dan Berubah 11. Pembaruan: Memikirkan Gagasan-gagasan Baru 12. Pembaruan: Memulihkan Hubungan-hubungan yang Rusak 13. Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai

9 Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai
Pelajaran 13 Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai

10 Kata-kata Pembuka Ketika Yesus naik ke surga, Ia menjanjikan kepada murid-murid-Nya karunia Roh Kudus untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia. Kata-kata Yesus dipenuhi pada hari Pentakosta dan membuat gereja Kristen, mereka akan terpenuhi dalam jumlah besar di akhir zaman gereja-Nya melalui pencurahan Roh Kudus dalam hujan akhir.

11 Tujuan Pelajaran Untuk menekankan kepada anggota kelas SS, meskipun tugas penginjilan yang diberikan kepada gereja itu besar, namun kuasa Allah lebih besar. Allah rindu untuk mencurahkan Roh-Nya kepada gereja setempat untuk memberdayakan anggota gereja agar dapat membagikan kasih Yesus dalam komunitas Anda.

12 Ayat Hafalan “Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!” Yakobus 5:7,8

13 Pengantar Meskipun Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh bertumbuh dengan cepat, itu tidak seimbang dengan jumlah penduduk. Ada banyak wilayah-wilayah di dunia di mana nana “Gereja Masehi AdventHari Ketujuh” (apalagi pekabaran kita) tidak diketahui. Apakah mungkin bagi Injil untuk dikabarkan ke seluruh dunia dalam generasi sekarang?

14 Pengantar Selalu ada sau hal yang tersimpan dalam pikiran ketika kita membahas topik ini: Misi ini adalah misi Allah, Ia akan menyelesaikannya. Pada saat yang sama, bagaimanapun juga, kita harus mengingat bahwa kita juga telah dipanggil kepada peranan yang sangat penting dalam pekerjaan terakhir itu.

15 Understand the purposes of marriage
Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai Selayang Pandang b 1. Kekuatan Allah Dilepaskan (Matius 28:18-20) 2. Umat Allah Disiapkan (Matius 3:11) 3. Janji Allah Dipenuhi (Wahyu 19:19-21)

16 Understand the purposes of marriage
Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai b 1. Kekuatan Allah Dilepaskan (Matius 28:18-20)

17 Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai 1
Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Matius 28:18-20 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

18 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Kuasa yang Dijanjikan
Amanat Agung Kristus dalam Matius 28:18-20 diserta dengan janji Agung-Nya. Para murid berkhotbah bukan di dalam kekuatan mereka tetapi di dalam Kristus. Kristus berjanji kepada para murid-Nya bahwa Ia akan “mengirim...apa yang dijanjikan Bapa” dan mereka akan menerima “kuasa dari tempat tinggi” (Luk. 24:49). Juruselamat menambahkan, “... kamu akan menerima kuasa, ... Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem, ... Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kis. 1:8). 

19 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Kuasa yang Dijanjikan
Tidak peduli betapa menantangnya tugas itu, janji Allah adalah pasti. Pernyataan Yesus bahwa “... Injil kerajaan ... akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, ...” dalam Matius 24:14 adalah sebuah janji.

20 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Kuasa yang Dijanjikan
Penyampaian Injil ke seluruh dunia kelihatannya tidak mungkin, tetapi kuasa Allah akan mengalahkan segala rintangan. Setiap orang di atas planet bumi ini akan memiliki kesempatan yang layak untuk mendengarkan dan mengerti pekabaran Allah tentang kasih dan kebenaran sebelum kedatangan kembali Tuhan kita. (Why. 18:1)

21 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Kuasa yang Dijanjikan
Allah akan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Ia akan mencurahkan Roh-Nya dengan kuasa yang ajaib dan menyelesaikan apa yang kelihatannya mustahil menurut semua rencana manusia.

22 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Hujan Awal dan Hujan Akhir
Baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru menggunakan simbol air untuk mewakili Roh Kudus. “Sebab Aku akan mencurahkan air ke tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas cucumu” (Yesaya 44:3). “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia” (Yoel 2:28). Yesus menggunakan simbol air untuk menggambarkan Roh Kudus (Yoh. 7:37-39).

23 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Hujan Awal dan Hujan Akhir
Pada zaman Alkitab, menabur dan membajak berlangsung segera setelah turunnya hujan awal (Pertengahan Oktober). Hujan awal ini membawa benih-benih untuk berkecambah dan memelihara masa awal pertumbuhan benih. Hujan akhir datang pada akhir musim semi untuk menghasilkan buah-buah yang matang siap di tuai.

24 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Hujan Awal dan Hujan Akhir
Hujan awal dari Roh Kudus turun atas murid-murid pada hari Pentakosta untuk memulaikan misi Kekristenan. Hujan akhir akan dicurahkan atas gereja Allah pada akhir zaman untuk menyelesaikan misi-Nya di bumi.

25 1. Kekuatan Allah Dilepaskan Hujan Awal dan Hujan Akhir
Istilah “hujan awal” juga mengacu pada pekerjaan sehari-hari Roh Kudus untuk menginsyafkan, mengajar, membimbing, dan memberdayakan setiap orang percaya. “Hujan akhir” adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sokongan khusus Roh Kudus Allah atas gereja Kristus sebelum kedatangan Yesus.

26 DISKUSIKAN Allah telah berjanji bahwa Dia akan mengirimkan Roh Kudus, baik dalam bentuk hujan awal maupun hujan akhir, agar kita dimampukan untuk menyampaikan Khabar Keselamatan (Injil) ke seluruh dunia, yang kelihatannya mustahil untuk dicapai Menurut pendapat Anda apakah yang menghalangi curahan hujan akhir kepada gereja dan kepada pribadi Anda?

27 Understand the purposes of marriage
Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai b 2. Umat Allah Disiapkan (Matius 3:11)

28 Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai 2. Umat Allah Disiapkan
Matius 3:11 “Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.”

29 2. Umat Allah Disiapkan Persyaratan untuk Hujan Akhir
Alkitab mengundang kita untuk memohon kepada Allah Roh Kudus ... bukan karena Ia tidak mau mengaruniakan kepada kita Roh tetapi karena kita tidak bersedia menerima-Nya. Saat kita berdoa bagi pencurahan Roh Kudus, Allah bekerja di dalam hati kita untuk menuntun kita kepada pertobatan yang lebih sungguh. Berdoa dalam kelompok kecil dengan anggota jemaat yang lain menarik kita ke dalam ikatan persatuan dan persekutuan yang lebih erat.

30 2. Umat Allah Disiapkan Persyaratan untuk Hujan Akhir
Sama seperti pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta memungkinkan para murid menjadi saksi yang tangguh kepada generasi mereka, pencurahan Roh Kudus pada kuasa hujan akhir akan memberdayakan gereja Allah menjangkau dunianpada generasi terakhir.

31 2. Umat Allah Disiapkan Baptisan Api
Simbol api adalah lambang kemuliaan, kehadiran, dan kuasa Allah nyata dalam pelayanan Roh Kudus. Dibaptiskan dengan api adalah dibenamkan dalam kemuliaan kehadiran Allah melalui Roh Kudus untuk bersaksi dalam kuasa-Nya.

32 2. Umat Allah Disiapkan Baptisan Api
Pada akhir sejarah dunia, umat Allah akan dibenamkan dalam kehadiran-Nya dipenuhi dengan kuasa-Nya dan diutus untuk menyaksikan kemuliaan-Nya kepada dunia. Dunia akan dipenuhi dengan kemuliaan Allah Kemuliaan Allah, karakter-Nya yang penuh kasih, akan dinyatakan melalui kuasa Roh Kudus kepada dunia yang sedang menunggu dan alam semesta yang sedang menonton. Kemuliaan Allah, karakter-Nya yang penuh kasih, akan dinyatakan kepada dunia.

33 DISKUSIKAN Bagaimanakah saudara, dalam lingkungan saudara dapat menyatakan kemuliaan Allah kepada orang dis sekitar Anda melalui hidup Anda? Menurut Anda, apakah yang menjadi penghalang utama bagi kita untuk dibaptiskan dalam api sehingga kita dimampukan menyatakan kemuliaan Allah di dalam hidup ini?

34 Understand the purposes of marriage
Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai b 3. Janji Allah Dipenuhi (Wahyu 19:19-21)

35 Kebangunan yang Dijanjikan: Misi Allah Selesai 3. Janji Allah Dipenuhi
Wahyu 19:19-21 “Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi ... melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya. Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang. Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.”

36 3. Jani Allah Dipenuhi Pertentangan yang Besa Berakhir
Inilah kabar baik: Yesus yang sama yang mengalahkan Setan di kayu salib datang kembali dan menang atas kuasa kematian dan mengakhiri kejahatan. Kejahatan..., Kemiskinan dan penyakit sampar... Penyakit dan penderitaan... Kekacauan dan kejahatan... Penyakit dan kematian tidak akan memiliki kata terakhir. Allah akan menang dan Setam Kalah!

37 3. Jani Allah Dipenuhi Pertentangan yang Besa Berakhir
Sampai saat itu, Bapa, Anak, dan Roh Kudus melakukan segala kemungkinan untuk menjangkau setiap orang. “Hamba-hamba Allah, dengan wajah yang bersinar dengan pengabdian kudus, akan mempercepat penyiaran pekabaran dari surga itu dari satu tempat ke tempat yang lain. Melalui ribuan suara amaran itu akan disampaikan ke seluruh dunia. Muijizat-mukjizat akan diadakan, orang sakit disembuhkan, dan tanda-tanda ajaib akan menyertai orang-orang yang percaya.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 644.

38 3. Jani Allah Dipenuhi Pertentangan yang Besa Berakhir
Pekerjaan Allah di dunia ini akan selesai. Yesus akan datang. Segenap surga dan bumi akan bersukacita. Tidak ada prioritas yang lebih penting dalam hidup kita daripada mengalami kebangunan anugerah Allah dalam hati kita setiap hari dan mengundang Roh Kudus-Nya untuk mengubah kita kepada gambar-Nya (1 Yoh. 3:1-3).

39 DISKUSIKAN Menurut Anda, bagaimanakah kita dapat melakukan bagian kita untuk mendorong satu sama lain untuk disiapkan bagi pekerjaan Roh Kudus di dalam hidup kita, tanpa menghakimi orang lain, atau membandingkan diri kita dengan anggota jemaat lainnya?

40 KUTIPAN ROH NUBUAT “Pekabaran ini disiarkan bukan dengan banyak argumen, tetapi dengan keyakinan yang mendalam dari Roh Allah. Argumen-argumen telah disampaikan. Benih telah ditaburkan, dan sekarang ia akan tumbuh dan berbuah. Risalah-risalah yang dibagikan oleh pekerja-pekerja misi telah memberikan pengaruhnya, namun banyak orang yang pikirannya terkesan telah dicegah untuk mengerti sepenuhnya kebenaran itu atau untuk penurutan yang sempurna...

41 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8. Hlm. 644-5.
KUTIPAN ROH NUBUAT Sekarang sinar-sinar terang menerusi kemana-mana; kebenaran terlihat dengan jelas dan anak-anak Allah yang setia memutuskan ikatan-ikatan yang menahan mereka. Hubungan keluarga, hubungan jemaat, tak berdaya menahan mereka sekarang .... Kebenaran adalah jauh lebih berharga dari segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Walaupun agen-agen bergabung melawan kebenaran, suatu kelompok besar orang-orang yang berdiri di pihak Tuhan.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8. Hlm

42 RANGKUMAN Ketika Yesus naik ke surga, Ia berjanji bahwa melalui Roh Kudus-Nya, Dia akan memberdayakan murid-murid-Nya di dunia untuk memberitakan Injil sampai ke ujung bumi. Janji-janji ini akan mencapai pemenuhan secara keseluruhan di gereja akhir zaman-Nya saat kuasa hujan akhir turun dan umat-Nya berpartisipasi dengan-Nya dalam penyelesaian misinya di dumi

43 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Meskipun pekerjaan memberitakan Injil ke seluruh dunia dan penyelesaian pekerjaan Tuhan di dumi ini tampaknya mustahil. Tuhan akan mencurahkan Roh Kudusnya kepada umat-Nya sehingga memungkinkan pekerjaan itu diselesaikan. Mengetahui bahwa pekerjaan Injil itu akan diselesaikan oleh pertolongan Roh Tuhan, memotivasi kita untuk tetap semangat dan penuh suka cita dalam menginjil. Menyediakan hati untuk menerima kecurahan Roh adalah merupakan hal yang paling urgen saat ini. Saya tidak menyadari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab, untuk mengizinkan Roh Kudus menguasai hati saya, sehingga saya dapat dimampukan untuk mengabar injil dan menyatakan kemuliaan tabiat Allah kepada setiap orang yang bergaul dengan saya.

44 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google