Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIVISI PERENCANAAN STRATEGIS MATERI RJPP. STRUKTUR ORGANISASI Divisi Perencanaan Strategis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIVISI PERENCANAAN STRATEGIS MATERI RJPP. STRUKTUR ORGANISASI Divisi Perencanaan Strategis."— Transcript presentasi:

1 DIVISI PERENCANAAN STRATEGIS MATERI RJPP

2 STRUKTUR ORGANISASI Divisi Perencanaan Strategis

3 STRUKTUR ORGANISASI Divisi Perencanaan Strategis

4 TUGAS POKOK & FUNGSI General Manajer Divisi Perencanaan Strategis 1.Memimpin pembahasan Program Kerja Pemerintah yang berkaitan dengan perumahan dan permukiman untuk dijadikan bahan masukan dalam penyusunan Rencana Perusahaan; 2.Berkoordinasi dengan General Manajer Divisi Keuangan, memimpin penyusunan Rencana Perusahaan, yang terdiri atas Rencana Jangka Panjang (RJP) dan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP); 3.Memimpin evaluasi terhadap kinerja Perusahaan; 4.Memimpin penyusunan rancangan sistem manajemen perusahaan beserta evaluasi efektifitas hasil pelaksanaan sistem manajemen perusahaan; 5.Memimpin penyelenggaraan penyusunan usulan rencana kerja dan anggaran Divisi Perencanaan Strategis, yang merupakan bagian dari RKAP; 6.Memimpin penyiapan usulan kebijakan Divisi Perencanaan Strategis untuk diajukan kepada Direktur Korporasi dan Pertanahan, khususnya yang menyangkut aspek program perusahaan, sistem manajemen dan organisasi perusahaan, sistem informasi perusahaan, dan perbaikan kinerja perusahaan; 7.Memimpin penyusunan dan evaluasi standar-standar peraturan yang berkaitan dengan kegiatan pembinaan perusahaan; LANJUTAN 

5 TUGAS POKOK & FUNGSI General Manajer Divisi Perencanaan Strategis (LANJUTAN) 8.Memimpin penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan standar-standar peraturan yang dikeluarkan oleh Divisi Perencanaan Strategis bagi para pelaksana, serta pengendalian pelaksanaannya; 9.Melakukan penugasan, pengendalian, pembinaan, dan penilaian kerja kepada para Manajer dan staf di lingkungan Divisi Perencanaan Strategis; 10.Mengelola sumberdaya dan anggaran di lingkungan Divisi Perencanaan Strategis; 11.Memimpin dan mengendalikan pelaksanaan tindak lanjut atas temuan pemeriksa, baik internal (SPI) maupun eksternal (BPKP), di Divisi Perencanaan Strategis; 12.Memimpin penyelenggaraan kegiatan pengelolaan (penerbitan atau pelaporan dan peretensian) data dan informasi dalam lingkup Divisi Perencanaan Strategis; 13.Bersama General Manajer Divisi Pertanahan dan membantu Direktur Korporasi dan Pertanahan dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan kegiatan perusahaan.

6 TUGAS POKOK & FUNGSI Manajer Departemen Program Perusahaan 1.Menginventarisir Program Kerja Pemerintah yang berkaitan dengan perumahan dan permukiman; 2.Mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk penyusunan Rencana Perusahaan, baik untuk Rencana Jangka Panjang (RJP) maupun untuk Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP); 3.Memantau perkembangan hasil pelaksanaan rencana perusahaan (RJP dan RKAP) dan mengevaluasi tingkat pencapaian pelaksanaan (realisasi) rencana; 4.Melakukan analisis perkembangan kinerja perusahaan; 5.Menyusun usulan sasaran, rencana kerja, dan anggaran Departemen Program Perusahaan yang merupakan bagian dari usulan rencana kerja dan anggaran Divisi Perencanaan Strategis, serta pengendalian pelaksanaan kerja; 6.Melakukan evaluasi terhadap standar-standar peraturan yang diperlukan Departemen Program Perusahaan; 7.Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan standar-standar peraturan serta pengendalian pelaksanaannya; 8.Melakukan penugasan, pengendalian, pembinaan, dan penilaian kerja kepada para staf di lingkungan Departemen Program Perusahaan; 9.Memimpin penyelenggaraan kegiatan pengelolaan (penerbitan atau pelaporan dan peretensian) data dan informasi dalam lingkup Departemen Program Perusahaan; 10.Bersama Manajer Departemen Teknologi Informasi, membantu pelaksanaan tugas General Manajer Divisi Perencanaan Strategis.

7 TUGAS POKOK & FUNGSI Manajer Departemen Teknologi Informasi 1.Menyusun dan memelihara sistem manajemen dan organisasi perusahaan; 2.Memantau pelaksanaan sistem manajemen dan mengevaluasi efektifitasnya; 3.Merencanakan, mengadakan, dan mengendalikan penggunaan perangkat teknologi informasi yang digunakan perusahaan; 4.Menyusun usulan sasaran, rencana kerja, dan anggaran Departemen Teknologi Informasi yang merupakan bagian dari usulan rencana kerja dan anggaran Divisi Perencanaan Strategis, serta pengendalian pelaksanaan kerja; 5.Melakukan evaluasi terhadap standar-standar peraturan yang diperlukan Departemen Teknologi Informasi; 6.Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan standar-standar peraturan serta pengendalian pelaksanaannya; 7.Melakukan penugasan, pengendalian, pembinaan, dan penilaian kerja kepada para staf di lingkungan Departemen Teknologi Informasi; 8.Memimpin penyelenggaraan kegiatan pengelolaan (penerbitan atau pelaporan dan peretensian) data dan informasi dalam lingkup Departemen Teknologi Informasi; 9.Bersama Manajer Departemen Program Perusahaan, membantu pelaksanaan tugas General Manajer Divisi Perencanaan Strategis.

8 STATUS ENTITAS PERUMNAS SEBAGAI PERUM

9 VISI & MISI PERUM PERUMNAS Visi dan Misi Visi  Menjadi pengembang perumahan dan permukiman terpercaya di Indonesia. Misi 1.Mengembangkan perumahan dan permukiman yang bernilai tambah untuk kepuasan Pelanggan. 2.Meningkatkan profesionalitas, pemberdayaan dan kesejahteraan Karyawan. 3.Memaksimalkan nilai bagi Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan lain. 4.Mengoptimalkan sinergi dengan Mitra Kerja, Pemerintah, BUMN dan Instansi lain. 5.Meningkatkan kontribusi positif kepada Masyarakat dan Lingkungan. Visi  Menjadi pengembang perumahan dan permukiman terpercaya di Indonesia. Misi 1.Mengembangkan perumahan dan permukiman yang bernilai tambah untuk kepuasan Pelanggan. 2.Meningkatkan profesionalitas, pemberdayaan dan kesejahteraan Karyawan. 3.Memaksimalkan nilai bagi Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan lain. 4.Mengoptimalkan sinergi dengan Mitra Kerja, Pemerintah, BUMN dan Instansi lain. 5.Meningkatkan kontribusi positif kepada Masyarakat dan Lingkungan. Visi dan Misi Visi  Menjadi Pelaku Utama Penyedia Perumahan dan Permukiman di Indonesia. Misi 1.Menyediakan perumahan dan permukiman yang berkualitas dan bernilai bagi masyarakat. 2.Memberikan kepuasan pelanggan secara berkesinambungan. 3.Mengembangkan dan memberdayakan profesionalisme serta meningkatkan kesejahterankaryawan. 4.Menerapkan manajemen perusahaan yang efisien dan efektif. 5.Mengoptimalkan sinergi dengan pemerintah, BUMN dan instansi lain. Visi  Menjadi Pelaku Utama Penyedia Perumahan dan Permukiman di Indonesia. Misi 1.Menyediakan perumahan dan permukiman yang berkualitas dan bernilai bagi masyarakat. 2.Memberikan kepuasan pelanggan secara berkesinambungan. 3.Mengembangkan dan memberdayakan profesionalisme serta meningkatkan kesejahterankaryawan. 4.Menerapkan manajemen perusahaan yang efisien dan efektif. 5.Mengoptimalkan sinergi dengan pemerintah, BUMN dan instansi lain.

10 CORE VALUES PERUM PERUMNAS ‘PERUMNAS’ Passion Excellence Integrity Unity Determination Innovation Assertiveness S ervice Excellence P assion I nteg R ity I nnova T ive Fo cus ‘Spirit for PERUMNAS’

11 RENCANA JANGKA PANJANG (RJP) PERUM PERUMNAS Strategic Objectives Perumnas ( )  Memproduksi rumah sebanyak unit pada tahun  Menghasilkan pendapatan Rp 2,48 T per tahun dengan rasio keuntungan bersih minimum sebesar 10% sebelum akhir  Mencapai “recurrent income” minimal 5% per tahun sebelum akhir  Mempunyai land bank ha dengan 20% berada di 10 kota besar sebelum akhir  Memiliki 5 anak perusahaan untuk pengembangan usaha secara efektif sebelum akhir  Mengembangkan sistem manajemen (seperti: HCM, Operasi, Keuangan, Komersial) sesuai praktik terbaik (best practices) sebelum akhir  Merealisasi 20 kerjasama strategis dengan Pemerintah, BUMN dan Swasta sebelum akhir  Memproduksi rumah sebanyak unit pada tahun  Menghasilkan pendapatan Rp 2,48 T per tahun dengan rasio keuntungan bersih minimum sebesar 10% sebelum akhir  Mencapai “recurrent income” minimal 5% per tahun sebelum akhir  Mempunyai land bank ha dengan 20% berada di 10 kota besar sebelum akhir  Memiliki 5 anak perusahaan untuk pengembangan usaha secara efektif sebelum akhir  Mengembangkan sistem manajemen (seperti: HCM, Operasi, Keuangan, Komersial) sesuai praktik terbaik (best practices) sebelum akhir  Merealisasi 20 kerjasama strategis dengan Pemerintah, BUMN dan Swasta sebelum akhir 2016.

12 TANTANGAN & IMPERATIF STRATEGIS TANTANGAN STRATEGISIMPERATIF STRATEGIS Kinerja dan pertumbuhan usaha belum optimal Meningkatkan pertumbuhan yang menguntungkan secara berkesinambungan Dana terbatas untuk peningkatan kinerja dan pengembangan usaha Mendapatkan pendanaan murah berisiko rendah secara inovatif Pengelolaan perusahaan belum efektif dan efisien Mengembangkan proses dan sistem yang efektif dan efisien 1 2 Sinergi antar unit/instansi/pihak terkait belum optimal Meningkatkan sinergi antar unit/instansi/pihak terkait secara optimal Kapabilitas dan kapasitas Human Capital kurang optimal Mempercepat peningkatan kapabilitas dan kapasitas Human Capital 5 6 Bisnis model dan strategi yang kurang kondusif Mengembangkan bisnis model dan strategi secara efektif 4 7 Persediaan tanah (land bank) terbatas dan kurang kompetitif Meningkatkan persediaan lahan secara cepat dan efektif 3 Budaya perusahaan belum kondusif terhadap pengembangan organisasi berkinerja tinggi Melakukan transformasi budaya menuju organisasi berkinerja tinggi 8 RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

13 WINNING STRATEGIES “PERUMNAS HOUSE” RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

14 Perumnas bertekad mencapai Performance Excellence (kinerja terbaik) walaupun menghadapi tantangan extra sebagai Perum dengan “misi” ganda: pelayanan dan keuntungan WINNING STRATEGIES “PERUMNAS HOUSE” RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

15 Peningkatan kinerja dan pertumbuhan usaha secara menguntungkan dan berkesinambungan memerlukan strategi efektif yang disusun dengan baik dan diimplementasikan secara konsisten WINNING STRATEGIES “PERUMNAS HOUSE” RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

16 Land Bank harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan kinerja, daya saing dan kesinambungan usaha WINNING STRATEGIES “PERUMNAS HOUSE” RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

17 Human Capital yang berkualitas harus dikembangkan, dikelola dan dipertahankan (retain) secara efektif. WINNING STRATEGIES “PERUMNAS HOUSE” RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

18 STRATEGIC ROADMAP MENUJU PERUMNAS BARU RENCANA JANGKA PANJANG (RJP)

19 THANK YOU ! DIVISI PERENCANAAN STRATEGIS DEPARTEMEN PROGRAM PERUSAHAAN


Download ppt "DIVISI PERENCANAAN STRATEGIS MATERI RJPP. STRUKTUR ORGANISASI Divisi Perencanaan Strategis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google