Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Sistem Komputer Perangkat Lunak. Pengetahuan Dasar Abstraksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Sistem Komputer Perangkat Lunak. Pengetahuan Dasar Abstraksi."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Sistem Komputer Perangkat Lunak

2 Pengetahuan Dasar Abstraksi

3 Pengetahuan Dasar Aljabar-Boolean Bentuk paling primitif dari perangkat-lunak. Direpresentasikan sebagai binary-digit (bit), 1 (on) atau 0 (off). Bit dikelompokkan menjadi nibble(4bit), byte(8bit), word(16bit), double- word(32bit), dst. Kelompok-kelompok bit disusun dalam struktur instruksi Penyimpanan, Transfer, Operasi-Aritmatika, Operasi-Logika. Bentuk bit ini diprogram menggunakan Bahasa-Rakitan/Assembly- Language. Bahasa-Rakitan diterjemahkan menjadi Bahasa Mesin. Bahasa Mesin adalah pola bit-bit yang merupakan kode operasi mesin. Kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat-tinggi yang serupa bahasa manusia (bahasa Inggris).

4 Pengelompokan Perangkat-Lunak Compiler/Interpreter & Bahasa-Pemrograman  Low Level Language (LLL)  Intermediate Level Language (ILL)  High Level Language (HLL) Perangkat-Lunak Sistem (System Software):  Sistem Operasi (Operating System)  Utility Perangkat-Lunak Aplikasi (Application Software):  Office  Multimedia  Internet  Khusus

5 Programming Language Low Level Language (LLL) – Programnya rumit dan sulit dibuat. – Hanya dimengerti oleh mesin. – Contoh: Machine-language. Intermediate Level Language (ILL) – Programnya agak sulit dipahami dan dibuat. – Hanya dimengerti oleh manusia. – Contoh: Assembler. High Level Language (HLL) – Programnya mudah dipahami dan dibuat. – Hanya dimengerti oleh manusia. – Contoh: BASIC, FORTRAN, Pascal, C, Java.

6 Bahasa-Mesin

7 Contoh Perintah Biner misalnya: Komputer menyalin isi register 7 ke register 3 Dalam bentuk biner: b Dalam bentuk heksadesimal: 1837 h Dalam perintah suatu bahasa Assembly: MOV REG3,REG7

8 program Contoh; begin ClrScr; Writeln; Write('Tekan Enter...'); Readln; end.

9 Compiler/Interpreter Komputer merupakan peralatan elektronik yg bekerja berdasar sinyal-sinyal listrik (5V). Sinyal listrik hanya memiliki 2 kondisi, yaitu ON (ada arus listrik) & OFF (tidak ada arus). Kondisi ON & OFF diterjemahkan dalam angka 1 & 0.

10 Compiler/Interpreter Compiler/interpreter diibaratkan sebagai suatu kamus Menterjemahkan bahasa-pemrograman menjadi bahasa-mesin. Bahasa-mesin merupakan bahasa yang dikenal oleh komputer

11 Programming-Language & Compiler/Interpreter Kode

12 Compiler/Interpreter Compiler >Menjalankan program secara keseluruhan. >Kesalahan baru diketahui setelah seluruh kode ditulis. >Menghasilkan Executable-Program (EXE). Interpreter >Menjalankan program per-baris. >Kesalahan bisa langsung diketahui. >Tidak menghasilkan Executable-Program (EXE).

13 Operating System Fungsi mengatur: Hardware, yaitu: CPU, memory, storage, dsb. Software yang berupa program.

14 Operating System Contoh: Unix. DOS. Windows. Mac OS. Solaris. Linux. dst.

15 Operating System Definisi: Software yang mengendalikan pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait. (berdasar ANSI = American National Standard Institute)

16 Utility Memperbaiki/merawat sistem komputer. Defrag, Norton Utility, Partition Magic, dll.

17 Office Mempermudah pekerjaan kantoran. Ms.Office:Word, Excel, PowerPoint, Access,.

18 Multimedia Editing: MovieMaker, MM-Flash, dkk. Player: WindowsMediaPlayer, Winamp, PowerDVD, dkk.

19 Internet Browser: Internet-Explorer, Netscape, Opera, dkk. Outlook-Express, Eudora, dst.

20 Khusus Akuntansi: DAC-Easy, Platinum, dsj. Engineering: Autocad, CAD/CAM, dsj. Scientific: Mathlab, ChemCAD, dsj. Game: … Virus&Antivirus: …

21 Apa beda(fungsi) Perangkat-Lunak Sistem dg Perangkat-Lunak Aplikasi? Buat Ringkasan Sejarah Perkembangan Perangkat-Lunak!

22 Evolusi Perangkat Lunak Era pioner ( ) Proses batch Distribusi terbatas Pembuatan khusus Era stabil ( ) Multi user Real - time Database Produk perangkat-lunak Era mikro ( ) Sistem tersebar Penanaman Kecerdasan Perangkat Lunak Murah Era Modern ( an) Sistem desktop Teknologi objek AI/Sistem pakar Pemrosesan pararell Jaringan komputer Evolusi Perangkat Lunak

23 Era Pioner ( ) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan- sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card. Sebuah program untuk sebuah mesin dg tujuan tertentu. Perangkat lunak menjadi satu dengan perangkat keras. Hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan.

24 Penggunaan Komputer ENIAC

25 Era Stabil ( ) Pengguna, tidak hanya kalangan peneliti/akademi saja, tapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan Perangkat-lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. Perangkat-lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara langsung (real time). Mulai dikenal sistem Basis Data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

26 Era Mikro ( ) PC dan jaringan komputer semakin meluas. Perangkat lunak untuk kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dibedakan menjadi  Perangkat-lunak sistem, menangani tugas internal.  Perangkat-lunak aplikasi, digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

27 Era Modern ( an) Perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan PC. Peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dalam perkembangannya, suatu saat nanti setiap peralatan itu akan saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.


Download ppt "Pengantar Sistem Komputer Perangkat Lunak. Pengetahuan Dasar Abstraksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google