Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUB-PROGRAM/FUNGSI/ PROSEDUR Pertemuan 6. PENGERTIAN SUB-PROGRAM, FUNGSI DAN PROSEDUR Dalam sebuah Program komputer minimal ada sebuah sub-program/modul,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUB-PROGRAM/FUNGSI/ PROSEDUR Pertemuan 6. PENGERTIAN SUB-PROGRAM, FUNGSI DAN PROSEDUR Dalam sebuah Program komputer minimal ada sebuah sub-program/modul,"— Transcript presentasi:

1 SUB-PROGRAM/FUNGSI/ PROSEDUR Pertemuan 6

2 PENGERTIAN SUB-PROGRAM, FUNGSI DAN PROSEDUR Dalam sebuah Program komputer minimal ada sebuah sub-program/modul, yaitu program utama (di dalam C++ adalah void main 0). Penamaan Modul memiliki karakteristik yang sama dengan penamaan variable. Dengan modul program akan menjadi lebih efisien dan fleksibel, karena menganut filosofi Re-usable coding (Walaupun cenderung lebih banyak Line of Code-nya)

3 Program komputer yang dibuat untuk menjawab permasalahan umumnya berukuran besar. Seringkali dalam membuat program besar tersebut adalah memecah program menjadi potongan- potong­an program yang kecil yang dinamakan modul. Teknik pemrogram­an seperti ini dinamakan teknik pemrograman modular. Beberapa Bahasa pemrograman menamakan modul dengan sebutan rutin (rou­tine), prosedure atau fungsi.

4 Modularisasi program mempunyai dua keuntungan Untuk aktifitas yang harus dilakukan lebih dari satu kali, mo­dularisasi menghindari penulisan teks program yang sama berulang kali. Modul tersebut cukup dituliskan sekali saja, lalumodul tersebut dapat diakses(diistilahkan dengan dipanggil dan bagian lain di dalam program). Hal ini bermanfaat bila ingin menghemat ukuran program. Kemudahan menulis dan menemukan kesalahan (debug) pro­gram. Hal ini sangat berguna pada masalah yang besar.

5 DASAR FLINGSI Pada umumnya fungsi memerlukan masukan yang dinamakan argumen atau parameter. Hasil akhir fungsi akan berupa sebuah nilai(nilai balik fungsi).

6 Konsep Program dibagi menjadi sejumlah modul

7 PROTOTIPE FUNGSI Nama fungsi Tipe nilai balik fungsi Jumlah dan tipe agumen

8 Contoh long kuadrat(long 1); Pada contoh pertama, fungsi kuadrat() mempunyai argumen bertipe long dan nilai balik bertipe long. int maks(int a, int b, int c); Pada contoh kedua, fungsi maks() memiliki tiga buah argumen, masing-masing bertipe int dan nilai balik juga bertipe int. double maks(double x, double y); Pada contoh ketiga, fungsi maks() mempunyai dua buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe double. void garis(); Pada contoh keempat, fungsi garis() tidak memiliki argumen dan nilai baliknya tidak ada (void)

9 Manfaat prototipe Manfaat dari prototipe fungsi adalah untuk menjamin tipe argumen dilewatkan pada pemanggilan fungsi benar-benar sesuai. Tanpa adanya prototipe fungsi, amatlah mudah bagi pemrogram untuk melakukan kesalahan tanpa sengaja dalam melewatkan argumen.

10 DEFINISI FUNGSI Setiap fungsi yang dipanggil di dalam program harus didefinisikan. Letaknya bisa dimana saja. Khusus untuk fungsi yang disediakan di sistem, definisinya sebenarnya ada dalam pustaka, yang akan digabungkan dengan program sewaktu proses linking.

11 S E K I A N A S W A R R.


Download ppt "SUB-PROGRAM/FUNGSI/ PROSEDUR Pertemuan 6. PENGERTIAN SUB-PROGRAM, FUNGSI DAN PROSEDUR Dalam sebuah Program komputer minimal ada sebuah sub-program/modul,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google