Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rakernas IAI tgl 13 - 15 Juni 2014. Rujukan Pembuatan Rencana Kerja  Anggran Dasar  Anggaran Rumah Tangga  Amanat Kongres Ke XIX.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rakernas IAI tgl 13 - 15 Juni 2014. Rujukan Pembuatan Rencana Kerja  Anggran Dasar  Anggaran Rumah Tangga  Amanat Kongres Ke XIX."— Transcript presentasi:

1 Rakernas IAI tgl Juni 2014

2 Rujukan Pembuatan Rencana Kerja  Anggran Dasar  Anggaran Rumah Tangga  Amanat Kongres Ke XIX

3 Anggaran Dasar Bab IV Fasal 9 MAKSUD (visi = ?) “Terwujudnya Apoteker yang Profesional,sehingga mampu meningkatkan kwalitas hidup sehat masyarakat “

4 Bab IV Fasal 10 TUJUAN (Misi = ?) Menyiapkan Apoteker sebagai Tenaga Kesehatan yang berbudi luhur,Profesional,memiliki Kesejawatan yang tinggi, Inovatif dan Berorientasi kedepan.

5 Analisa situasi  Jumlah Apoteker > Orang, dengan > 70 PT Farmasi yang menghasilkan +/ Apoteker/tahun. Tapi tidak menjamin Penghargaan dan Appresiasi masyarakat menjadi lebih terhadap Profesi Apoteker.  Masih banyak Apoteker yang bekerja di Farmasi Komunitas,hanya sebagai ‘Pegawai’ dan sebahagian tidak melakukan Praktek dengan Baik dan Benar. Apoteker yang menjadikan Apotek sebagai tempat praktek masih sedikit.

6 Lanjutan... Analisa situasi  Pada Farmasi Klinis Peran Apoteker mulai membaik, meskipun masih perlu peningkatan.  Praktek Profesi di Bid Distribusi masih Lemah, sebahagian Apoteker belum mampu menjalankan Peran nya sbg Farmasis yang menjamin tercapainya Quality & Availability.  Praktek di Bid.Industri jauh lebih baik dibanding 3 Bidang lannya.

7 Lanjutan... Analisa situasi  AKIBAT NYA: Penghargaan Masyarakat dan Profesi Kesehatan lainnya kepada Profesi Apoteker “KURANG”.  Pada sisi lain adanya Perobahan Pola Pembiayaan Kesehatan dgn diberlakukannya BPJS Kes, akan mempengaruhi peran Apoteker dalam Pelayanan Kesehattan. Tuntutan akan Profesionalitas semakin tinggi

8  Dari Kondisi diatas maka kami menyimpulkan situasi Profesi Apoteker dalam satu kata : “P R I H A T IN”

9 SASARAN  SEBELUM TAHUN 2018, APOTEKER INDONESIA SUDAH MELAKSANAKAN PRAKTEK PROFESI DENGAN BAIK DAN BENAR.  MENINGKATNYA APPRESIASI MASYARAKAT KEPADA PROFESI APOTEKER. (Perlu survei awal dan akhir periode)

10 STRATEGI  1.Meningkatkan kesadaran dan pemahaman Anggota terhadap pentingnya melaksanakan Kode Etik dan Disiplin Apoteker.  2.Meningkatkan Kerja sama dengan Stake Holder MEDAI (APTFI,PP IAI, MEDAI D, PD)

11 PROGRAM KERJA.  1.Sosialisasi K E dan Disiplin kepada seluruh anggota.  2.Melakukan Pembinaan,Pengawasan dan Pelaksanaan Proses Kepatuhan terhadap K E dan Disiplin, melalui Penindakan atas pelanggaran K E dan Disiplin.

12  3.Komunikasi yang intensif dengan PP,MEDAI D dan PD.  4.Kerjasama dengan APTFI untuk menyiapkan Calon Apoteker yang ber Karakter.  Sedangkan untuk memenuhi amanat Kongres, MEDAI akan menyiapkan Pedoman Disiplin Apoteker,serta Penyempurnaan KE.

13 “GAWAT DARURAT APOTEKER” PERSUASIVE ASSERTIVE

14 TATA CARA PENANGANAN PELANGGARAN  Sumber Pengaduan: 1. Pasien/Masyarakat. 2. Dokter /Tenaga Kesehatan lainnya. 3. Teman Sejawat. 4. Pengurus Cabang / Daerah

15  MEDAI Daerah,menerima Pengaduan Tertulis yang: - Cukup Bukti - Berisi Kronologi - Tempat dan Waktu Kejadian.

16 Tugas MEDAI Daerah  Menelaah Pengaduan, kalau perlu melakukan peninjauan lansung.  Dalam 20 hari kerja sudah dibuat “Keputusan”,apakh Perkara akan diteruskan untuk disidang atau tidak.  “Kalau Tidak”, MEDAI D harus menulis kepada Pelapor dan PC/PD serta CC kpd MEDAI P.  “Kalau Sidang”, Maka Sekretaris MEDAI D menyiapkan Sidang sesuai tata cara persidangan.

17 Bagaimana kalau terlapor tidak datang?  Bilamana setelah 3 x Pemanggilan Terlapor tidak hadir dalam sidang maka MEDAI D dapat melakukan sidang “inansentia”.  Selanjutnya hasil sidang di sampaikan kepada Terlapor, PC/PD dan MEDAI P.  Bilkamana Tersangka tidak terima keputusan MEDAI D, ybs dapat melakukan Banding ke MEDAI Pusat.

18 HARAPAN  Sebelum Pemberlakuan Penindakan atas Pelanggaran K E dan Disiplin ini, diharapkan semua unsur Pengurus memberi Contoh lebih dulu.  Semua Pengurus secara aktif mendukung pemberlakuan Penindakan Pelanggaran K E dan Disiplin ini.

19  TERIMAKASIH


Download ppt "Rakernas IAI tgl 13 - 15 Juni 2014. Rujukan Pembuatan Rencana Kerja  Anggran Dasar  Anggaran Rumah Tangga  Amanat Kongres Ke XIX."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google