Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISKA ARMALINA, S.T.,M.Eng. REPRESENTASI PENGETAHUAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISKA ARMALINA, S.T.,M.Eng. REPRESENTASI PENGETAHUAN."— Transcript presentasi:

1 VISKA ARMALINA, S.T.,M.Eng. REPRESENTASI PENGETAHUAN

2 KNOWLEDGE (1) Knowledge sering disamakan arti dengan data, fakta, dan informasi. Knowledge dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori yaitu: a. Procedural Knowledge : berkenaan untuk mengetahui bagaimana melakukan sesuatu. b. Declarative Knowledge : berkenaan untuk mengetahui sesuatu itu benar atau salah. c. Tacit Knowledge atau Unconcious Knowledge artinya pengetahuan yang tidak bisa diungkapkan dengan bahasa.

3 KNOWLEDGE (2) Knowledge adalah KUNCI UTAMA dari sistem pakar. Analoginya : Knowledge + Inferensi = Sistem Pakar

4 KATEGORI REPRESENTASI PENGETAHUAN Menurut Turban (2001), ada beberapa tipe pengetahuan yg bisa dikategorikan dlm bentuk keahlian: 1. Teori-teori yang mendasari suatu permasalahan 2. Aturan-aturan baku & prosedur yang berkaitan dengan permasalahan tertentu. 3. Aturan-aturan heuristik tentang apa yang harus dikerjakan dalam suatu permasalahan yang diberikan. 4. Strategi-strategi global untuk pemecahan dari tipe-tipe ini. 5. Meta knowledge (pengetahuan dari pengetahuan) 6. Fakta atau bukti tentang suatu permasalahan.

5 4 TEKNIK DALAM MEREPRESENTASIKAN PENGETAHUAN Menurut Firebaugh (1989), terdapat 4 teknik dalam merepresentasikan pengetahuan : 1. Jaringan Semantik (Semantic Network) 2. Frame 3. Script 4. Aturan Produksi atau Sistem Produksi

6 JARINGAN SEMANTIK Jaringan semantik atau jaringan merupaka suatu teknik representasi AI yang digunakan untuk informasi yang proporsional (Stilling,1987). Jaringan semantik kadang disebut juga jaringan propositional. Proposition  suatu pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Jaringan semantik dalam matematika berupa suatu label atau graph berarah.

7 KONSEP JARINGAN SEMANTIK Jaringan semantik terdiri dari simpul (NODE) dan busur (ARC). Simpul menyatakan objek, dan busur menyatakan links atau edge. Simpul digunakan untuk menggambarkan objek, konsep dan situasi yang ditunjukkan berupa lingkaran atau kotak, sedangkan busur digunakan untuk menyatakan hubungan antar simpul,ditunjukkan berupa tanda panah.

8 CONTOH JARINGAN SEMANTIK (1)

9 CONTOH JARINGAN SEMANTIK (2) Hubungan merupakan dasar penting dalam jaringan semantik karena menyediakan struktur struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan. Tanpa adanya hubungan, pengetahuan hanya menjadi kumpulan fakta yang tidak berelasi dan tidak ada artinya. Dengan hubungan, pengetahuan menjadi perpaduan struktur dengan pengetahuan lain yang dapat diambil kesimpulannya. Contoh pd gambar bisa diambil kesimpulan bahwa Ann dan Bill adalah kakeknya John, walaupun tidak ada link yang secara eksplisit dilabelkan “kakek dari”.

10 Secara umum ada dua tipe yang digunakan untuk menerangkan link, yaitu : Is-a dan Kind of, kadang ditulis ISA dan AKO. Contoh ISA dan AKO ada di gambar selanjutnya.

11 JARINGAN SEMANTIK DENGAN LINK IS-A dan A-Kind-Of

12 PENJELASAN CONTOH JARINGAN SEMANTIK DENGAN LINK Is-a dan A-Kind- Of (1) Pada gambar tersebut, Is-a berarti adalah “contoh dari” dan merupakan suatu anggota tertentu dari kelas. Suatu kelas direlasikan dengan konsep matematika dari suatu himpunan dari suatu group objek. Link AKO pd gambar adalah untuk merelasikan antara satu kelas dengan kelas lainnya. AKO tidak digunakan untuk merelasikan individu yang khusus karena untuk relasi individu menggunakan IS-A.

13 PENJELASAN CONTOH JARINGAN SEMANTIK DENGAN LINK Is-a dan A-Kind- Of (2) AKO merelasikan suatu kelas individu ke kelas induk dari kelas-kelas dimana individu tersebut merupakan kelas anak. Objek dalam suatu kelas mempunyai satu atau lebih atribut, dan setiap atribut itu mempunyai nilai. Kombinasi atribut dan nilai adalah Properti. Contoh pd gambar : Blimp mempunyai ukuran,berat,bentuk,warna dsb. Nilai atribut dari bentuk Blimp adalah elips. Dengan kata lain, Blimp berbentuk elips.

14 PENJELASAN CONTOH JARINGAN SEMANTIK DENGAN LINK Is-a dan A-Kind- Of (3) Link IS mendefinisikan suatu nilai. Contohnya : Jika presiden di pesawat DC-9, maka Airforce 1 adalah (is) DC-9. Link CAUSE menunjukkan pengetahuan sebab akibat. Contohnya : Udara panas menyebabkan (causes) timbulnya gelembung. Link HAS-A (mempunyai) : merelasikan suatu kelas menjadi sub kelas. HAS-A berlawanan dengan AKO. contoh : Mobil mempunyai mesin (Car has a engine), Mobil adalah Ford (car is a ford). Secara khusus, IS-A merelasikan suatu nilai untuk atribut, sedang HAS-A merelasikan suatu objek menjadi atribut.

15 PERLUASAN JARINGAN SEMANTIK (1)

16 PERLUASAN JARINGAN SEMANTIK (2) Jaringan semantik pada gambar di slide sebelumnya, dapat diperluas (expanding), yaitu dengan menambah node dan menghubungkan dengan node yang bersesuaian pada jaringan semantik. Node baru tersebut dapat merupakan objek tambahan atau properti tambahan. Umumnya penambahan dapat dilakukan dengan 3 cara : objek yang sama, objek yang lebih khusus, dan objek yang lebih umum.

17 PERLUASAN JARINGAN SEMANTIK (3)

18 PERLUASAN JARINGAN SEMANTIK (4) Keterangan : a. Penambahan Objek yang sama Penambahan node “pinguin” yang merupakan objek yang sama dengan “canary” yang sama-sama merupakan “Is a Bird”  hubungan IS-A dari node BIRD. b. Penambahan objek yang lebih khusus Penambahan node “tweety” yang merupakan objek khusus dari node “canary”. Penambahan tersebut memberikan informasi baahwa “tweety” juga termasuk “Bird”.

19 PERLUASAN JARINGAN SEMANTIK (5) c. Penambahan Objek yang lebih umum Kita dapat menambahkan node yang merupakan representasi yang lebih umum dari suatu node, yang di- link kan dengan Arc “IS-A”, misalnya penambahan node “animal” pada node “bird” yang menginformasikan bahwa “bird” termasuk dalam objek “animal”.  Bird is an animal.

20 OPERASI PADA JARINGAN SEMANTIK Salahsatu cara untuk menggunakan jaringan semantik adalah dengan cara bertanya pada node. Contoh pada gambar di slide 17 : Kasus 1 : Jika kita bertanya pada “Bird”  How do you Travel? Jawabannya adalah “Fly” Untuk dapat menjawab, maka node tersebut akan mengecek pada arc dengan label “travel” lalu menggunakan informasi yang ada pada arc tersebut sebagai jawabannya. Demikian juga jika kita bertanya pada “tweety”,jika node tidak menemukan jawaban pada lokal arc, maka akan mencari pada link dengan hubungan “IS-A” yang dimiliki oleh node “tweety” tersebut.

21 GAMBAR UNTUK OPERASI PADA JARINGAN SEMANTIK (1)

22 GAMBAR UNTUK OPERASI PADA JARINGAN SEMANTIK (2)


Download ppt "VISKA ARMALINA, S.T.,M.Eng. REPRESENTASI PENGETAHUAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google