Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL."— Transcript presentasi:

1 MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

2  Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang bertujuan memperjelas suatu pengertian.  Gambar ilustrasi yang baik harus dapat menggambarkan dengan jelas pesan/hal yang ingin disampaikan/dijelaskan.

3  Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.  Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

4 1.Komik Adalah kumpulan gambar ilustrasi yang tersusun menurut urutan cerita yang terpadu sehingga merupakan jalinan cerita yang bersambung.

5 2.Karikatur Berasal dari bahasa latin caricare yang artinya melebih lebihkan atau membuat tonjolan. Jadi karikatur adalah suatu gambar yang menggambarkan wajah yang dilebihkan dari karakter sebenarnya.

6  3.Kartun Berasal dari bahasa inggris cartoon yang artinya lucu. Jadi gambar kartun adalah gambsryang menimbulkan humor atau lucu.

7 4.Ilustrasi Manuskrip Suatu gambar yang digunakan untuk mengiringi suatu yang bersifat sacral atau suci.

8  5.Iustrasi Bacaan Ilustrasi yang digunakan untuk gambar jilid buku atau book jacket.

9 6.Ilustrasi Ruang Ilustrasi yang digunakan untuk mengisi ruangan yang kosong.contoh:ilustrasi isi bukudanilustrasi puisi.

10 7.Ilustrasi Cerita Ilustrasi yang digunakan sebagai pengiring cerita pendek atau cerita bersambung.Contoh:ilustrasi surat kabar,majalah dan tabloid.

11  Sebelum menggambar, ketahuilah ragam ilustrasi yang hendak digambar. Tentukan coraknya dan media yang akan dipakai. Tahap pengerjaan gambar ilustrasi: 1) mencari gagasan 2) membuat sketsa 3) pewarnaan

12 1.Corak realistis adalah suatu gambar yang dibuat seperti aslinya sesuai anatomi dan proporsinya. 2.Corak dekoratif adalah penggubahan corak atau bentuk yang tidak meniggalkan ciri khas karakter dari bentuk aslinya. 3.Corak karikatural adalah suatu corak atau bentuk yang dilebih lebihkan atau ditonjolkan dari sebagian bentuk tubuhnya, namun masih terdapat karakter aslinya

13  Karikatural dibagi 2 yaitu: Karikatur dan Kartun. Karikatur berasal dari bahasa Italia yaitu caricature yang berarti melebih-lebihkan atau menubah bentuk (deformasi). Gambar karikatur hamper sama dengan gambar kartun tetapi menampilkan objek seseorang dengan karakter yang aneh dan lucu. Pada umumnya penggambaran ditonjolkan pada bagian kepala dengan tidak meninggalkan karakter tokoh yang digambar. Biasanya gambar karikatur mengandung sindiran dan kritikan  Kartun adalah gambar yang berfungsi untuk menghibur, karena berisikan humor, gambar kartun dapat berupa gambar tokoh binatang atau manusia.

14

15  Media artinya alat atau bahan. Media ilustrasi harus sesuai dengan tiap media. Bahan bahan yang digunakan antara lain: 1.Cat Air (Water Colour) Cat air adalah bahan pewarna yang terbuat dari pigmen yang sangat halus. Teknik penggunaan cat air ada dua macam yaitu: a.Teknik kering adalah teknik dengan bahan alas kertas dibiarkan tetap kering b.Teknik basah Adalah teknik dengan bahan alas kertas dibasahi dengan air.

16 2.Pensil Warna Ada dua macam bentuk pensil warna yaitu: (1) pensil warna lapisan luar dari kayu dan (2) pensil warna yang mengandung lilin,seperti krayon dan pastel. 3.Cat Poster (poster colour) Sifat cat ini adalah rata dan tidak transparan 4.Tinta Cina Disebut juga tinta bak pertama kali ditemukan di negara Cina


Download ppt "MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP SENI GRAFIS DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google