Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dea rizky fauziah(04) Dewi anggraeni(05) Dewi shinta(06) Ema arista(07) Kartika kusuma g(12) Siti maskhuroh(19) Sri wahyuni(20)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dea rizky fauziah(04) Dewi anggraeni(05) Dewi shinta(06) Ema arista(07) Kartika kusuma g(12) Siti maskhuroh(19) Sri wahyuni(20)"— Transcript presentasi:

1 Dea rizky fauziah(04) Dewi anggraeni(05) Dewi shinta(06) Ema arista(07) Kartika kusuma g(12) Siti maskhuroh(19) Sri wahyuni(20)

2 Pengertian gambar ilustrasi Gambar ilustrasi adalah gambar yang berfungsi sebagai penghiasan serta membantu menjelaskan suatu teks, kalimat,naskah,dll pada buku,majalah,iklan,dsb agar lebih mudah dipahami.

3 PENGERTIAN MENGGAMBAR ILUSTRASI Menggambar ilustrasi adalah cara menggambar yang lebih mengutamakan fungsi gambar itu sendiri sebagai bahasa, untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal atau keadaan.

4 –P–P ada jaman dulu ada bukti gambar-gambar yang terdapat di lembaran daun lontar yang fungsinya juga sebagai hiasan. Contoh yaitu Wayang beber.

5  Ketika Balai Pustaka didirikan th.1917, banyak bermunculan ilustrator dari Indonesia yang bekerja di majalah Panji terbitan Balai Pustaka. Misalnya Ardisoma, Abdul Salam, Kasidi, Nasroen, dan sebagainya.  Masa pendudukan Jepang hasil karya para pemuda yang keluar sesuai dengan keinginan perintah Jepang.

6 Indonesia mulai membuat ilustrasi untuk uang kertas sendiri pada masa orde lama.

7 Sedangkan pada masa orde baru ilustrator Indonesia berkembang dengan pesat, terutama ilustasi buku-buku cerita maupun buku pengetahuan dari berbagai penerbitan

8 1. Gambar Manusia. 2. Gambar Tokoh Binatang. 3. Gambar Tumbuhan.

9 Contoh Gambar Manusia proporsi manusia. sketsa dan detail wajah. Sketsa kaki dan tangan. dalam pose berbagai gerak

10 Contoh Gambar Hewan binatang darat binatang udara. binatang air.

11 Contoh Gambar Tumbuhan gambar tumbuhan.

12 C. Corak Gambar Ilustrasi 1. Realis 2. Karikatur 3. Kartun 4. Gambar Dekoratif

13 Realis Realis artinya gambar dibuat sesuai dengan keadaan yang sebernarnya, baik proporsi maupun anatomi dibuat sama menyerupai dengan objek yang di gambar.

14 Karikatur Karikatur berasal dari bahasa Italia caricature yang berarti melebih- lebihkan atau mengubah bentuk (deformasi).

15 Kartun Kartun adalah gambar yang berfungsi menghibur, karena berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

16 Dekoratif Gambar dekoratif diwujudkan dengan cara menstiril atau mengubah bentuk yang ada di alam tanpa meninggalkan ciri khasnya.

17 D. Ragam Gambar Ilustrasi o 1. Komik Komik berasal dari kata comic yang berarti lucu atau jenaka. o 2. Cover Cover berarti kulit atau sampul pada majalah atau buku. o 3. Ilustrasi Karya Sastra Gambar ilustrasi yang membuat orang tertarik untuk membaca seperti pada cerita pendek atau cerita bergambar

18 E. MEDIA GAMBAR ILUSTRASI Media hitam putih –P–Pada jaman dahulu menggunakan trekpen –S–Sekarang : spidol, rapido, pena dan komputer Media pewarna a.Cat air b.Pensil warna

19 F. LANGKAH MENGGAMBAR ILUSTRASI Gagasan : gagasan bersumber dari bahan yang akan diilustrsikan. Sketsa : mengsket atau membuat rancangan gambar dengan menggunakan pensil warna atau langsung menggunakan media yang akan dipakai. Pewarnaan : setelah mengsket di anggap selesai, kita dapat mewarnai. pewarnaan dalam menggambar ekspresi dapat dilaksanakan dengan dua corak, yaitu corak realis dan corak bukan realis

20 Sekian Terima Kasih 


Download ppt "Dea rizky fauziah(04) Dewi anggraeni(05) Dewi shinta(06) Ema arista(07) Kartika kusuma g(12) Siti maskhuroh(19) Sri wahyuni(20)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google