Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4 – Kuantisasi Data Citra. Ciri dari gambar derajat keabuan adalah memiliki nilai R, G dan B yang sama. Sehingga dapat dituliskan dengan format.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4 – Kuantisasi Data Citra. Ciri dari gambar derajat keabuan adalah memiliki nilai R, G dan B yang sama. Sehingga dapat dituliskan dengan format."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4 – Kuantisasi Data Citra

2 Ciri dari gambar derajat keabuan adalah memiliki nilai R, G dan B yang sama. Sehingga dapat dituliskan dengan format warna (x,x,x). Gambar derajat keabuan ini hanya berisi terang dan gelap tanpa menggunakan warna. Semakin besar nilai x maka gambar akan terlihat semakin terang. Semakin kecil nilai x maka gambar akan terlihat semakin gelap.  (r,r,r)  menunjukkan gambar derajat keabuan dengan mengambil nilai dari layer R. Terang atau gelap sebuah titik tergantung pada nilai layer R yang dimiliki. Semakin besar nilai layer R dari sebuah titik maka semakin terang titik itu. Sebaliknya jika nilai semakin kecil maka akan tampak semakin gelap.

3 Untuk menghasilkan sebuah gambar derajat keabuan yang menggunakan semua komponen warna bisa menggunakan rata-rata dari nilai semua layer. Nilai x menggunakan nilai dari semua layer R, G dan B secara seimbang, dan nilai x harus berada pada 0 s/d 255.

4 Citra hitam putih adalah gambar yang hanya berisi warna hitam atau putih. Hitam bernilai 0 dan putih bernilai 255. Untuk menjadikan gambar derajat keabuan menjadi gambar hitam putih dapat menggunakan rumus sebagai berikut: Rumus tersebut disebut rumus tresholding, dimana nilai tresholdnya adalah 128. Nilai yang kurang dari 128 diubah menjadi 0 (hitam), dan yang lebih dari atau sama dengan 128 diubah menjadi 255 (putih).

5 Proses kuantisasi citra adalah proses mengubah jumlah nilai keabuan, misal menjadi 8 atau 16 nilai derajat keabuan. Untuk melakukan kuantisasi n step nilai dapat menggunakan rumus kuantisasi berikut: Sehingga jika digunakan 8, 16 atau 64 step nilai akan ada range nilai seperti berikut:

6

7  Buatlah form dengan empat buah button, empat buah pictureBox dan sebuah OpenFileDialog.  Aturlah form seperti gambar berikut.

8  Tambahkan empat buah object Bitmap.  Object Bitmap pertama berfungsi untuk menampung gambar asli. Bitmap kedua untuk gambar GrayScale. Bitmap ketiga untuk gambar BlackWhite. Bitmap keempat untuk gambar Kuantisasi 16. Bitmap objBitmap1; Bitmap objBitmap2; Bitmap objBitmap3;

9  Double klik pada button1 dan tambahkan program berikut.  Program tersebut bertujuan untuk melakukan load file image dari komputer. DialogResult d = openFileDialog1.ShowDialog(); if(d == DialogResult.OK) { objBitmap1 = new Bitmap(openFileDialog1.FileName); pictureBox1.Image = objBitmap1; }

10  Double klik pada button2 dan tambahkan program berikut.  Program tersebut bertujuan untuk menampilkan Gambar GrayScale. objBitmap2 = new Bitmap(objBitmap1); for (int x = 0; x < objBitmap1.Width; x++) for (int y = 0; y < objBitmap1.Height; y++) { Color w = objBitmap1.GetPixel(x, y); int r = w.R; int g = w.G; int b = w.B; int xg = (int)((r + g + b) / 3); Color new_w = Color.FromArgb(xg, xg, xg); objBitmap2.SetPixel(x, y, new_w); } pictureBox2.Image = objBitmap2;

11  Double klik pada button3 dan tambahkan program berikut.  Program tersebut bertujuan untuk menampilkan Gambar BlackWhite objBitmap2 = new Bitmap(objBitmap1); for (int x = 0; x < objBitmap1.Width; x++) for (int y = 0; y < objBitmap1.Height; y++) { Color w = objBitmap1.GetPixel(x, y); int r = w.R; int g = w.G; int b = w.B; int xg = (int)((r + g + b) / 3); int xbw = 0; if(xg >= 128) xbw = 255; Color new_w = Color.FromArgb(xbw, xbw, xbw); objBitmap2.SetPixel(x, y, new_w); } pictureBox2.Image = objBitmap2;

12  Double klik pada button4 dan tambahkan program berikut.  Program tersebut bertujuan untuk menampilkan Gambar Kuantisasi 16 objBitmap2 = new Bitmap(objBitmap1); for (int x = 0; x < objBitmap1.Width; x++) for (int y = 0; y < objBitmap1.Height; y++) { Color w = objBitmap1.GetPixel(x, y); int r = w.R; int g = w.G; int b = w.B; int xg = (int)((r + g + b) / 3); int xk = 16*(int)(xg/16); Color new_w = Color.FromArgb(xk, xk, xk); objBitmap2.SetPixel(x, y, new_w); } pictureBox2.Image = objBitmap2;

13

14  Tambahkan program untuk mengubah nilai threshold dari hitam putih dengan nilai rata-rata dari derajat keabuan semua titik. Dan tambahkan textBox agar user dapat merubah nilai threshold sesuai keinginan user.  Tambahkan textBox untuk input nilai kuantisasi. Sehingga user dapat mengganti kuantisasi sesuai keinginan.

15  Tuliskan kode program yang anda anggap penting beserta penjelasannya.  Jelaskan perbedaan GrayScale menggunakan nilai rata-rata RGB dan GrayScale yang menggunakan satu layer R, G atau B saja.  Jelaskan perbedaan gambar hitam putih dari beberapa nilai trhreshold yang sudah anda coba.  Jelaskan perbedaan dari hasil kuantisasi yang telah anda lakukan.


Download ppt "Pertemuan 4 – Kuantisasi Data Citra. Ciri dari gambar derajat keabuan adalah memiliki nilai R, G dan B yang sama. Sehingga dapat dituliskan dengan format."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google