Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UKM PENELITIAN DAN PENGKAJIAN INTERDISIPLINER GAMA CENDEKIA UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2014 “Keunggulan kompetitif sebuah masyarakat bukanlah hasil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UKM PENELITIAN DAN PENGKAJIAN INTERDISIPLINER GAMA CENDEKIA UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2014 “Keunggulan kompetitif sebuah masyarakat bukanlah hasil."— Transcript presentasi:

1 UKM PENELITIAN DAN PENGKAJIAN INTERDISIPLINER GAMA CENDEKIA UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2014 “Keunggulan kompetitif sebuah masyarakat bukanlah hasil dari seberapa bagus sekolah mengajarkan perkalian dan tabel periodic, melainkan dari seberapa bagus sekolah dapat merangsang imajinasi dan kretivitas” –Albert Einstein PROJECT GAMA CENDEKIA 2014 LET’S DO THE RESEARCH!, LET’S BUILD UP YOUR CREATIVITY!

2 ANALISIS PENGARUH KONDISI SANITASI TERHADAP TINGKAT KESEHATAN MASYARAKAT

3 Latar belakang Pada umumnya air limbah sanitasi di perkotaan ataupun pendesaan dibuang langsung ke badan air ( sungai, selokan, dan danau ). Unicef ( 2012 ) menerangkan bahwa diare yang ditimbulkan akibat sanitasi buruk merupakan salah satu penyebab kematian balita ( 1 bln – 1 thn ) di Indonesia dengan persentase 31 %.

4 permasalahan Apa dampak negatif yang ditimbulkan dari sanitasi buruk pada suatu daerah ? Bagaimana pengaruh kondisi sanitasi terhadap kualitas kesehatan masyarakat sekitar ?

5 Tujuan PENELITIAN Mengetahui dampak negatif dari sanitasi buruk pada suatu daerah ? Mengetahui pengaruh kondisi sanitasi terhadap kualitas kesehatan masyarakat

6 Metode PENELITIAN Survei Sosial Ekonomi Responden disetiap Kecamatan ( tersebar merata tiap kelurahan )

7 Analisa data Kualitas Kesehatan Masyarakat Deskriptif -Komparatif

8 CONTOH Hasil PENELITIAN Gambar 1.Persentase gangguan kesehatan yang terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Bandung Gambar 2. Persentase Sumber air minum

9 ( a ) ( b ) Gambar 3. ( a ) Pembuangan air limbah ( b ) Permasalahan pembuangan air limbah Gambar 4. Jumlah pendapatan / bulan

10 Daftar pustaka Unicef Indonesia Ringkasan Kajian : Air Bersih, Sanitasi, dan Kebersihan. Unicef. Hal : 1.

11 PENGUJIAN KUALITAS AIR MINUM DI BEBERAPA KANTIN DAN KAWASAN JAJAN UGM

12 Latar belakang -Semakin banyak sarjana UGM yang gagal pada tes kesehatan pada saat melamar pekerjaan -Menerapkan pola hidup sehat dengan jajan sehat di tempat yang sehat -Peduli pada kebersihan lingkungan sekitar Tujuan Menguji secara biologi kualitas beberapa jenis sampel air di lingkungan kampus UGM

13 METODE PENELITIAN Alat dan Bahan : botol bekas air mineral atau plastic, cawan petri, tabung reaksi, erlenmeyer, bunsen, mikropipet dan tip, sedangkan bahan yang diperlukan, antara lain berbagai sampel air di beberapa kantin UGM (air es batu balok, air es batu bulat, air), beberapa jenis medium, yaitu NA (Nutrien Agar), Endo Agar, BGBB (Brilliant Green Bile Broth) dan SSA (Salmonella Shigella Agar) serta air steril.  Mengambil sampel di kantin beberapa fakultas di UGM  Perbandingan tingkat kekeruhan dan warna  Pengujian laboratorium: deteksi bakteri E. coli dan Salmonella di dalam air  Pengamatan dan perhitungan jumlah koloni  Analisis data

14 1. Membandingkan tingkat kekeruhan dan warna semua sampel air. 2. Dilakukan pengenceran hingga Inokulasi ke beberapa jenis medium untuk pertumbuhan mikroorganisme E.coli dan mikroorganisme patogen 4. Inkubasi Jam 5. Pengamatan dan Perhitungan 6. Analisis Data 7. Penyusunan Publikasi (poster, dsb) METODE PENELITIAN

15 LOKASI PENGAMBILAN SAMPEL (OPTIONAL)  BURJO  FOODCOURT UGM  KANTIN FAKULTAS  ANGKRINGAN  WARUNG MAKAN

16 T IM S ERBUK K AYU Achmad Widiyatmoko

17 D ESKRIPSI Tim serbuk kayu merupakan ‘Project Team’ yang secara khusus dan mendalam melakukan kajian terhadap serbuk kayu hasil limbah samping dari pengolahan kayu. Kajian yang dilakukan meliputi penelitian dan juga inovasi terhadap pengolahannya menjadi produk yang memiliki nilai guna dan ekonomis.

18 S UB T IM BioChar Media Tanam Bricket Recycling

19 B IO C HAR Serbuk kayu dibakar dengan metode pirolisis sehingga diperoleh BioChar BioChar ini dapat dipergunakan sebagai tempat tumbuh bakteri yang mampu menyuplai kebutuhan unsur yang diperlukan tumbuhan.

20 B RICKET Bricket dipergunakan untuk pembakaran yang proses pembuatannya dengan ditekan pada tekanan tinggi agar serbuk mengalami pemampatan. Dilakukan uji kalori serta hal” lain dari hasil bricket yang dihasilkan sehingga diketahui kualitas dari bricket tersebut.

21 M EDIA T ANAM Serbuk kayu juga sering digunakan sebagai media tumbuh dari Jamur. Penelitian dilakukan dengan mencoba alternatif tanaman atau komposisi dari media tanam yang dimodifikasi.

22 R ECYCLING Serbuk kayu yang ada juga dapat diolah kembali menjadi bahan- bahan properti, seperti tripleks, board dst.

23 IDENTIFIKASI PENCEMARAN MIKROPLASTIK DI SUNGAI CODE SEBAGAI UPAYA MELINDUNGI PERAIRAN DI SEKITAR KOTA JOGJA

24 MIKROPLASTIK adalah istilah bagi butiran plastik yang ukurannya lebih kecil dari lima milimeter

25 LATAR BELAKANG Mengalir melalui saluran pembuangan, lalu berakhir ke perairan darat (sungai) maupun laut Di dalam air, mikroplastik dapat menyerap zat kimia beracun Banyak produk kosmetik yang dicampur dengan mikroplastik (polietilen, poliepropilen) Mikroplastik yg mengandung racun, menempel di kulit ikan juga masuk kedalam tubuh ikan, remis, dan tiram

26 mikroplastik

27 METODE (Analisis Kualitatif) air yang mengandung sedimen Disaring menggunakan kertas saring Diamati di bawah mikroskop Sedimen yang diperoleh dikeringkan Sampel :

28 Dianalisis menggunakan FTIR (spektroskopi infra merah) dengan λ nm Padatan sedimen yg diperoleh (

29


Download ppt "UKM PENELITIAN DAN PENGKAJIAN INTERDISIPLINER GAMA CENDEKIA UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2014 “Keunggulan kompetitif sebuah masyarakat bukanlah hasil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google