Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKA FITRIYANI, 2303407025 Model pembelajaran bahasa Arab dengan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas VII A MTs Nurul Hudan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKA FITRIYANI, 2303407025 Model pembelajaran bahasa Arab dengan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas VII A MTs Nurul Hudan."— Transcript presentasi:

1 IKA FITRIYANI, Model pembelajaran bahasa Arab dengan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas VII A MTs Nurul Hudan Dempet Demak

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : IKA FITRIYANI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa Arab - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - kaiku_cute pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Darul Qutni, M.S.I - PEMBIMBING 2 : Hasan Busri, M.S.I - TGL UJIAN :

3 Judul Model pembelajaran bahasa Arab dengan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas VII A MTs Nurul Hudan Dempet Demak

4 Abstrak Fitriyani, Ika Metode Global Untuk Meningkatkan Membaca Nyaring Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIIA MTs Nurul Huda Dempet Kabupaten Demak. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbimg I: Darul Qutni, S.Pd.I,M.S.I, Pembimbing II: Hasan Busri, S.Pd.I,M.S.I. Kata kunci:keterampilan membaca nyaring, metode global. Keterampilan membaca merupakan keterampilan ketiga yang harus dikuasai dalam belajar bahasa yaitu setelah keterampilan menyimak (istima’) dan keterampilan berbicara (kalam). Namun membaca tidak boleh hanya dipandang sebagai batu loncatan bagi keterampilan lainya, tetapi membaca harus mendapat perhatian yang serius. Kemampuan membaca nyaring siswa kelas VIIA MTs Nurul Huda Dempet tergolong masih rendah yang disebabkan oleh kurangnya penguasaan fonologi huruf Arab dan guru menggunakan metode langsung untuk pembelajaran membaca nyaring sehingga siswa yang kurang memahami fonologi huruf Arab kesulitan dalam mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Oleh karena itu, perlu ada alternatif metode untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring teks berbahasa Arab. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode global untuk meningkatkan kemampuan membaca teks Arab. Berdasarkan uraian diatas, permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: (1) Bagai manakah pembelajaran keterampilan membaca nyaring siswa kelas VIIA MTs Nurul Huda Dempet Kabupaten Demak menggunakan metode global, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan metode global pada siswa kelas VII A MTs Nurul Huda Dempet Kabupaten Demak dan (3)Apa kelebihan dan kekurangan metode global dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Nurul Huda Dempet Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaf dan kualitatif dengan desain penelitian tindak kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca nyaring berbahasa Arab dengan metode global mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tiap siklus, siklus I 62,97 dengan 8 siswa mendapat niai baik, 15 siswa mendapat nilai cukup, 16 siswa mendapat nilai kurang dan 1 siswa mendapat nilai sangat kurang dan siklus II 77,87 dengan 4 siswa mendapat nilai sangat baik, 31 siswa mendapat nilai baik, 5 siswa mendapat nilai cukup dan tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang.. Metode global ini sangat cocok untuk pembelajar pemula. Dengan demikian dapat disimpulkan peningkatan membaca nyaring kalimat sederhana berbahasa Arab dengan metode global adalah 23,67%.

5 Kata Kunci keterampilan membaca nyaring, metode global

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "IKA FITRIYANI, 2303407025 Model pembelajaran bahasa Arab dengan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas VII A MTs Nurul Hudan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google