Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PADA TEKNIK MESIN.  Kualitas produk merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan, oleh karenanya pengetahuan tentang pengukuran yang dilakukan terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PADA TEKNIK MESIN.  Kualitas produk merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan, oleh karenanya pengetahuan tentang pengukuran yang dilakukan terhadap."— Transcript presentasi:

1 PADA TEKNIK MESIN

2

3  Kualitas produk merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan, oleh karenanya pengetahuan tentang pengukuran yang dilakukan terhadap benda kerja merupakan hal yang sangat vital dalam menjamin kualitas dari produksi yang dihasilkan.  Pengetahuan tentang pengukuran yang dimaksud adalah pengetahuan teknik untuk melakukan pengukuran atas bagian-bagian dan suatu benda hasil produksi, dengan alat dengan cara yang tepat, sehingga hasil pengukurannya dianggap sebagai hasil yang paling dekat dengan ukuran sesungguhnya.

4 Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, anda dapat:  menggunakan alat ukur presisi rendah.  Merawat jenis alat ukur presisi rendah.

5  METERAN KAIN  ROLL METER  MISTAR PLASTIK  MISTAR BAJA

6  Meteran kain terbuat dari bahan yang lentur/ elastis. Sehingga untuk mengukur suatu benda yang keras/ padat, maka tingkat kepresisiannya rendah. Apabila dipakai sebagai alat ukur guna mengukur hasil benda kerja pemesinan tidak tepat. Meteran kain standartnya dipakai oleh tukang kain

7  Roll meter ini dibuat dari pelat baja yang lebih tipis dari pada mistar baja. Sifatnya lemas/ lentur sehingga dapat digunakan untuk mengukur bagian-bagian yang cembung dan menyudut, seperti: mengukur panjang, keliling bidang lengkung (bundar).

8  Mistar plastik adalah alat ukur yang menggunakan bahan plastik untuk menyimpan sistim satuan pengukuran. Sepanjang mistar ini terdapat ukuran-ukuran satuan inchi dan metrik. Mistar plastik terdapat keterbatasan untuk melakukan pengukuran, karena bentuknya yang kurang panjang.

9  Mistar baja adalah alat ukur yang terbuat dari baja tahan karat. Permukaan dan bagian sisinya rata dan halus, di atasnya terdapat guratan-guratan ukuran, ada yang dalam satuan inchi, sentimeter dan ada pula yang gabungan inchi dan sentimeter/ milimeter.

10  Penyimpanan yang baik harus bebas dari sinar matahari langsung, kelembapan tinggi dan debu serta kotoran  Hindarkan benturan rusaknya bidang periksanya.yang dapat merusak sisi-sisi ukurnya  Pemeliharaan yang utama untuk alat ukur presisi rendah yang terbuat dari logam ialah menjaganya dari karat dan bengkok

11  Mengukur adalah membandingkan obyek benda yang diukur dengan alat ukur standar. Ketelitian alat ukur didefinisikan sebagai kemampuan baca terkecil dari alat ukur. Satuan ukur adalah nilai suatu ukuran. Pembacaan nilai suatu ukuran dalam pengukuran menganut pada dua sistem yaitu: metrik sistem dan imperial system.  Macam-macam alat ukur presisi rendah:  Meteran kain, ketelitian meteran gulung 1mm  Roll meter, ketelitian roll meter 1 mm  Mistar Platik, ketelitian roll meter 1 mm  Mistar baja Ketelitian mistar baja adalah 0,5 mm

12


Download ppt "PADA TEKNIK MESIN.  Kualitas produk merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan, oleh karenanya pengetahuan tentang pengukuran yang dilakukan terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google