Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALAT UKUR MEKANIK KELOMPOK 3. MACAM – MACAM ALAT UKUR MEKANIK  Penggaris atau Mistar  Jangka Sorong  Micrometer  Dial Indikator  Silinder Gauge 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALAT UKUR MEKANIK KELOMPOK 3. MACAM – MACAM ALAT UKUR MEKANIK  Penggaris atau Mistar  Jangka Sorong  Micrometer  Dial Indikator  Silinder Gauge "— Transcript presentasi:

1 ALAT UKUR MEKANIK KELOMPOK 3

2 MACAM – MACAM ALAT UKUR MEKANIK  Penggaris atau Mistar  Jangka Sorong  Micrometer  Dial Indikator  Silinder Gauge  Tachometer

3 PENGGARIS atau MISTAR  Penggaris adalah sebuah alat pengukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus. Terdapat berbagai macam penggaris, dari mulai yang lurus sampai yang berbentuk segitiga (biasanya segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku 30°–60°).

4 Beberapa contoh gambar Penggaris atau Mistar.

5 JANGKA SORONG  Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm.

6 Dari gambar tersebut kita biasa membacanya yaitu 9,15 mm.

7 MICROMETER  Mikrometer adalah alat ukur yang dapat mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian 0.01 mm.

8 Dari gambar tersebut kita bisa membacanya yaitu 4,62 mm.

9 DIAL INDIKATOR  Dial indicator adalah alat ukur posisi yang secara mekanikal memperbesar gerakan axial dari spindle yang sangat kecil dan diteruskan ke pointer. Dalam menggunakan dial indicator biasanya dipakai juga stand untuk memperkuat pemasangan, dimana stand tersebut dilengkapi dengan magnet.

10 Contoh gambar untuk Dial Indikator.

11 SILINDER GAUGE  Cylinder gauge adalah alat untuk mengukur diameter silinder. Konstruksi alat ini terdiri dari sebuah jam ukur dan pada ujung lain terdapar runcing pengukur (measuring point). Adapun komponen lain adalah cincin pengganti (replacement washer) dan batang pengganti (replacement rod). Kedua kompenen ini baik cincin pengganti maupun batang pengganti tealah memiliki spesifikasi ukuran tertentu.

12 Contoh gambar untuk Silinder Gauge. Gambar untuk Silinder Gauge.

13 TACHOMETER  Tachometer adalah sebuah alat pengujian yang dirancang untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, seperti alat pengukur dalam sebuah mobil yang mengukur putaran per menit (RPM) dari poros engkol mesin.

14 TERIMA KASIH Oleh: A. Nuzul Herianto Anjas Manarang Ardin Fahmi Nurdin Zaenal Abidin Fahri Wijayanto Eko Setiabudi Farlan Adiguswanto Nea Muh. Azwar Amir


Download ppt "ALAT UKUR MEKANIK KELOMPOK 3. MACAM – MACAM ALAT UKUR MEKANIK  Penggaris atau Mistar  Jangka Sorong  Micrometer  Dial Indikator  Silinder Gauge "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google