Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Present By : 1. Muhammad Rozikhin 201233040 2. Tita Arpiani 201233013 3. Maria Ulfah 201233019 4. Septya Refinda 201233035 5. Sherly Rahayu 201233125 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Present By : 1. Muhammad Rozikhin 201233040 2. Tita Arpiani 201233013 3. Maria Ulfah 201233019 4. Septya Refinda 201233035 5. Sherly Rahayu 201233125 6."— Transcript presentasi:

1 Present By : 1. Muhammad Rozikhin Tita Arpiani Maria Ulfah Septya Refinda Sherly Rahayu Bernadeta Gobai

2 1. Spigmomanometer Tekanan Darah 3. Stetoscop Auskultrasi 4. Thermometer Suhu

3

4

5 1.Lebih akurat diantara lainnya. 1.Penggunannya sedikit rumit. 2.Terjadinya resiko radiasi logam berat.

6 Cara Penggunaannya : 1. Buka Spigmomanometer tersebut. 2. Geser jarum ke arah ON agar air raksa naik. 3. Raba nadi pasien yang akan anda periksa, kemudian pasang manset sesuai dengan ukuran pasien. 4. Lilitkan manset Spigmomanometer pada lengan atas (Kiri atau Kanan) di atas siku. 5. Upayakan Spigmomanometer diletakkan sejajar dengan jantung baik dalam posisi tidur maupun duduk atau berdiri, tangan diperiksa dalam keadaan rileks. 6. Tutup katup pengatur udara pada pompa karet manset Spigmomanometer dengan cara memutar ke kanan sampai habis. 7. Pasang Stetoscop ada telinga Anda kemudian bagian yang pipih ditempelkan pada bagian lipatan siku disebelah bawah lilitan manset. 8. Pompalah udara kedalam manset dengan cara menekan pompa karet berulang-ulang sampai tekanan menunjukkan angka 140 mmHg. 9. Manset yang dipompa menyebabkan tekanannya meningkat dan menekan Arteri Brachialis sehingga aliran darah berhenti mengalir. 10. Buka kembali katup pengatur udara dengan cara memutar kekiri sedikit, dengar dan amati suara dari Stetoscop yang timbul ketika katup manset dibuka kemudian sambil mengamati angkanya. 11. Detakan yang didengar untuk pertama kali adalah sistolik, sedangkan detakan yang terakhir sebelum suara benar-benar hilang adalah suara diastolik. 12. Kemudian, rapikan kembali perlengkapan Sfigmomanometer tersebut.

7 Cara Pembersihannya

8 1. Penghitungan lebih jelas.1.Penggunaan lebih rumit.

9 Cara Penggunaanya : 1.Atur tangan dengan posisi supinasi. 2.Keataskan lengan baju. 3.Pasang manset pada lengan atas, 3 cm diatas fossa cubitti dan jangan pada lengan yang terpasang infus. 4.Memasang manset jangan terlalu ketat maupun longgar tetapi yang pas melekat pada lengan. 5.Pasang stetokop di bawah manset pas diatas arteri brakialis untuk memudahkan auskultasi (atau boleh di luar manset). 6.Tentukan denyut nadi radialis 7.Pompakan balon manset sampai nadi radialis tidak teraba dan pompakan lagi kira-kira 20 mmHg setelah nadi tidak teraba. 8.Pasang stetoskop pada telinga sambil memegang nadi radialis turunkan udara dalam manset sampai terdengar bunyi koroktoff pertama dan pertama kali denyut nadi teraba ingat-ingat angka pada tensimeter, itu adalah tekanan sisitolik, kemudian turunkan lagi sampai bunyi tidak terdengar pertama kali itu adalah tekanan diastolic. 9.Catat hasil pengukuran dan beritahukan kepada pasien, missal : sistolik 150 mmHg dan diastolic 100 mmHg atau ditulis TD: 150/100 mmHg

10 1.Aman, karena tidak menggunakan air raksa yang beresiko radiasi logam berat. 2.Praktis, hasil pengukuran langsung ditampilkan pada layar digital. 3.Multifiltur, alat ini biasanya dilengkapi fitur lain yang bermanfaat. Ex. Seperti grafik tekanan darah. 4.Tidak perlu pelatihan khusus untuk menggunakannya. 1.Tingkat akurasi pengukuran lebih rendah. 2.Akurasi pengukuran bergantung pada kondisi baterai, usia pemakaian, dan teknologi produk.

11 Cara Penggunaannya : 1.Atur tangan dengan posisi supinasi. 2.Keataskan lengan baju. 3.Pasang manset pada lengan atas, 3 cm diatas fossa cubitti dan jangan pada lengan yang terpasang infus. 4.Memasang manset jangan terlalu ketat maupun longgar tetapi yang pas melekat pada lengan. 5.Pasang stetokop di bawah manset pas diatas arteri brakialis untuk memudahkan auskultasi (atau boleh di luar manset). 6.Tentukan denyut nadi radialis 7.Nyalakan tombol ON pada Spigmomanometer. 8.Tunggu hasil pada layar Spigmomanometer dalam beberapa menit kemudian.

12 Air RaksaDigital

13 Kelebihan 1.Raksa dapat menyerap / mengambil panas dari suhu sesuatu yang diukur. 2.Raksa memiliki sifat yang tidak membasahi medium kaca pada termometer. 3.Raksa dapat dilihat dengan mudah karena warnanya yang mengkilat. 4.Raksa memiliki sifat pemuaian / memuai yang teratur dari temperatur ke temperatur. 5.Raksa memiliki titik beku dan titik didih yang rentangnya jauh, sehingga cocok untuk mengukur suhu tinggi. Kelemahan 1.Titik bekunya tinggi sehingga tidak cocok untuk mengukur suhu di daerah dingin. 2.Raksa merupakan zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan. 3.Raksa harganya mahal.

14 1. Memegang termometer dengan tangan kiri dan ambil tissu kemudian basahi dengan air sabun. 2. Lap termometer memakai tissu tersebut dengan gerakan memutar dari atas ke arah reservoir. 3. Tissu yang telah digunakan dibuang dengan bengkok. 4. Masukkan termometer kedalam larutan desinfektan 5% selama 3 menit. 5. Lap dengan tissu dari atas ke arah reservoir dan buang tissu yang kotor. 6. Masukkan termometer ke air bersih. 7. Mengeringkan termometer dengan tissu dengan cara memutar dari reservoir ke atas. 8. Buang tissu yang kotor. 9. Menurunkan air raksa dan menyimpan termometer di tempatnya. 10. Mencuci tangan.

15 Kelebihan 1.Non-kontak pengukuran temperatur tidak berpengaruh pada objek yang diukur. 2.Cepat respon dan pergerakan benda dapat diukur dan suhu transien. 3.Keakuratan pengukuran, resolusi tinggi kecil. 4.Rentang pengukuran besar. 5.Suhu pengukuran wilayah kecil. 6.Bisa menjadi titik waktu yang sama, garis, suhu permukaan. 7.Dapat diukur suhu mutlak, kelembaban relatif dapat diukur. Kelemahan 1.Paparan terhadap pengaruh temperatur pada suhu objek yang diukur. 2.Tidak cocok untuk mengukur suhu transien. 3.Tidak mudah untuk mengukur benda bergerak. 4.Rentang pengukuran tidak cukup luas, dan perlengkapan. 5.Tidak cocok untuk mengukur beracun, tekanan tinggi, dan kesempatan berbahaya.

16 Kelebihan 1.Sistem digital lebih mudah dirancang. 2.Penyimpanan informasi mudah dilakukan. 3.Ketetapan dan ketelitiannya lebih tinggi. 4.Operasinya dapat mudah digunakan. 5.Sistem digital lebih kebal terhadap noise. Kelemahan 1.Alat mudah error sehinga menghambat transmisi. 2.Apabila terjadi gangguan, maka sistem operasi tidak berjalan.

17

18 Kelebihan 1.Keakuratan stestoskop bergantung produk yang digunakan. Kelemahan 1.Semakin mahal harga alat, mutu stetoskop semakin baik

19 1. Copot eartip dan bersihkan. Yang harus diperhatikan adalah melakukannya dengan rutin 1 bulan sekali, jika memang dipakai setiap hari. Agar performa akustik tetap baik. Untuk pembersihan, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah pembersih untuk vinil, plastik dan karet, pembersih logam, pelumas, tisu. 2. Usap seluruh permukaan diafragma dan bell dengan alcohol isopropyl 70%. Cuma diagfragma dan bell. Hal ini bisa mengurangi jumlah bakteri hingga 94%. Lalu beri sedikit pelumas khusus di lubang suara, putar- putar agar pelumas tersebar. 3. Untuk pipa karet, bersihkan dengan pembersih vinil, plastic, dan karet. 4. Jangan pernah mencelupkan stetoskop ke dalam cairan apapun, atau terkena proses sterilisasi, misalnya menggunakan alcohol. Jika desinfektan diperlukan, pakailah larutan alcohol isopropil 70%. 5. Jauhkan dari panas dan dingin yang ekstrim, minyak, dan pelarut lainnya. 6. Pipa stetoskop biasanya terbuat dari PVC (polyvinylchloride). PVC ini lama-lama akan menjadi kaku bila bersentuhan dengan kulit, karena ada minyak yang keluar dari sana. Jadi, bila mau digantungkan di leher, jangan langsung kena kulit leher, gantungkan di kerah baju atau jas. Hal ini memang tidak mencegah kekakuan, tapi bisa memperlama terjadinya kekakuan tersebut.

20 Terima kasih kepada Allah SWT Mira Asmirajanti, S.Kep., M.Kep. Sebagai Pembimbing Terima kasih kepada orang tua tercinta dan seluruh civitas UEU Dipersembahkan oleh: Muhammad Rozikhin Tita Apriani Maria Ulfah Septya Refinda Sherly Rahayuu Bernadeta Gobai Universitas Esa


Download ppt "Present By : 1. Muhammad Rozikhin 201233040 2. Tita Arpiani 201233013 3. Maria Ulfah 201233019 4. Septya Refinda 201233035 5. Sherly Rahayu 201233125 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google