Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP By : Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si. Fakultas Hukum UI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP By : Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si. Fakultas Hukum UI."— Transcript presentasi:

1 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP By : Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si. Fakultas Hukum UI

2 Jawablah pertanyaan berikut dalam selembar kertas (anonim) 1.Apabila waktu hidup anda di dunia tinggal 30 hari lagi, apa hal terakhir yang ingin anda lakukan? 2.Apa cita-cita anda ketika masih kecil (berusia di bawah 10 tahun?)

3 Apa itu pandangan hidup? Bagaimana manusia memandang kehidupan Bagaimana manusia memiliki konsepsi tentang kehidupan

4 Hal-Hal yang mempengaruhi pandangan hidup Latar belakang sosial, budaya, pendidikan, ekonomi Pengalaman Lingkungan (keluarga – masyarakat – negara)

5 Tipe manusia berdasarkan nilai hidupnya (Edward Spranger) 1.Manusia ekonomi 2.Manusia politik 3.Manusia sosial 4.Manusia pengetahuan 5.Manusia seni 6.Manusia agama

6 Manusia Ekonomi Suka bekerja Suka mengumpulkan harta Efisien dengan pengeluaran

7 Pandangan hidup juga tidak terlepas dari masalah nilai dalam kehidupan manusia pada umumnya. Pandangan hidup yang sempurna yang merupakan wujud pertama kebudayaan tidak boleh terlepas dari nilai budaya.

8 5 masalah dasar manusia (Variations in Value Orientation), C. Kluckhohn, 1961 Manusia dan hidup Manusia dan karya Manusia dalam waktu Manusia dan alam Manusia dan sesama manusia

9 Sistem nilai manusia dan karya : pandangan tentang karya seni Basuki Abdullah > naturalisme = sesuatu dapat dikatakan indah apabila sesuai dengan keindahan alam S. Soedjojono > ekspresionisme = nilai seni yang indah menggambarkan ekspresi sang pelukis. Popo Iskandar > abstraksisme/ kubisme = pandangan hidup tidak terikat oleh alam ataupun perasaan pelukis, tetapi menciptakan yang baru yang lebih mengarah kepada abstraksi.

10 CITA-CITA (Kamus Umum Bahasa Indonesia) Cita-cita adalah keinginan,harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Keinginan, harapan, maupun tujuan tersebut merupakan orientasi yang ingin diperoleh seseorang pada masa mendatang. Cita-cita merupakan semacam garis linear yang makin lama makin tinggi.

11 Tiga faktor menentukan pencapaian cita-cita 1.Faktor manusia 2.Faktor kondisi 3.Faktor tingginya cita-cita

12 There is a saying... “past is history, future is mystery, today is a gift, that’s why it is called ‘present’

13 Pandangan hidup agama : “Orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin adalah orang yang celaka, yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang merugi, yang hari ini lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung...”

14 Contoh Aktualisasi Pandangan Hidup : Aborsi di AS

15 Contoh Aktualisasi Pandangan Hidup : Hak Pilih Perempuan di AS

16 Contoh Aktualisasi Pandangan Hidup : Kasus Ahmadiyah Adnan Buyung vs Ma’ruf Amin

17 Contoh Aktualisasi Pandangan Hidup : Pensikapan terhadap Sensor Film & Pornografi

18 Differently abled persons

19 Vertical limit

20 Faktor2 yang menentukan tingkah laku seseorang 1.Faktor pembawaan (bawaan orok?) 2.Faktor lingkungan 3.Faktor pengalaman

21 ETIKA Etika > ethos (Yunani) yang berarti watak kesusilaan atau adat Etika dipergunakan dalam mengkaji suatu sistem nilai yang ada, misalnya sesuai atau tidak dengan norma yang berlaku. Moral dipergunakan untuk perbuatan yang sedang dinilai. Istilah lain untuk etika = susila atau akhlak

22 (Ensiklopedi Indonesia) “Etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang menentukan bagaimana sebaiknya manusia hidup dalam masyarakat, apa yang baik dan apa yang buruk, segala ucapan harus senantiasa berdasarkan hasil-hasil pemeriksaan tentang peri keadaan hidup dalam arti kata seluas-luasnya.”

23 NORMA Norma merupakan aturan, ukuran, atau pedoman yang dipergunakan dalam menentukan sesuatu, betul atau salah, baik atau buruk. Norma dalam suatu masyarakat tentulah berbeda dengan norma dalam masyarakat lain karena masing-masing disesuaikan dengan adat kebiasaannya. Walau demikian ada beberapa yang sama dan disebut sebagai norma yang berlaku umum.

24 (Achmad C. Zubair) : Norma yang berlaku umum ada tiga : 1.Sopan santun 2.Hukum 3.moral

25 Norma Sopan Santun Norma sopan santun hanya berlaku berdasarkan suatu kebiasaan. Norma moral adalah nilai-nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan moral atau kesusilaan.

26 Contoh Pandangan Hidup (1): HIDUP AKAN LEBIH BERMAKNA JIKA… Menjadi orang shaleh Panjang usia banyak kebaikan untuk orang lain mandiri bahagia sukses dunia akhirat

27 Contoh Pandangan Hidup (2) : PRIBADI IDEAL ADALAH... TERUS MENERUS BELAJAR UNTUK MEMENUHI VISI PRIBADI DAN HIDUP MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN BANYAK ORANG SEBAGAI PEMIMPIN UNTUK DIRI, ORANG LAIN, DAN LEMBAGA MEMBANGUN INSTITUSI PUSAT KEBAIKAN UNTUK PELAYANAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT YANG BERADAB

28 Pandangan Hidup Terpidana Mati?

29 Pandangan Hidup Anak Penghuni LP Anak?

30 Satu Thailand Beragam Pandangan Hidup : Pattani vs Bangkok

31 Satu Philippina Beragam Pandangan Hidup : Pinoy vs Moro


Download ppt "MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP By : Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si. Fakultas Hukum UI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google