Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ciri-ciri mahluk hidup. Kompetensi -Memberi contoh hewan yang memiliki Khusus -Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki kelelawar -Menjelaskan ciri khusus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ciri-ciri mahluk hidup. Kompetensi -Memberi contoh hewan yang memiliki Khusus -Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki kelelawar -Menjelaskan ciri khusus."— Transcript presentasi:

1 Ciri-ciri mahluk hidup

2 Kompetensi -Memberi contoh hewan yang memiliki Khusus -Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki kelelawar -Menjelaskan ciri khusus yang dimiliki kelelawar dengan lingkungan hidupnya -Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki cicak -Menjelaskan ciri khusus yang dimiliki cicak dengan lingkungan hidupnyaMenyebutkan ciri khusus yang dimiliki bunglon -Menjelaskan ciri khusus yang dimiliki bunglondengan lingkungan hidupnya Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes

3 Ciri-ciri Khusus Hewan Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes 1.Alat pendeteksi Benda pada kelelawar Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang.Sayapnya terbuat dari kulit tipis.Kulit tipis ini membentang antara tulang-tulang jari dan tulang lengannya Pada bagian atas tiap- tiap sayap terdapat cakar yang digunakan untuk melekat pada baruan saat merangkak dalam gua tempat tinggalnya.Kelelawar mencari makananya pada malam hari. Pada siang hari hewan ini tidur.Kebanyakan kelelawar memakan serangga.Beberapa kelelawar juga makan buah,madu,ikan,mamalia kecil,dan reptil.Untuk mencari jalan dan makanan dalam kegelapan malam,kelelawar memiliki sistem deteksi dalam tubuhnya.

4 Ciri-ciri Khusus Hewan Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes Kelelawar memancarkan bunyi berfrekfensi tinggi melalui mulutnya.Bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda-benda disekitarnya seperti cabang pohon atau serangga.Dengan mendengar gemanya,kelelawar dapat memperkirakan jauhnya rintangan atau makanan.Kemampuan kelelawar tersebut dinamakan kemampuan ekolokasi.Dengan kemampuan ekolokasi kelelawar dapat terbang dikegelapan malam mencari makananya tanpa menabrak apapun.

5 Ciri-ciri khusus Hewan Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes 2. Kaki lengket pada cicak Cicak senang merayap didinding-dinding rumah.Makanan cicak berupa serangga,lalat dan larron.Serangga-serangga tersebut dapat terbang.Sehingga untuk mendapatkannya cicak harus merayap didinding atau langit-langit rumah.Agar tidak terjatuh saat merayap didinding atau langit-langit rumah,cicak memiliki perekat ditelapak kakinya.Pada telapak kaki tokek terdapat lapisan berupa stuktur seperti rambut yang lengket.Lapisan yang lengket ini memungkinkan cicak memanjat dinding tegak lurus atau berjalan terbalik diatas langit- langit rumah.Hal ini memudahkan dalam menangkap serangga makanannya

6 Ciri-ciri Khusus Hewan Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes 3. Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon Bunglon merupakan hewan yang gerakannya lambat.Makanannya berupa seranga kecil,seperti belalang,capung dan cangkrik.Serangga tersebut bergerak amat cepat.Bunglon dapat merubah warna kulitnya tubuhnya menyamai sekelilingnya,sehingga sukar dikenali.Selain itu matanya dapat melihat pada arah yang berbeda.Bila salah satu matanya melihat keekor serangga,bunglon mengendap-endap menuju mangsanya.Jika mangsa mungkin dapat dicapainya,bunglon akan melontarkan lidahnya yang lengket.Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu akan menarik serangga tersebut kedalam tubuhnya.

7 Latihan Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes

8 Kompetensi Materi Ciri-ciri khusus Hewan Latihan Tes


Download ppt "Ciri-ciri mahluk hidup. Kompetensi -Memberi contoh hewan yang memiliki Khusus -Menyebutkan ciri khusus yang dimiliki kelelawar -Menjelaskan ciri khusus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google