Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup Kemajuan teknologi telah mendorong manusia untuk mengubah alam dan membuat hal-hal baru. Melalui teknologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup Kemajuan teknologi telah mendorong manusia untuk mengubah alam dan membuat hal-hal baru. Melalui teknologi."— Transcript presentasi:

1 Fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup Kemajuan teknologi telah mendorong manusia untuk mengubah alam dan membuat hal-hal baru. Melalui teknologi sesuatu yg dulu tidak mungkin kita lakukan sekarang menjadi mungkin untuk dilakukan, sesuatu yang susah dikerjakan menjadi mudah dikerjakan. Telah banyak dampak lingkungan yang muncul akibat teknologi, teknologi dianggap mengekploitasi lingkungan. Namun teknologi juga dikembangkan manusia untuk mengelola lingkungan guna untuk pelestarian alam.

2 Pengertian teknologi Teknologi adalah cara yang memeberikan kemudahan kepada manusia untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bantuan akal dan alat.

3 Fungsi teknologi Teknologi berfungsi untuk mengelola lingkungan agar tetap serasi dan selaras dengan kehidupan manusia

4 Jenis-jenis teknologi 1.Teknologi sederhana, contoh: membajak sawah dengan kerbau 1.Teknologi modern contoh: membjaka sawah dengan traktor

5 teknologi

6 Teknologi pemanfaatan sampah 1.Pembuatan kompos 2.Daur ulang kertas 3.Penimbunan bersaniter(sanitary landfiil) 4.Pembakaran sampah

7 Pembuatan kompos

8 2. Pengelolaan limbah B3 ( bahan berbahaya dan beracun) 3. Sumur serapan dan biopori 4. Biofuel 5. Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTsa) 6. Pembangkit listrik tenaga air 7. Pembangkit listrik tenaga ombak 8. Pebangkit listrik tenaga panas matahari 9. Pembangkit listrik tenaga panas bumi 10. Pembangkit listrik tenaga angin 11. Pembngkit listrik tenaga nuklir

9 Limbah bahan berbahaya dan beracun

10 Sumur serapan dan biopori

11 biofuel

12 Briket biofuel

13 Kompor briket

14 Pembngkit listrik tenaga sampah

15 Pembngkit listrik tenaga air

16 Pembangkit listrik tenaga ombak

17 Pembangkit listrik tenaga panas matahari

18 Pembangkit tenaga listrik panas matahari

19 Pembangkit listrik tenaga panas bumi

20 Pembangkit tenga listrik tenaga angin

21

22 Pembangkit listrik tenaga nuklir

23 Dampak teknologi di indonesia Terjadinya penurunan air permukaan di daerah industry( keonsentrasi bahan beracun mercury, cadnium, timah hitam, pesticida dll) Kelagkaan air tawar Temperatur udara maksimal dan minimal sering berubah-rubah Terjadi peningkatan konsentrasi pencemaran udara seperti CO. NO2r, SO2 dan debu.

24 Usaha yang menimbulkan dampak besar terhadap lingkungan hidup 1.Pengubahan bentuk lahan dan bentang alam 2.Eksploitasi sumber daya alam baik itu hayati atau nonhayati 3.Proses kegiatan yang scara potensial dapat menimbulkan pemborosan, pencemaran, kerusakan lingkungan hidup, serta kemerosotan sumber daya alam dalam pemanfaatannya.

25 5. Proses dan kegiatan yang hasilnya akan dapat mempengaruhi pelestarian kawasan konservasi sumber daya dan/ atau perlindungan cagar budaya. 6. Introduksi jenis tumbuhan, hewan dan jasad renik. 7. Pembuatan dan penggunaanbahan hayati dan nonhayati 8. Penerapan teknologi yang diperkirakan mempunyai potensi besar untuk mempengruhi lingkungan hidup

26 9. Kegiatan yang mempunyai rsiko tinggi dan atau mempengaruhipertahana negara.

27 Kriteria mengenai dampak besar suatu usaha terhadap lingkungan hidup Jumlah manusia yang akan terkena dampak Luas wilayah persebaran dampak Intensitas dan lamanya dampak berlangsung Banyaknya kompone lingkungan lainnya yang terkena dampak Sifatnya kumulatif dampak Bebalik ( rivisible) atau tidak berbaliknya (irreversibble)


Download ppt "Fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup Kemajuan teknologi telah mendorong manusia untuk mengubah alam dan membuat hal-hal baru. Melalui teknologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google