Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam"— Transcript presentasi:

1 Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam
Oleh: H. Abdul Somad, Lc., MA.

2 Biografi Syekh DR.Yusuf al-Qaradhawi. Lahir : Shaft Turab, Prov. Gharbea, Mesir, 9 September 1926M. Lc 1954, MA DR (Al-Azhar). Ketua al-Ittihad al-’Alamy li ‘Ulama’ al-Muslimin (Persatuan Ulama Dunia). Tinggal di Qatar.

3 Islam dan Keindahan. وَلَكُمْ فِيهَا جَمَالٌ حِينَ تُرِيحُونَ وَحِينَ تَسْرَحُونَ “Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan”. (Qs. An-Nahl: 6). وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا “Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai”. (an-Nahl: 14).

4 وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ
“Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (Nya),”. (al-Hijr: 16). قَالَ « لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ ». قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ « إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ ». Rasulullah Saw bersabda: “Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sombong sebesar biji sawi”. Seseorang berkata: “sesungguhnya ada orang yang suka pakaian yang bagus, sandal yang bagus”. Rasulullah Saw berkata: “Sesungguhnya Allah itu indah dan suka kepada keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain”. (HR. Muslim).

5 Lagu [ اَلْغِنَا ] Music [الموسيقى] [السماع]

6 غنت الحمامة وتغنى الطائر
Defenisi: الغنا لغة: من الصوت ما طرب به (القاموس). Suara yang diiramakan. رفع الصوت وموالاته (النهاية). Mengeraskan suara, bersambung. أبو سليمان الخطابي: كل من رفع صوته بشيء ووالى به مرة بعد أخرى فهو غناء عند العرب. غنت الحمامة وتغنى الطائر Burung itu bernyanyi

7 Hukum BIMBANG HALAL HARAM

8 ومن الناس من يشري لهو الحديث (لقمان: 6).
Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Ibnu Umar: Lagu. Ibnu Hazm: Tidak ada yang dapat dijadikan hujjah selain sabda Rasulullah Saw. Ada sahabat dan tabi’in lain yang memberikan pendapat yang berbeda. Teks ayat membatalkan pernyataan tersebut. Karena yang menjadikan sabilillah sebagai huzuwan hanya orang kafir.

9 واذا سمعوا اللغو اعرضوا عنه
(القصص: 55). Lagu termasuk makna al-Laghw Yang dimaksud dengan al-Laghw adalah kata-kata tidak baik, seperti cacian dan makian. Ini sesuai dengan redaksi kalimat dalam ayat: لا نبتغي الجاهلين

10 والذين لا يشهدون الزور (الفرقان: 72).
muhammad bin al-Hanafiyyah, al-Hasan, Mujahid: lagu. Ada tafsir lain. Qatadah: bohong. Adh-Dhahhak: syirik. Tafsir lain: hari raya orang musyrik yang mengandung kesesatan, penyimpangan, beribadah kepada berhala dan sejenisnya.

11 واستفزز من استطعت منهم بصوتك (الاسراء: 63).
Mujahid, adh-Dhahhak: lagu, seruling. Ibnu Abbas: Semua seruan yang menyeru kepada perbuatan maksiat kepada Allah Swt.

12 Ibnu Abbas: lagu (bahasa Himyar).
وانتم سامدون (النجم: 61). Ibnu Abbas: lagu (bahasa Himyar). Ibnu ‘Abbas: Melakukan perbuatan sia-sia, menolak, berpaling. Ash-Shihhah: Mengangkat kepala karena sombong.

13 Tergolong al-Mu’allaqat.
Hadits: لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ (البخاري). Tergolong al-Mu’allaqat. Hisyam bin ‘Ammar. Abu Daud berkata: ia meriwayatkan 400 hadits tanpa sanad. Ahmad: Lemah.

14 وحكى الماوردي اباحة العود عن بعض الشافعية.
وحكاه ابو الفضل بن طاهر عن ابي اسحاق الشيرازي Imam al-Mawardi meriwayatkan tentang boleh hukumnya menggunakan ‘Ud (gitar Arab). Pendapat sebagian mazhab Syafi’i.

15 Al-Mundziri: Hadits Ma’lul. Ibnu al-A’rabi: al-Kaubah = Dadu.
أَنَّ نَبِىَّ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَالْكُوبَةِ وَالْغُبَيْرَاءِ (أبو داود). al-Kaubah: gendang. Al-Ghubaira’: gitar arab dan alat-alat musik. Walid bin ‘Abdah. Abu Hatim: Majhul. Al-Mundziri: Hadits Ma’lul. Ibnu al-A’rabi: al-Kaubah = Dadu. Al-Ghubaira’: minuman khamar dari gandum.

16 (احمد واصحاب السنن والحاكم).
إِنَّ اللَّهَ لَيُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلاَثَةً الْجَنَّةَ صَانِعَهُ يَحْتَسِبُ فِى صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالرَّامِىَ بِهِ وَالْمُمِدَّ بِهِ ». وَقَالَ « ارْمُوا وَارْكَبُوا وَلأَنْ تَرْمُوا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا كُلُّ مَا يَلْهُو بِهِ الرَّجُلُ الْمُسْلِمُ بَاطِلٌ إِلاَّ رَمْيَهُ بِقَوْسِهِ وَتَأْدِيبَهُ فَرَسَهُ وَمُلاَعَبَتَهُ أَهْلَهُ فَإِنَّهُنَّ مِنَ الْحَقِّ (احمد واصحاب السنن والحاكم). Al-’Iraqi,, al-Munawi, al-Albani: Dha’if. Al-Ghazali: kata batil tidak menunjukkan makna haram, tapi tidak bermanfaat.

17 Hadits Haram Lagu: القاضي ابو بكر العربي: لم يصح في التحريم شيء.
Al-Qadhi Abu Bakar al-’Arabi: Tidak ada hadits yang shahih tentang pengharaman lagu. ابن طاهر: لم يصح منها حرف واحد. ابن حزم: ولا يصح في هذا الباب شيء، وكل ما فيه فموضوع.

18 Ijma’: الشوكاني: ابطال دعوى الاجماع على تحريم مطلق السماع. الماوردي: لم يزل اهل الحجاز يرخصون به في افضل ايام السنة المامور فيها بالعبادة والذكر.

19 وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ (الاعراف: 157). ابن عبد السلام في دلائل الاحكام: المستلذات Dihalalkan bagi kamu yang baik-baik. Artinya: yang menyenangkan.

20 وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا (الجمعة: 11)
وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا (الجمعة: 11). الحافظ ابن طاهر: المعطوف ياخذ حكم المعطوف عليه. يَا عَائِشَةُ مَا كَانَ مَعَكُمْ لَهْوٌ فَإِنَّ الأَنْصَارَ يُعْجِبُهُمُ اللَّهْوُ (البخاري).

21 إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ (لقمان: 19)
الغزالي: يدل بمفهومه على مدح الصوت الحسن.

22 Hadits: عَنْ عَائِشَةَ - رضى الله عنها - دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَعِنْدِى جَارِيَتَانِ تُغَنِّيَانِ بِغِنَاءِ بُعَاثَ ، فَاضْطَجَعَ عَلَى الْفِرَاشِ وَحَوَّلَ وَجْهَهُ ، فَدَخَلَ أَبُو بَكْرٍ فَانْتَهَرَنِى وَقَالَ مِزْمَارَةُ الشَّيْطَانِ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - . فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَقَالَ « دَعْهُمَا » . فَلَمَّا غَفَلَ غَمَزْتُهُمَا فَخَرَجَتَا . (البخاري).

23 عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا زَفَّتِ امْرَأَةً إِلَى رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَقَالَ نَبِىُّ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « يَا عَائِشَةُ مَا كَانَ مَعَكُمْ لَهْوٌ فَإِنَّ الأَنْصَارَ يُعْجِبُهُمُ اللَّهْوُ » . (البخاري).

24 عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى قَرَظَةَ بْنِ كَعْبٍ وَأَبِى مَسْعُودٍ الأَنْصَارِىِّ فِى عُرْسٍ وَإِذَا جَوَارٍ يُغَنِّينَ فَقُلْتُ أَنْتُمَا صَاحِبَا رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَمِنْ أَهْلِ بَدْرٍ يُفْعَلُ هَذَا عِنْدَكُمْ. فَقَالاَ اجْلِسْ إِنْ شِئْتَ فَاسْمَعْ مَعَنَا وَإِنْ شِئْتَ اذْهَبْ قَدْ رُخِّصَ لَنَا فِى اللَّهْوِ عِنْدَ الْعُرْسِ. (النسائي).

25 فَصْلُ مَا بَيْنَ الْحَلاَلِ وَالْحَرَامِ الدُّفُّ وَالصَّوْتُ فِى النِّكَاحِ (النسائي وابن ماجه).

26 Boleh, Tapi … 1. Tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan syariat Islam.

27 Bertentangan Dengan Keagungan Allah Swt dan Malaikat.
Hai Tuhan…. Apakah kau murung? Melihat beribu wajah berkabung Di tengah debu Galunggung ………… Mengapa Galunggung tak kau pindahkan ke kota Tempat segala macam dosa By: Iwan Fals Kirim aku malaikatmu Agar ku tak merasa sepi Di sini sendiri By: BCL

28 Takdir: Qadariyah dan Jabariyah
Takdir memang kejam Tak mengenal perasaan By: Deasy Ratnasari Garis tangan tergambar Tak sanggup aku melawan By: Melly Goeslaw

29 Mengajak Bunuh Diri Sunday is gloomy With shadows I spend it all My heart and I have decided To end it all Soon there'll be flowers and prayers That are said I know But let them not weep Let them know That I'm glad to go Death is no dream For in death I'm caressing you With the last breath of my soul I'll be blessing you Gloomy Sunday Minggu itu suram Dengan bayangan saya menghabiskan semuanya Hati saya dan saya telah memutuskan Untuk mengakhiri semuanya Segera akan ada bunga dan doa Yang mengatakan saya tahu Tapi membiarkan mereka tidak menangis Biarkan mereka tahu Bahwa aku senang pergi Kematian adalah mimpi Untuk kematian aku membelai Anda Dengan napas terakhir dari jiwaku Aku akan memberkati Anda suram Minggu

30 2. Cara penyajian sesuai syar’i.
3. Tidak diiringi perkara haram. 4. Tidak berlebihan. 5. Pendengar dalam kondisi normal.


Download ppt "Lagu/Musik Menurut Perspektif Islam"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google