Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas yang menantang (Challenging Task) Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas yang menantang (Challenging Task) Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan."— Transcript presentasi:

1 Tugas yang menantang (Challenging Task) Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? 1. Membuat anak harus berbuat sesuatu/ melakukan kegiatan 2. Memberi peluang untuk tumbuh-kembangnya kreatifitas

2 Artinya Masih dalam jangkauan kemampuan anak (bukan tugasnya dipersulit) Masih dalam jangkauan kemampuan anak (bukan tugasnya dipersulit) Tugas tidak hanya dijawab dari buku Tugas tidak hanya dijawab dari buku Tugas ditanggapi dengan cara anak sendiri Tugas ditanggapi dengan cara anak sendiri Memungkinkan anak mendapat jawaban lebih dari satu. Memungkinkan anak mendapat jawaban lebih dari satu. Memungkinkan anak menjawab dengan kata dan kalimatnya sendiri. Memungkinkan anak menjawab dengan kata dan kalimatnya sendiri.

3 Mengapa LK Tugas yang efektif dapat diwujudkan dengan memberikan LK. Dengan LK : Mengurangi bicara guru Mengurangi bicara guru Guru lebih fokus memberikan layanan pada anak yang membutuhkan bantuan Guru lebih fokus memberikan layanan pada anak yang membutuhkan bantuan Memberi kesempatan anak berbuat Memberi kesempatan anak berbuat Tidak membuat anak menjadi operator (pelaksana), tapi kreator (pencipta) Tidak membuat anak menjadi operator (pelaksana), tapi kreator (pencipta) Tugas bisa dibaca diulang-ulang, jika tidak jelas. Tugas bisa dibaca diulang-ulang, jika tidak jelas.

4 Contoh Tugas tidak rinci dan bukan seperti buku masak/resep. Tugas tidak rinci dan bukan seperti buku masak/resep. Menanggapi tugas dengan cara anak sendiri. Menanggapi tugas dengan cara anak sendiri.Contoh: 1. Gula larut dalam air. Ada berapa cara agar gula lebih cepat larut? 2. Apa yang menyebabkan benda lebih cepat jatuh daripada benda lain? Beratnya, ukurannya atau bentuknya? Buktikan dengan percobaan. 3. Percayakah kamu bahwa perbandingan keliling dan jari- jari lingkaran selalu tetap? Lakukan penyelidikan untuk membuktikan kebenaran ini! 4. Apa yang terjadi jika ……

5 Fakta atau informasi tangan kedua, apa yang dilakukan? Berikan tugas yang membuat anak memprosesnya. Berikan tugas yang membuat anak memprosesnya. Gunakan kata kerja yang membuat anak berproduksi, misalnya Gunakan kata kerja yang membuat anak berproduksi, misalnya 1. Cari persamaan dan perbedaannya 2. Klasifikasikan dan tentukan dasar pengelompokkannya. 3. Buatlah urutan kejadiannya 4. Carilah polanya 5. Apa kesimpulannya 6. Buatlah definisinya 7. Dst.

6 Bgmn agar ikan tidak cepat membusuk? Bgmn agar ikan tidak cepat membusuk? Mainan mobil manakah yang lebih cepat? Mainan mobil manakah yang lebih cepat? Apa yang menyebabkan mobil itu lebih cepat dari yang lainnya? Apa yang menyebabkan mobil itu lebih cepat dari yang lainnya? Apa yang hars dilakukan agar air keruh jadi bening? Apa yang hars dilakukan agar air keruh jadi bening? Ikan manakah yg tahan lama? Ikan manakah yg tahan lama? Sambungan manakah yg lebih kuat jika ditarik? Sambungan manakah yg lebih kuat jika ditarik? Garam dpt mengawetkan ikan. Apakah garam dapat mengawetkan yang lain? Garam dpt mengawetkan ikan. Apakah garam dapat mengawetkan yang lain? Apakah semua jenis kertas memiliki daya Apakah semua jenis kertas memiliki daya ya serap sama thp air? ya serap sama thp air?

7 Tugas Ciptakan tugas untuk anak, sehingga … Tugas tidak hanya dijawab dari buku Tugas tidak hanya dijawab dari buku Memungkinkan anak mendapat jawaban lebih dari satu. Memungkinkan anak mendapat jawaban lebih dari satu. Memungkinkan anak menjawab dengan kata dan kalimatnya sendiri. Memungkinkan anak menjawab dengan kata dan kalimatnya sendiri. Tidak membuat anak menjadi operator (pelaksana), tapi kreator (pencipta) Tidak membuat anak menjadi operator (pelaksana), tapi kreator (pencipta)

8 Tugas yang menantang (Challenging Task) Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak?


Download ppt "Tugas yang menantang (Challenging Task) Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan tantangan anak? Apa ciri-ciri tugas yang menarik dan memberikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google