Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS AKUNTANSI BIAYA Nama : Septiana Ayu (0713010153) Floriana Alves (0713010197)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS AKUNTANSI BIAYA Nama : Septiana Ayu (0713010153) Floriana Alves (0713010197)"— Transcript presentasi:

1 TUGAS AKUNTANSI BIAYA Nama : Septiana Ayu ( ) Floriana Alves ( )

2 BAB 9 Bahan Baku : Pengendalian,Perhitungan Biaya,dan Perencanaan. Meskipun proses produksi dan kebutuhan bahan baku bervariasi sesuai dengan ukuran dan jenis industri dan perusahaan,pembelian dan penggunaan bahan baku biasanya meliputi langkah-langkah sebagai berikut : Untuk setiap produk atau variasi produk Anggaran produksi menyediakan rencana utama Bukti permintaan pembelian Pesonan pembelian Laporan penerimaan Bukti permintaan bahan baku Kartu catatan bahan baku

3 Prosedur pembelian sebaiknya tertulis,guna menetapkan tanggung jawab dan sekaligus menyediakan informasi mengenai penggunaan akhir dari bahan baku yang dipesan.

4 Departemen pembelian : Menerima bukti permintaan pembelian atas bahan baku. Memiliki informasi mengenai sumber pasokan,harga, jadwal pengapalan dan pengantaran. Membuat, menempatkan pesanan pembelian. Mengatur pelaporan diantara departemen pembelian,penerimaan, departemen akuntansi.

5 Fungsi tambahan dari departemen pembelian di beberapa perusahaan adalah: untuk menyetujui pembayaran dari setiap faktur yang diterima dari pemasok. Formulir pembelian Bukti utama yang diperlukan dalam pembelian adalah : bukti permintaan pembelian dan pesanan pembelian. Bukti permintaan pembelian Pesanan pembelian Electronik data interchange

6 penerimaan Departemen penerimaan : Membongkar bahan baku yang masuk. Membandingkan jumlah yang diterima dengan daftar perusahaan perkapalan. Mencocokan bahan baku yang diterima dengan deskripsi dalam pesanan pembelian. Membuat laporan penerimaan. Memberitahukan kepada departemen pembelian atas perbedaan yang ditemukan. Mengatur pemeriksaan apabila diperlukan. Memberitahukan kepada departemen pengantaran dan departemen pembelian mengenai kerusakan selama dalam perjalanan. Mengirimkan bahan baku yang diterima ke lokasi yang sesuai.

7 Jika bahan baku tidak diperiksa pada saat penerimaan,laporan penerimaan didistribusikan sebagai berikut : Departemen penerimaan menyimpang 1 copy dan mengirimkan copy lainnya ke departemen pembelian sebagai pemberitahuan atas kedatangan bahan baku. Semua copy lain dikirimkan ke departemen pemeriksaan dan kemudian didistribusikan setelah pemeriksaan.

8 Biaya perolehan bahan baku Diskon pembelian Beban angkut pembelian Biaya akuisisi yang dibebangkan

9 BAB 11 Produktivitas dan biaya tenaga kerja adalah: Suatu ukuran kinerja produksi menggunakan pengeluaran atas usaha manusia sebagai tolak ukurnya. Empat asumsi dasar yang merupakan karakteristik manajemen sumber daya manusia yang lebih baik : Orang yang melakukan pekerjaan tersebut adalah orang yang paling memiliki kualifikasiuntuk memperbaikinya. Pengambilan keputusan sebaiknya terjadi di tingkat paling bawah yang memungkinkan. Partisipasi pekerja meningkatkan kepuasan kerja Ada sejumlah besar ide yang dimiliki oleh pekerja yang menunggu untuk disentuh

10 Rencana pemberian insentif Agar berhasil Rencana pemberian insentif harus : Dapat diterapkan dalam situasi dimana pekerja dapatmeningkatkan output. Menyediakan lebih banyak upah yang besarnya proporsional terhadap output yang melebihi standart. Menetapkan standart yang adil sehingga usaha tambahan akan menghasilkan pembayaran bonus.

11 Tujuan rencana pmbrian insentif adl meransang pekerja agr memproduksi lebih banyak. Tipe rencana pemberian insentif : Rencana unit kerja langsung Rencana bonus 100% Rencana insentif organisasi


Download ppt "TUGAS AKUNTANSI BIAYA Nama : Septiana Ayu (0713010153) Floriana Alves (0713010197)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google