Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS DAN FUNGSI FASILITATOR. FASILITASI Sosialisasi/lokakarya tingkat Masyarakat Kelurahan/desa Pengembangan relawan dan BKM Kerjasama BKM dengan Perguruan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS DAN FUNGSI FASILITATOR. FASILITASI Sosialisasi/lokakarya tingkat Masyarakat Kelurahan/desa Pengembangan relawan dan BKM Kerjasama BKM dengan Perguruan."— Transcript presentasi:

1 TUGAS DAN FUNGSI FASILITATOR

2 FASILITASI Sosialisasi/lokakarya tingkat Masyarakat Kelurahan/desa Pengembangan relawan dan BKM Kerjasama BKM dengan Perguruan Tinggi Memberikan kapasitas terhadap masyarakat Mendampingi masyarakat dalam pelaksanan tahapan kegiatan (siklus)

3 Mediasi Antara BKM Dengan Pemerintah BKM Dengan Perguruan Tinggi BKM Dengan Swasta Musyawarah Warga antar keluarahan

4 Internal -BKM -Relawan -KSM External -Kelurahan -LPM -Karang Taruna -PKK dll

5 KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI Komunikasi interpersonal : - Menyimak, bertanya, menggali, merangkum. Mengelola dinamika kelompok : - Mendorong dialog multiarah. - Merancang proses : - Merancang struktur dan alur pertemuan.

6 Sikap Dasar Fasilitator MMINAT. Fasilitator bekerja bertumpu pada ketertarikan tinggi pada materi yang akan digeluti.  EMPATI. Fasilitator dapat menjalankan perannya secara optimal bila mampu merasakan kebutuhan orang lain.  BERPIKIR POSITIF. Fasilitator dapat membantu kelompok mencapai tujuannya bila selalu berfikir positif pada keseluruhan isi, proses dan dinamika kelompok.  PERCAYA PADA KEKUATAN KELOMPOK. Fasilitator hanya pemandu proses, dan harus tetap content neutral. karenanya harus benar-benar percaya pada kekuatan kelompok (tanpa syarat).

7 TERIMAKASIH SALAM PRO POOR


Download ppt "TUGAS DAN FUNGSI FASILITATOR. FASILITASI Sosialisasi/lokakarya tingkat Masyarakat Kelurahan/desa Pengembangan relawan dan BKM Kerjasama BKM dengan Perguruan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google