Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 2. Sterilisator adalah alat untuk mensterilkan alat-alat kedokteran. Terdapat 2 jenis sterilisator : 1. Sterilisator kering 2. Sterilisator basah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 2. Sterilisator adalah alat untuk mensterilkan alat-alat kedokteran. Terdapat 2 jenis sterilisator : 1. Sterilisator kering 2. Sterilisator basah."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 2

2 Sterilisator adalah alat untuk mensterilkan alat-alat kedokteran. Terdapat 2 jenis sterilisator : 1. Sterilisator kering 2. Sterilisator basah

3 Sterilisator Kering adalah alat untuk mensterilkan peralatan instrument bedah, kapas, dapat membunuh kuman, bakteri, virus Hepatitis B dan spora dengan teknologi temperatur tinggi tanpa menggunakan media air (seperti oven). Kompak, Ringan dan Portable serta Hemat Listrik.

4  Menyiapkan alat-alat yang akan disterilisasi  Mencuci alat-alat sampai bersih dan keringkan  Menyemprot peralatan dengan alkohol 70% dan keringkan  Sumbat alat alat yang disterilisasikan menggunakan kapas masukan pipet kedalam wadah yang tersedia/bungkus dengan alumunium foil  Masukkaan alat-alat kedalam oven

5  Menutup oven dengan baik  Mengatur tombol pengatur waktu dan suhu ( ˚C : 15 menit)  Menunggu sampai suhu dalam oven turun  Membuka oven dengan hati-hati  Mengeluarkan peralatan yang sudah steril dari oven  Menyimpan dan memisahkan peralatan yang telah disterilisasi dari peralatan lainnya yang belum steril

6  Sterilisasi panas kering dapat diterapkan pada apa saja yang tidak merusak, menyala, hangus, dan menguap pada setinggi itu. Bahan-bahan yang biasa disterilkan dengan cara ini antara lain pecah belah seperti pipet, tabung reaksi, cawak petri dari kaca, botol sampel, juga peralatan seperti jarum suntik, dan bahan-bahan yang berupa bubuk.

7 Sterilisator Basah adalah sterilisator uap listrik yang menggunakan media air untuk mensterilkan alat-alat kedokteran setelah digunakan. Sterilisasi basah biasanya dilakukan didalam sterilisator uap yang mudah diangkat (portable) dengan menggunakan uap air jenuh bertekanan suhu 121˚C selama 15 menit.

8 Karena titik didih air menjadi 121 ˚C itu disebabkan oleh tekanan 1 atmosfer pada ketinggian permukaan laut, maka daur sterilisasi tersebut sering kali juga dinyatakan sebagai : 1 atm 15 menit. Pada tempat tempat-tempat yang lebih tingginya diperlukan tekanan lebih besar untuk mencapai suhu 121 ˚C selama 15 menit (Cappucino JG, Sherman N. 1983)

9  Menyiapkan alat-alat yang akan disterilisasi  Mencuci alat-alat sampai bersih dan keringkan  Menyemprot alat-alat dengan alkohol 70% dan keringkan  Menyumbat alat-alat dengan kapas dan alumunium foil  Membungkus alat-alat dengan kertas kraft  Membungkus tiap masing-masing jenis alat dengan plastik dan ikat dengan benang  Mengisi sterilisator dengan air sampai dekat angsang  Memasukan peralatan yang akan disterilkan pada sterilisator

10  Menutup sterilisator dan mengencankan uril penutupnya  Membuka kran pengeluaran uap air  Mengatur waktu yang diinginkan untuk sterilisasi (121 ˚C : 30 menit) dan menghidupkan alat  Menutup kran penegluaran air  Menunggu sampai waktu dan tekanan turun  Mengeluarkan alat-alat dari sterilisator  Menyimpan dan memisahkan peralatan yang telah disterilisasi dari peralatan lainnya.

11  Sterilisasi basah dapat digunakan untuk mensterilkan bahan apa saja yang dapat ditembus uap air dan tidak rusak bila dipanaskan dengan suhu yang berkisar antara 110 ˚C dan 121 ˚C. Bahan-bahan yang biasa disterilkan dengan cara ini antara lain medium biakan yang umum,air suling, peralatan laboratorium, biakan yang akan dibuang, medium tercemar, dan bahan- bahan dari karet.

12

13


Download ppt "Kelompok 2. Sterilisator adalah alat untuk mensterilkan alat-alat kedokteran. Terdapat 2 jenis sterilisator : 1. Sterilisator kering 2. Sterilisator basah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google