Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kenian Tradisional Kalimantan Selatan By.SELDY INDRA PRATAMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kenian Tradisional Kalimantan Selatan By.SELDY INDRA PRATAMA."— Transcript presentasi:

1 Kenian Tradisional Kalimantan Selatan By.SELDY INDRA PRATAMA

2 SEJAARAH BAGANDUT Tari Gandut ini pada mulanya hanya dimainkan di lingkungan istana kerajaan, baru pada kurang lebih tahun 1860-an tari ini berk embang ke pelosok kerajaan dan menjadi jenis kesenian yang disukai oleh golongan rakyat biasa. Tari ini dimainkan setiap ada keramaian, misalnya acara malam perkawinan, hajad, pengumpulan dana kampung dan sebagainya.

3 Mengenai Bagandut Gandut merupakan profesi yang unik dalam masyarakat dan tidak sembarangan wanita mampu menjadi Gandut. Selain syarat harus cantik dan pandai menari, seorang Gandut juga wajib menguasai seni bela diri dan mantera-mantera tertentu. Ilmu tambahan ini sangat penting untuk melindungi dirinya sendiri dari tangan-tangan usil penonton yang tidak sedikit ingin memikatnya memakai ilmu hitam. Dahulu banyak Gandut yang diperistri oleh para bangsawan dan pejabat pemerintahan, disamping paras cantik mereka juga diyakini memiliki ilmu pemikat hati penonton yang dikehendakinya. Nyai Ratu Komalasari, permaisuri Sultan Adam adalah bekas seorang penari Gandut yang terkenal.

4 Beberapa Contoh Kesenian Bagandut yang Masih Di Lestarikan

5 Wilayah-Wilayah Yang Masih Melestarikan Kesenian Bagandut Tari Gandut sebagai hiburan terus berkembang di wilayah pertanian di seluruh Kerajaan Banjar, dengan pusatnya di daerah Pandahan, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin.

6 Faktor-Faktor Penyebab Hilangnya Jenis Kesenian Tari Gandut sejak tahun 1960-an sudah tidak berkembang lagi. Faktor agama Islam merupakan penyebab utama hilangnya jenis kesenian ini ditambah lagi dengan gempuran jenis kesenian modern lainnya. Sekarang Gandut masih bisa dimainkan tetapi tidak lagi sebagai tarian aslinya hanya sebagai pengingat dalam pelestarian kesenian tradisional Banjar.

7 SEKIAN DAN TERIMAKASIH SUMBER: /Tari_Banjar


Download ppt "Kenian Tradisional Kalimantan Selatan By.SELDY INDRA PRATAMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google