Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL 14 BEKERJA DENGAN SQL Pendahuluan penulisan SQLpada berbagai DBMS sangat bervareasi. Contoh bentuk yang umum dipakai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL 14 BEKERJA DENGAN SQL Pendahuluan penulisan SQLpada berbagai DBMS sangat bervareasi. Contoh bentuk yang umum dipakai."— Transcript presentasi:

1 MODUL 14 BEKERJA DENGAN SQL Pendahuluan penulisan SQLpada berbagai DBMS sangat bervareasi. Contoh bentuk yang umum dipakai adalah seperti berikut: SELECT * FROM tblpengarang Atau SELECT * FROM tblpengarang Namun, pada beberapa DBMS (misalnya pada Visual Dbsae 7 ), pernyataan diatas perlu ditulis menjadi: SELECT * FROM tblpengarang Tanda titik koma pada contoh diatas diberikan untuk memberitahukan bahwa baris tersebut belum berakhir (masih ada kelanjutanya pada baris berikutnya). Ooleh karna itu, kelak, ketika anda bekerja denngan suatau DBMS, anda perlu menyesuaikan diri. Perlu juga diketahuai bahwa DBMS tentu barangkali hanya mendukung sebagian pernyataan SQL. Ada kemungkinan bahwa berikutnya (dan juga pada berikutnya ), mengimplementasikan sejunblah tabel dengan hubungan antar tabel sebagai adnda gunakan. berikut: Tblpengarang Nama Kd-peng Nama Alamat Kota Kelamin tblbuku nama Kd-buku Judul Kd-peng

2 CREATE TABEL tblpengarang ( Kd peng Nama Alamat Kota INTEGER UNIQUE NOT NULL CHAR (15) NOT NULL CHAR (30), CHAR (15)) Tabel yang diciptakan dengan peryataan diatas mengisyaratkan:  Kd peng harus diisi dan bersifat unik  Nama harus diisi.  Lainnya bisa tidak diisi. Menyciptaka Indeks Indeks dapat diciptakan dengan tujuan :  Indeks dapat meningkatkan kinerja, dan  Indes menjamin bahwa suatu kolom bersipat unik. Sebagai contoh, jika seringkali terdapat perintah untuk mengurutkan data pengarang menurut nama pengarang, maka nama pengarang akan lebih baik kalau diindeks. Dengan adanya indeks, penycarian suatu data yang didasarkan kolom yang diindeks akan dapat dilakukan dengan cepat. Namun kelebihan ini tentu saja juga dapat dibayar dengan suatu kelemahan. Pengindeksan memperlambat proses penambahan dan penghapusan baris pada tabel, karena pada saat terjadi penambahan dan penghapusan atau penghapusan baris, indeks perlu diperbahrui.

3 Pada contih diatas, indeks tidak bersipat unik. Tentu saja, nama memang tidak bersipatunik. mungkin saja dua orang pengarang atau lebih memiliki nama yang sama. Bila yang akan diindeks adalah kolom yang nilainya bersifat unik, kata UNIQUE perlu ditambahkan. Contoh : CREATE UNIQUE INDEX idx kd peng ON tblpengarang (kd peng) Pada contoh ini, indeks idx kd peng bersifat unik. Jika indeks tersusun atas lebih dari satu kolom untuk kunci komposit), Bentuk penciptaan indeks berupa : CREATE UNIQUE INDEX nama indeks ON nama tabel (kolom x kolom y) 7.4 Menghapus indeks Indeks yang tidak dipergunakan lagi (karena suatu hal ) bisa dihapus dengan menggunakan pernyataan DROP INDEX. Pormat pernyataan ini: DROP INDEX nama indeks ON nama tabel Contoh : DROP INDEX idx nama ON tblpengarang Merupakan pernyataan untuk menghapus indeks idx nama pada tabel tblpengarang. Bila nama indeks yang akan dihapus haya digunakan pada sebuah tabel, maka klausa ON nama tabel tidak perlu ditulis. Menghapus tabel Tabel yang tak terpakai lagi dapat dihapus dengan menggunakan pernyataan DROP TBAEL. Contoh:


Download ppt "MODUL 14 BEKERJA DENGAN SQL Pendahuluan penulisan SQLpada berbagai DBMS sangat bervareasi. Contoh bentuk yang umum dipakai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google